Preview ASUS ROG Phone 3: Semakin Elegan, Semakin Kencang

ASUS Indonesia akhirnya menetapi janjinya! Setelah keterlambatan ASUS ROG Phone 2 di tahun lalu, mereka menebusnya dengan menghadirkan ASUS ROG Phone 3 dengan jeda waktu yang tidak terlalu jauh dari peluncurannya secara global. Ya, hari ini secara resmi ASUS meluncurkan ROG Phone 3 untuk pasar Indonesia melalui sebuah acara online live stream. Ponsel yang disebut-sebut sebagai rajanya ponsel gaming tersebut membawa sejumlah peningkatan dari generasi sebelumnya. Sebut saja, chipset Qualcomm Snapdragon 865+ yang lebih ngebut, layar dengan refresh rate 144 Hz, serta kamera belakang dengan konfigurasi triple camera.


layar asus rog phone 3


Meskipun digadang-gadang sebagai ponsel gaming, sebenarnya ASUS ROG Phone 3 bisa juga digunakan untuk beragam kebutuhan lain, lho. Kombinasi antara chipset dengan prosesor kencang serta baterai berdaya besar membuatnya sangat mumpuni untuk segala kebutuhanmu. Kameranya juga saat ini sudah menggunakan sensor Sony IMX terbaru, sehingga hasil jepret-annya juga diyakini akan lebih optimal. Jadi buat kamu yang bukan gamer, ponsel yang satu ini juga patut buat kamu pertimbangkan lho jika mencari sebuah ponsel pintar yang serba bisa dengan baterai yang tahan lama.


Kebetulan penulis berkesempatan untuk mencoba ASUS ROG Phone 3 selama beberapa hari kemarin. Seperti apa kesan penulis mengenai gaming phone yang dijuluki sebagai "The Ultimate Winner" ini? Yuk simak preview dari penulis di bawah ini!


Fisik

Sebelum membahas mengenai bodi fisiknya, penulis untuk menginfokan apa saja yang bisa ditemukan di dalam dus penjualannya. Ketika membuka dusnya pertama kali, penulis disuguhkan dengan sebuah dus kecil bertuliskan "For Those Who Dare". Di dalam dus kecil tersebut, terdapat sebuah SIM card ejector dengan bentuk seperti pedang yang ada di game RPG, buku petunjuk pemakaian, kartu garansi, stiker ROG, serta bumper case berjenis hard case yang mirip ditemukan pada paket penjualan ROG Phone 2 akhir tahun lalu. Dibalik dus kecil tersebut, barulah kita menemukan unit dari ROG Phone 3 yang dibalut dengan plastik. Di bawah unitnya, terdapat sebuah charger, kabel charger USB Type A to Type C, serta sebuah USB Type C to 3,5 mm adapter. Secara keseluruhan, kelengkapan penjualan yang disajikan oleh ASUS untuk ROG Phone 3 ini cukup lengkap dan memadai.


isi dus asus rog phone 3
Kelengkapan penjualan ASUS ROG Phone 3.


Bentuk fisik dari ROG Phone 3 secara umum masih mirip dengan ROG Phone 2. Secara kasat mata, ukurannya pun lebih kurang sama dengan bobot yang mirip pula. Perbedaan minor hanya terdapat pada kosmetik, di mana ROG Phone 3 memiliki model yang lebih kalem dan elegan. Hal ini terlihat dari speaker grill berwarna hitam (ROG Phone 2 memiliki aksen jingga) yang berada di sisi atas dan bawah layar. Beralih ke sisi kiri, tombol daya dan volume juga memiliki ubahan minor dengan aksen membulat (ROG Phone 2 memiliki aksen trapesium). Sisi belakang juga mengalami ubahan, di mana selain terlihat tiga buah kamera yang terdapat di bagian kiri atas, Aerodynamic System yang menjadi exhaust utama pada ponsel ini juga memiliki model yang lebih sedikit berbeda.


bodi asus rog phone 3
Sisi belakang bodi ASUS ROG Phone 3.


bodi asus rog phone 3
Sisi atas bodi ASUS ROG Phone 3.


port usb type-c asus rog phone 3
Port USB Type-C yang terletak di sisi bawah bodi ASUS ROG Phone 3.


tombol daya dan volume asus rog phone 3
Tombol daya dan volume yang terletak di sisi kanan bodi ASUS ROG Phone 3.


slot kartu sim di asus rog phone 3
Slot kartu SIM di sisi kiri bodi ASUS ROG Phone 3.



Performa

ASUS ROG Phone 3 yang diluncurkan secara resmi hari ini memiliki beberapa varian, namun yang penulis pakai saat ini adalah varian dengan chipset Qualcomm Snapdragon 865+, RAM 8 GB, dengan media penyimpanan internal 128 GB. Media penyimpanan tersebut juga mendapakan upgrade dari yang sebelumnya menggunakan UFS 3.0, kini menjadi UFS 3.1. Berkat kombinasi ini, ROG Phone 3 bisa dibilang menjadi sebuah ponsel pintar yang paling kencang untuk kategori ponsel Android. Bisa dipastikan, semua game yang bisa diunduh dan dimainkan dari Google Play Store dapat berjalan lancar tanpa kompromi. Apalagi dengan adanya fitur X Mode yang menjadi salah satu fitur unggulan dari ROG Phone series. Fitur ini mampu untuk menghadirkan pengaturan optimal dari ROG Phone yang kamu gunakan, sehingga kamu tidak akan menemukan lag ataupun gangguan lainnya ketika sedang asyik bermain.

Klaim tersebut nampaknya bukan hanya sekadar isapan jempol. Dari beberapa game yang penulis coba, seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Mobile Legends, Tales of Wind, serta game favorit penulis, yakni Ragnarok M: Eternal Love, semuanya bisa dijalankan dengan pengaturan grafis tertinggi tanpa ada masalah. Bahkan, Tales of Wind ternyata mampu berjalan di frame rate tinggi hingga 144 fps! Penulis saja tidak menyangka game MMORPG yang memiliki grafis imut nan lucu tersebut ternyata sudah memiliki opsi high refresh rate.

Dikarenakan waktu yang terbatas, penulis belum bisa menyimpulkan bagaimana rasanya menggunakan ROG Phone 3 untuk mendukung pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Nantinya mungkin akan penulis curahkan di dalam artikel review pemakaian.

Kamera

Fitur yang satu ini memang bukan fitur unggulan di dalam sebuah gaming phone. Namun, bukan berarti ASUS memberikan kamera asal-asalan pada ROG Phone 3. Bahkan, kamera dari ponsel ini mendapatkan upgrade yang lumayan dengan memiliki konfigurasi triple camera pada kamera belakangnya. Triple camera tersebut terdiri dari kamera utama dengan lensa wide 64 megapiksel yang menggunakan sensor Sony IMX686, kamera sekunder dengan lensa ultra-wide 13 megapiksel dengan sudut selebar 125 derajat, serta kamera sebuah kamera tersier dengan lensa makro 5 megapiksel. Di sisi depan, nampaknya ASUS masih mempertahankan kamera dengan lensa wide 24 megapiksel dari ROG Phone 2.

Penulis sendiri memang belum banyak mengeksplor banyak kemampuan dari kamera yang ada di ROG Phone 3. Apalagi saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, di mana ruang gerak penulis terbatas hanya di lingkungan rumah saja. Namun jika penasaran dengan hasil jepretan-nya, berikut foto-foto yang penulis ambil menggunakan kamera ROG Phone 3:


Lensa wide dengan mode Auto.


Lensa wide dengan mode Auto.


Lensa ultra-wide dengan mode Auto.


Lensa ultra-wide dengan mode Auto.


Kamera depan dengan mode Auto.


Kesimpulan Sementara

ASUS ROG Phone 3 adalah sebuah penerus dari gaming phone legendaris yang menawarkan beragam upgrade. Mulai dari penggunaan chipset yang lebih kencang, kamera dengan sensor yang lebih baru, serta desain bodinya yang lebih masuk ke selera banyak orang yang tampil lebih kalem dan elegan.  Dengan adanya faktor desain tersebut, bukan hal yang mustahil jika penulis sebutkan ponsel pintar ini tidak hanya untuk bermain game saja. Dengan baterai berdaya sebesar 6.000 mAh yang dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat hingga 30W dan layar luas yang semakin mantap digunakan untuk bernavigasi di refresh rate tinggi, tentunya ponsel ini sangat mendukung aktivitas harianmu seperti bekerja, menikmati konten video, bermain media sosial, hingga sebatas chatting bersama teman..

Jika berminat untuk membeli ROG Phone 3, siapkan dana sebesar Rp9.999.000 untuk varian 8/128 GB seperti yang penulis pakai, atau jika membutuhkan varian yang lebih bertenaga dan besar dengan konfigurasi 12/256 GB, kamu bisa menambahkan mahal hingga Rp14.999.000 untuk membawa pulang "The Ultimate Winner" ini. Kamu sudah bisa memesan ROG Phone 3 varian 8/128 GB dari hari ini di beberapa offline retail partner ASUS, seperti Erafone, Urban Republic, serta ROG Store dan ASUS Exclusive Store. Jika berminat untuk membelinya secara online, kamu bisa mengunjungi beberapa 
e-commerce berikut:

Nama ProdukASUS ROG Phone 3
ChipsetQualcomm Snapdragon 865+ 5G Mobile Platform.
Chip GrafisQualcomm Adreno 650.
Memori RAM8 GB (varian storage 128 GB).
12 GB (varian storage 256 GB).
Media PenyimpananUFS 3.1 128 GB (varian RAM 8 GB).
UFS 3.1 256 GB (varian RAM 12 GB).
Sistem OperasiAndroid 10 dengan antarmuka ROG UI.
Layar6,59" Full HD+ (2.340 x 1.080) AMOLED, 144 Hz refresh rate,
HDR10+ certified, 270 Hz touch sampling rate, 25 ms touch latency,
Corning Gorilla Glass 6.
KameraKamera Belakang:
Wide - 64 megapiksel dengan sensor Sony iMX686, f/1.8, PDAF.
Ultra-wide - 13 megapiksel dengan f/2.4, real time distortion correction.
Macro - 5 megapiksel dengan f/2.0.

Kamera depan:
Wide - 24 megapiksel dengan f/2.0.
Konektivitas FisikSamping:
1x Customized 48 pin dengan USB Type-C yang mendukung USB 3.1 Gen 2, Display Port 1.4, Fast Charging dengan protokol QC3.0+QC4.0/PD3.0,
Direct Charge.

Bawah:
1x USB Type-C yang mendukung USB 2.0, Fast Charging dengan protokol QC3.0+QC4.0/PD3.0, Direct Charge.
Konektivitas Nirkabel5G, FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, EDGE/GPRS/GSM, CDMA, TD-SCDMA
Dual Nano SIM Card slot dengan 5G+4G atau dual 4G standby.

WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6
2x2 MIMO, Bluetooth 5.1, NFC
Wi-Fi Direct support.

Navigation GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),
BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5).
AudioDual front-facing speakers dengan GameFX dan Dirac HD Sound
7-magnet stereo speaker widengan dual NXP TFA9874 smart amplifier untuk efek suara yang lebih lantang, dalam, dan lebih sedikit distorsi.
Baterai6.000 mAh.
Dimensi (P x L x T)171 x 78 x 9,85 mm.
Bobot240 gr.
Varian WarnaBlack.
HargaRp9.999.000 (varian 8/128 GB).
Rp14.999.000 (varian 12/256 GB).
Garansi1 tahun garansi resmi ASUS Indonesia.



Komentar

  1. Spesifikasinya gahar jadi pengen punya ��
    Dari dulu pake mya cuma asus zenfone max pro m1.
    Terbaik memang prodak asus
    Mpm1 ku aja udah tahan sekitar 3 tahunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini opini saya pribadi, ROG Phone 3 menjadi ponsel pintar dengan price/performance terbaik di kelas 10 juta

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?