Pentingnya Pemilihan Komponen PC Desktop Bagi Content Creator

Saat ini, informasi yang beredar di masyarakat berasal dari lebih dari satu media saja. Jika dahulu mungkin masyarakat hanya mengenal media cetak, radio, dan televisi, sekarang sudah ada beragam media lain yang bermunculan seiring berkembangnya teknologi. Perkembangan teknologi internet dengan kecepatan yang semakin kencang membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi seorang content creator. Apalagi di saat pandemi COVID-19 saat ini, di mana mobilitas bukan menjadi kendala untuk seseorang berkreativitas. Justru, sekarang lah saatnya kamu ikut berkreasi membuat konten kreatif. Apalagi platform media sosial seperti TikTok dan Instagram, serta video sharing seperti YouTube semakin digandrungi warganet, sehingga tidak ada salahnya jika kamu mencoba peluang menjadi content creator.


content creation
Gambar oleh Ryan Clark dari Unsplash.com.


Menjadi seorang content creator akan menuntut kamu untuk menciptakan karya-karya yang kreatif dengan hasil tulisan, audio, maupun visual yang memukau. Dibalik hasil karya kreatif tersebut, tentunya ada perangkat pendukung yang mumpuni. Jikalau karyamu berupa tulisan, mungkin laptop dengan spesifikasi kelas menengah sudah cukup bagi dirimu. Namun bagaimana jika karya yang kamu buat mengandung konten berupa audio visual yang memukau? Tentunya kamu akan membutuhkan perangkat yang lebih bertenaga. Nah, komputer meja atau sekarang lebih populer dengan sebutan PC desktop merupakan jawaban bagi para content creator. Kenapa PC desktop? Keleluasaan dalam memilih komponen yang dibutuhkan serta bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki menjadi alasannya. Mungkin kamu bisa membeli sebuah perangkat gaming laptop ataupun professional laptop untuk dapat menunjang aktivitas pembuatan kontenmu. Namun, banderol harganya yang bisa dibilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan PC desktop dengan spesifikasi serupa membuat performance/value dari kedua perangkat tersebut menjadi kurang menarik.

PC desktop memiliki beragam pilihan komponen yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan penggunaan dan budget yang kamu miliki. Namun dalam hal memilih komponen tersebut, kamu juga tidak boleh sembarangan. Pemahaman akan teknologi yang tersemat pada sebuah komponen hardware sangatlah penting sehingga dapat membantu performa PC desktop yang kamu bangun dapat lebih optimal. Untuk kebutuhan desain grafis ataupun video editing misalnya, kamu perlu memilih komponen hardware yang tepat sehingga software yang kamu gunakan dapat berfungsi secara maksimal. Jangan lupa untuk mempertimbangkan apa saja fitur-fitur dari software yang kamu gunakan dapat dibantu olah pemrosesannya dengan teknologi yang terdapat di dalam sebuah komponen hardware, khususnya untuk komponen prosesor dan kartu grafis.

Selain kedua komponen tersebut, ada beberapa komponen lainnya yang perlu juga kamu perhatikan saat membangun sebuah PC desktop untuk kebutuhan content creation. Misalnya, RAM besar dengan konfigurasi dual channel yang mampu meningkatkan performa prosesor dan multitasking-mu agar aktivitas yang kamu lakukan dapat lebih optimal. Selain itu, penggunaan SSD (solid state drive) yang memiliki kecepatan baca/tulis lebih kencang dari HDD (hard disk drive) juga dapat mempengaruhi performa dari PC desktop milikmu. Terakhir namun yang paling penting, gunakan juga PSU (power supply unit) berkualitas agar aliran daya ke berbagai komponen bertenaga milikmu dapat terjaga dengan baik. Pilihlah PSU dengan sertifikasi efisiensi minimal 80+ White agar komponen hardware milikmu dapat beroperasi dengan lancar dan aman.

prosesor amd ryzen
Gambar dari dokumen AMD.


AMD sebagai salah satu perusahaan semi-konduktor yang berfokus pada inovasi selama lebih dari 50 tahun, menghadirkan jajaran produk komponen yang dapat menjadi pilihan bagi para content creator karena terbukti memiliki performa yang mumpuni dan efisien untuk content creation mulai dari varian prosesor, memori, SSD, dan kartu grafis. Berbicara soal prosesor, jumlah core dan kemampuan multi-thread pada prosesor akan memberikan pengaruh pada performa suatu PC desktop. Prosesor dengan kecepatan core yang tinggi akan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Dengan jumlah core yang banyak dan performa multi-thread yang ditawarkan AMD namun dengan harga yang bersahabat, tentunya akan memudahkan pekerjaan multitasking-mu menjadi lebih lancar dan efisien. Prosesor AMD Ryzen 5, 7, dan 9 merupakan jajaran prosesor yang memiliki performa inti yang tinggi.

Hasil pengujian yang dilakukan oleh pihak AMD pun menunjukan bahwa prosesor Ryzen 7 dan 9 series dapat unggul di kelasnya jika dibandingkan dengan kompetitornya. Bagi kalangan profesional, AMD juga menghadirkan jajaran Threadripper dengan jumlah core dan thread yang lebih banyak, hingga 24 core dan 48 thread untuk aktivitas yang membutuhkan multi-threading maksimal. Sekadar info, prosesor AMD telah menjadi pilihan bagi beberapa kalangan profesional dalam bidang sains dan riset, bahkan sampai produksi film kelas Hollywood.

performa amd ryzen
Gambar dari dokumen AMD.

Selain prosesor, jajaran kartu grafis Radeon dari AMD juga mampu mendukung pekerjaan content creator dengan fitur-fitur menarik yang dapat menghadirkan tampilan visual yang lebih memukau. AMD Radeon RX 5000 series dengan teknologi 7 nm yang lebih hemat daya dapat menjadi pilihan ideal bagi para content creator dalam menciptakan karya-karya kreatif.

Apapun kebutuhan yang kamu butuhkan sebagai content creator yang menciptakan banyak karya kreatif dengan aktivitas content creation yang tinggi, kamu bisa menyesuaikan varian komponen PC desktop sesuai dengan budget yang kamu miliki. Pastikan untuk memilih jajaran prosesor AMD Ryzen 3000 series dan kartu grafis AMD Radeon RX 5000 series untuk kombinasi performa yang brilian!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?