Preview ASUS ZenBook 14 UX425: Ultrabook Mewah yang Ringkas untuk Pekerja Masa Kini

ASUS ZenBook merupakan sebuah lini ultrabook kelas premium yang sudah berada di pasaran sejak tahun 2013. Berbeda dengan consumer laptop lainnya yang dimiliki oleh perusahaan asal Taiwan tersebut, ZenBook memiliki tampilan dengan desain yang lebih mewah serta ukuran bodi yang sangat ringkas. Tidak hanya soal kosmetik, ultrabook mewah ini juga beberapa kali telah menghadirkan inovasi dari sisi teknologi dan fitur terkini, seperti fitur layar kedua ScreenPad, tombol numerik virtual NumberPad, hingga sistem hinge ErgoLift yang mampu membuat laptop ini lebih ergonomis ketika digunakan oleh pengguna serta meningkatkan performa pendinginan.




Di antara beragam lini produk ZenBook, salah satu model yang menjadi favorit adalah ZenBook Classic. Ultrabook ini hadir sebagai sebuah perangkat yang serba bisa untuk segala kalangan, mulai dari para profesional hingga pelajar. ZenBook Classic memiliki desain yang sederhana dengan aksen warna yag tidak mencolok, tanpa pernak-pernik kosmetik berlebihan. Namun justru penampilannya tersebut malah menunjukkan kesan elegan dan tetap dapat menjadi pusat perhatian. Secara umum, lini ZenBook Classic ini merupakan varian model utama dengan desain yang mengacu pada seri ZenBook yang pertama kali diperkenalkan ke publik pada tujuh tahun yang lalu.

Selang tujuh tahun, tentunya ZenBook Classic mengalami banyak perubahan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Selain tampil dengan spesifikasi teknis dan performa yang lebih baik, salah satu varian ZenBook Classic, yakni ZenBook 14 UX425, hadir dengan desain yang lebih ringkas dan kokoh, serta memiliki serangkaian fitur yang tidak dimiliki oleh laptop sekelasnya. Penasaran untuk mengenai ultrabook ini lebih jauh? Simak selengkapnya preview dari penulis di bawah ini, ya!

Fisik

ZenBook memiliki DNA sebuah laptop yang tampil mewah dan elegan. Hal ini tercermin dari penggunaan bahan aluminium alloy yang digunakan oleh ZenBook 14 UX425. Bahan tersebut dibentuk dengan desain diamond-cut yang sangat presisi, sehingga membuat bodinya terlihat lebih mewah serta memiliki kesan premium yang sangat kental. Salah satu ciri khas dari ZenBook, yaitu desain "Zen" yang melingkar pada bagian belakang layarya, juga hadir pada UX425. Desain ini dibuat melalui proses panjang dengan finishing khusus agar fisik dari laptop ini dapat tampil lebih indah.


bodi premium zenbook 14 ux425


ASUS ZenBook 14 UX425 memiliki bodi yang sangat tipis dan ringkas. Ketebalannya hanya sekitar 13,9 mm saja, sehingga tentu tidak akan memakan banyak ruang di dalam tasmu. Selain ukurannya yang ringkas tersebut, bobot dari laptop ini juga terbilang sangat ringan. UX425 hanya memiliki bobot sekitar 1,13 kg saja. Hal ini dapat tercapai berkat penggunaan bahan aluminium alloy yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan bobot yang ringan tersebut, tentunya kamu dapat membawa laptop ini ke mana saja di dalam tas dengan mudah dan aman dari rasa pegal.

Memiliki layar seluas 14 inci, secara ajaib ZenBook 14 UX425 memiliki dimensi yang menyerupai laptop berlayar 13 inci. Hal ini tercapat berkat teknologi NanoEdge Display yang terdapat pada laptop ini. Teknologi yang sudah lama digunakan oleh ASUS di berbagai lini laptop-nya tersebut membuat bezel yang berada di sekeliling layar dapat tampil lebih tipis hingga memiliki rasio screen-to-body mencapai 90%

Di bawah layar tersebut, kamu dapat menemukan salah satu fitur yang paling menarik dari ZenBook 14 UX425, yakni edge-to-edge keyboard. Fitur ini memungkinkan keyboard pada laptop ini dihadirkan hingga ke dua sisi bodinya, sehingga format keyboard bisa menjadi lebih luas dan tombolnya juga hadir lebih besar. Berkat hadirnya fitur ini, aktivitas mengetikmu bisa menjadi lebih nyaman. Tidak lupa, fitur ErgoLift khas ASUS juga hadir pada laptop ini. Fitur yang dapat membuat bodi utama terangkat dan membentuk sudut lebih kurang tiga derajat tersebut dapat membuat posisi mengetik jadi lebih ergonomis, sekaligus mampu meningkatkan performa pendinginan berkat rongga udara ekstra yang tercipta dari posisi bodi yang terangkat.


asus numberpad


Masih sering menggunakan numpad seperti penulis? Tenang saja, ZenBook 14 UX425 masih memiliki tombol tersebut, lho! Hanya saja, tombol tersebut tidak dihadirkan secara fisik, melainkan melalui fitur bernama NumberPad 2.0. Fitur yang sebelumnya juga sudah pernah diperkenalkan di berbagai lini laptop ASUS ini dapat menampilkan tombol numpad secara digital melalui touch pad yang berada di bawah keyboard. Bahkan, kamu bisa menggunakan touch pad tersebut sebagai alat navigasi ataupun numpad secara bersamaan.

Bicara soal konektivitas fisik, ZenBook 14 UX425 memiliki jumlah port yang bisa dibilang lebih lengkap jika dibandingkan dengan ultrabook di kelasnya. Kebanyakan ultrabook hadir dengan opsi konektivitas fisik yang terbatas, karena biasanya terbentur dengan bodi yang tipis dan ringkas. Namun di laptop ini, ASUS masih menyematkan sebuah port USB Type-A di sisi kanan untuk kebutuhan dongle perangkat nirkabel milikmu. Tidak hanya itu, sebuah port HDMI juga masih tersedia di sisi kiri untuk kemudahan menyambungkan laptop ini dengan layar eksternal.

Sebagai laptop modern, ZenBook 14 UX425 tentunya dilengkapi dengan port populer masa kini, yakni USB Type-C sebanyak dua buah. Keduanya telah mendukung teknologi USB Power Delivery, sehingga laptop ini dapat memanfaatkan USB Type-C untuk pengisian daya baterai. Tidak hanya itu, kedua port tersebut juga mendukung Thunderbolt 3. Dengan hadirnya Thunderbolt 3, kamu bisa menyambungkan UX425 dengan perangkat eksternal lain, salah satunya adalah kartu grafis eksternal menggunakan enclosure. Dengan skenario tersebut, kamu bisa menggunakan laptop ini untuk menunjang pekerjaan yang lebih berat, seperti content creation, ataupun bermain game kelas AAA.

Tidak lupa, di atas layar terdapat sebuah webcam beresolusi maksimal 720p yang dapat kamu manfaatkan untuk video conference. Di saat pandemi seperti ini, di mana mungkin sebagian dari kamu akan sering melakukan panggilan video untuk melakukan rapat, kualitas kamera menjadi cukup penting agar dirimu tampil maksimal meskipun bekerja dari rumah. Selain itu, kamera pada UX425 ini juga sudah mendukung Windows Hello, sehingga kamu dapat membuka kunci layar menggunakan wajah atau face recognition.

Performa

ASUS ZenBook 14 UX425 telah diperkuat dengan prosesor hingga Intel Core i7 generasi ke-10 (Ice Lake) yang memiliki konfigurasi hingga empat core dan 8 thread. Prosesor tersebut juga memiliki boost clock hingga 3,9 GHz yang kencang. Konfigurasi tersebut diyakini sangat ideal untuk sebuah ultrabook, sebab prosesornya memiliki performa yang kencang, namun tidak boros daya.

Satu hal yang menarik, prosesor Intel Core i7-1065G7 yang hadir di ZenBook 14 UX425 ini sudah diperkuat oleh chip grafis terintegrasi Intel Iris Plus Graphics. Jika dibandingkan dengan Intel HD Graphics yang umum ditemui pada prosesor Intel generasi sebelumnya, Iris Plus ini memiliki performa yang lebih tinggi. Meskipun performanya tinggi, namun Iris Plus tetap mempertahankan konsumsi daya yang sangat rendah. Hal inilah yang berkontribusi kepada daya tahan baterai dari laptop ini yang tergolong panjang. Selain Core i7, laptop ini juga memiliki varian Core i5.


prosesor zenbook 14 ux425


Menemani sang prosesor kencang, ZenBook 14 UX425 menggunakan media penyimpanan berupa SSD berjenis NVMe PCIe 3.0 x4 berkapasitas 512 GB. Penyimpanan tersebut tidak hanya memiliki kecepatan baca/tulis yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan HDD, tapi juga lebih aman dari ancaman getaran dan bantingan yang biasanya menghantui media penyimpanan di perangkat mobile. Hal ini dikarenakan SSD tidak memiliki komponen bergerak serta menggunakan NAND Flash.

Melengkapi prosesor dan media penyimpanan, ZenBook 14 UX425 sudah menggunakan modul memori RAM LPDDR4X terbaru dengan kapasitas 16 GB. Modul memori tersebut sudah berjalan dengan konfigurasi dual channel untuk meningkatkan performa prosesor serta aktivitas multitasking yang lebih lancar.

Baterai

Sebagai perangkat yang dirancang untuk menemani mobilitas penggunanya sehari-hari, ASUS ZenBook 14 UX425 hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yakni hingga 67 Whr. Menurut pengujian internal ASUS, baterai tersebut mampu bertahan hingga 16 jam. Sementara itu, ketika diuji menggunakan perangkat lunak PcMark 10 pada mode Modern Office, laptop ini sanggup bertahan hingga hampir 13 jam. Bisa dibilang, jika kamu menggunakan laptop ini untuk bekerja yang berhubungan dengan mengolah dokumen, kamu bisa menggunakannya lebih dari 12 jam tanpa perlu dihubungkan ke colokan listrik. 

Daya tahan baterai yang sangat baik tersebut disebabkan oleh penggunaan prosesor hemat daya dari Intel. Tidak dipungkiri, prosesor rilisan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut memiliki keunggulan di performa tinggi namun dengan penggunaan daya yang lebih hemat. Selain prosesor, ASUS juga mengklaim bahwa UX425 ini sudah menggunakan panel layar terbaru yang memang memiliki daya lebih hemat dibanding panel layar pada umumnya.

Kesimpulan Sementara

ASUS ZenBook 14 UX425 adalah sebuah penerus dari jajaran ZenBook yang legendaris. Penulis sendiri sejak dahulu melihat bahwa ultrabook asal Taiwan ini merupakan salah satu ultrabook berbasis Windows terbaik dengan desain mewah nan elegan serta performa yang sangat mumpuni. Ketika artikel ini diterbitkan, acara peluncuran ASUS ZenBook 14 UX425 sudah diselenggarakan oleh ASUS, sehingga penulis boleh mengumumkan banderol harga dari laptop ini.

Jika kamu tertarik untuk membawa pulang ZenBook 14 UX425 varian Intel Core i7 dengan RAM sebesar 16 GB, maka kamu cukup merogoh kocek Rp17.299.000. Sedangkan untuk varian Intel Core i5 dengan RAM sebesar 8 GB, kamu cukup menebusnya seharga Rp14.299.000. Harga keduanya bisa dibilang sangat sepadan dengan apa yang ditawarkan oleh ultrabook ini. Kabar baiknya, UX425 ini sudah bisa kamu temukan di beragam e-commerce terkemuka di Indonesia. Bahkan banderol harganya ada yang lebih hemat dari MSRP yang diberikan oleh ASUS, lho.

Ingin membaca ulasan lengkap dari ASUS ZenBook 14 UX425? Semoga saja penulis berkesempatan untuk meminjam dan menguji coba unitnya ya!

Spesifikasi teknis dari ASUS ZenBook 14 UX425 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini:

Nama ProdukASUS ZenBook 14 UX425
ProsesorIntel® Core™ i7-1065G7 Processor 1.3 GHz (8M Cache, up to 3.9 GHz)
Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Chip GrafisIntel® Iris® Plus Graphics
Memori RAM16 GB LPDDR4X (varian i7)
8 GB LPDDR4X (varian i5)
Media Penuyimpanan512 GB M.2 NVMe PCIe SSD
Layar14.0" (16:9) IPS FHD (1980 x 1080), 300 nits, 100% sRGB, Anti-Glare, NanoEdge Display
KameraHD camera with IR function to support Windows Hello
Konektivitas Fisik1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB Type-C with Thunderbolt™ 3 supports display / power delivery, Micro SD card reader
Konektivitas NirkabelIntel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioSmart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Baterai67 Whrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimensi (P x L x T)31,9 x 29,8 x 1,38
Bobot1,17 kg
Varian WarnaPine Grey
Lilac Mist
HargaRp17.299.000 (varian i7)
Rp14.299.000 (varian i5)
Garansi2 tahun garansi global





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?