Apple Luncurkan iPhone 12 dan 12 mini: Pakai Layar OLED, Chipset Kencang, dan Konektivitas 5G

Setelah ditunggu-tunggu oleh para penikmat gawai di seluruh dunia, Apple akhirnya meluncurkan iPhone 12 series pada Rabu dini hari tadi. Pada acara yang dimulai tepat pada pukul 00.00 WIB (atau 10.00 waktu Pasifik), perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut memperkenalkan empat lini baru dari jajaran ponsel pintar generasi ke-12 milik mereka: iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Keempatnya membawa desain frame yang mirip dengan iPhone 5 series yang dicintai oleh para penikmat Apple (paling tidak, yang berada di circle penulis). Kali ini, Apple juga memutuskan untuk menggunakan layar jenis OLED, chipset kencang A14, serta konektivitas 5G pada semua lini. Perbedaan mencolok hanya terletak di ukuran layar serta fitur kamera.


iphone 12 mini
Gambar dari macrumors.com.


Pada artikel ini, penulis akan hanya membahas seputar iPhone 12 dan 12 mini. Artikel iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max akan dituliskan secara terpisah.

iPhone 12

iPhone 12 menjadi penerus dari iPhone 11 pada generasi sebelumnya. Upgrade paling mencolok yang dapat dilihat secara fisik adalah penggunakan layar Super XDR OLED, menggantikan layar IPS LCD pada 11. Resolusinya pun mendapatkan peningkatan menjadi 1.170 x 2.532 piksel dengan kerapatan piksel hingga 460 ppi. Layar ini mampu memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 1.200 nits, sama dengan versi Pro dari jajaran iPhone 12 series. Sayangnya, Apple memutuskan masih menggunakan refresh rate 60 Hz dan masih mempertahankan notch yang menyerupai dahi tersebut. Peningkatan lainnya dari layar ini terletak pada penggunaan Ceramic Shield, yang diklaim memiliki ketahanan lebih baik dari ponsel pintar lainnya. Lapisan perlindungan layar tersebut dikembangkan bersama Corning, sang pembuat Gorilla Glass.

Salah satu yang cukup ditonjolkan oleh Apple pada peluncuran iPhone 12 series kali ini adalah konektivitas 5G. Pada presentasinya, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs tersebut memberikan informasi jika iPhone 12 mendukung jaringan mmWave yang tersedia di Amerika Serikat, berikut jaringan sub-6 GHz 5G yang tersedia lebih luas. Mereka mengklaim telah melakukan uji coba jaringan 5G ini dengan 100 operator selular dan iPhone 12 mampu untuk mendapatkan kecepatan hingga 3,5 Gbps di lingkungan yang dikondisikan, serta 4 Gbps di kondisi ideal.

iphone generasi terbaru
Gambar dari gsmarena.com.

Seperti yang sudah penulis sebutkan sebelumnya, iPhone 12 membawa desain frame yang mengingatkan kita pada iPhone 4 series. Hal ini juga berdampak pada ukuran dan bobot ponsel ini, di mana iPhone 12 memiliki ukuran 15% lebih ringkas, 11% lebih tipis, serta 16% lebih ringan jika dibandingkan dengan iPhone 11. Untuk pilihan warnanya sendiri, iPhone 12 masih membawa pilihan warna yang cukup beragam, mulai dari Green, Product Red, White, Black, serta opsi pilihan warna baru yakni Blue. Frame pada sisi ponsel ini memiliki tekstur matte, sedangkan sisi belakangnya glossy.

Pada sektor performa, iPhone 12 sudah diperkuat oleh chipset A14 Bionic yang sebelumnya hadir di iPad Air 4 beberapa waktu yang lalu. Chipset tersebut memiliki prosesor dengan enam inti serta chip grafis empat inti. Apple mengklaim jika chipset ini memiliki performa 50% lebih tinggi, baik dari prosesor maupun chip grafis dari ponsel pintar lainnya. Chipset ini juga memiliki kemampuan machine learning 80% lebih cepat dibandingkan A13 Bionic. Sehingga, kemampuan face unlock pada iPhone 12 kemungkinan akan jauh lebih cepat dari iPhone generasi sebelumnya.

iphone 12 dual camera
Gambar dari apple.com.

Apple masih mempertahankan konfigurasi kamera ganda pada iPhone 12. Namun kali ini, kamera utamanya mendapatkan bukaan yang lebih besar dengan f/1.6. Hal ini tentunya dapat meningkatkan performa pada kondisi cahaya yang lebih gelap hingga 27%. Kamera utama ini juga hadir dengan OIS. Untuk kamera sekundernya sendiri, ponsel ini masih mendapatkan lensa ultra-wide dengan bukaan f/2.4. Namun, kamera sekunder ini tidak dilengkapi dengan OIS. Kabar baiknya, Apple menghadirkan Smart HDR 3 terbaru pada kedua kamera belakang dan satu kamera depan pada ponsel ini yang mampu meningkatkan white balance, tekstur, dan saturasi pada foto. Tidak ketinggalan, ketiga kamera ini juga mampu untuk mengambil gambar dengan fitur Night Mode.

Seperti yang sudah digosipkan, Apple telah menghilangkan Earpods dan kepala charger dari paket penjualan. Hal ini dilakukan dengan alasan mengurangi emisi karbon dari produksi kedua produk tersebut, di mana pengguna diharapkan memakai charger dari ponsel yang dimiliki saat ini. Kalaupun tidak punya, pengguna juga dapat membeli charger pihak ketiga tanpa khawatir masalah kompatibilitas, sebab Apple masih melengkapi paket penjualannya dengan sebuah kabel USB Type-C to Lightning. Satu hal baru yang dimunculkan oleh Apple kali ini adalah kembalinya MagSafe. Ya, nama yang dahulu terkenal sebagai charger dari MacBook tersebut kali ini hadir menjadi sebuah wireless charger yang mampu mengisi daya dari iPhone 12 ini dengan kemampuan hingga 15 W.

iPhone 12 mini

Salah satu yang dinantikan oleh banyak khalayak adalah kehadiran iPhone dengan ukuran mini. Dan akhirnya Apple menjawabnya dengan merilis iPhone 12 mini. Ponsel pintar ini digadang-gadang sebagai ponsel pintar 5G paling ringkas di dunia. Meskipun memiliki ukuran layar 5,4 inci, akan tetapi ponsel ini memiliki ukuran yang lebih ringkas dibandingkan dengan iPhone SE 2020 yang memiliki layar 4,7 inci. Sama seperti kakaknya, iPhone 12, si mini yang satu ini sudah menggunakan layar Super XDR OLED dengan resolusi Full HD+ (2.340 x 1.080) dengan kerapatan piksel hingga 476 ppi. Tidak hanya itu, tingkat kecerahan layar hingga 1.200 nits juga hadir pada layar yang mungil ini.

iphone generasi terbaru
Gambar dari apple.com.

Untuk urusan chipset, konektivitas, serta konfigurasi kamera, iPhone 12 mini mengadopsi teknologi yang sama persis dengan iPhone 12. Sehingga, perbedaan dari kedua produk ini hanyalah di ukuran layar saja. Bahkan opsi warna yang tersedia juga sama, mulai dari Green, Product Red, White, Black, dan Blue.


iPhone 12 dan 12 mini akan tersedia dalam tiga varian internal storage, mulai dari 64, 128, hingga 256 GB. iPhone 12 sendiri mulai bisa dipesan pada 16 Oktober dan akan dikirimkan kepada konsumen pada 23 Oktober. Sedangkan iPhone 12 mini baru bisa dipesan pada 6 November dan akan dikirimkan kepada konsumen pada 13 November. Kamu bisa memesan iPhone 12 dengan mahar mulai dari USD 799 atau sekitar 11,7 juta rupiah, sedangkan iPhone 12 mini mulai dari USD 699 atau sekitar 10,3 juta rupiah. Harga tersebut hanya berlaku di Amerika Serikat dan kemungkinan menjadi harga dengan bundling operator tertentu. Belum diketahui kapan iPhone 12 dan 12 mini akan beredar secara resmi di Indonesia, ataupun banderol harga resminya di tanah air nanti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?