Langsung ke konten utama

Perkaya Ekosistem Petal, Huawei Perkenalkan Petal Maps dan Huawei Docs

Meskipun sedang mengalami keterbatasan aplikasi karena adanya larangan dari Amerika Serikat, Huawei sebagai salah satu produsen ponsel pintar terbesar di dunia tidak patah semangat. Absennya berbagai aplikasi dan layanan Google dari perangkat milik jenama asal Tiongkok ini memang membuat minat para penggemar ponsel pintar kepada perangkat mereka menurun. Namun ternyata, jenama berlambang bunga lotus warna merah ini sudah mempersiapkan beragam perangkat lunak pilihan untuk memperkaya ekosistem Petal yang sedang mereka bangun.


huawei petal ecosystem
Gambar dari consumer.huawei.com.


Salah satu perangkat lunak yang ditunggu-tunggu adalah Petal Maps. Ya, hilangnya Google Maps yang menjadi salah satu aplikasi penting memang sangat mempengaruhi pengalaman pengunaan dari sebuah ponsel pintar. Selama ini, para pengguna ponsel Huawei bergantung pada aplikasi peta berbasis open source, seperti Here WeGo atau OpenStreetMap. Maka dari itu, Huawei memperkenalkan Petal Maps sebagai aplikasi peta standar pada perangkat Huawei yang masuk ke dalam ekosistem Petal.

Aplikasi Petal Maps akan hadir dalam versi beta pada Huawei App Gallery tidak lama lagi. Nantinya, aplikasi tersebut dapat menampilkan peta lebih dari 140 negara dan mendukung berbagai macam bahasa, seperti Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Italia, dan Cina. Sama seperti Google Maps, aplikasi ini juga memiliki kemampuan navigasi, baik dalam mode dua ataupun tiga dimensi, serta navigasi sesuai dengan transportasi yang kamu gunakan, apakah dengan kendaraan pribadi, transportasi umum, atau berjalan kaki.

Di dalam aplikasi Petal Maps, kamu bisa untuk melakukan zoom in/out seperti layaknya aplikasi peta, dan bisa juga untuk berpindah dari tampilan navigasi ke tampilan peta secara umum melalui air gesture. Kamu juga bisa untuk mencari berbagai lokasi, alamat, dan titik menarik lainnya secara langsung serta menyimpannya ke dalam daftar favoritmu. Huawei mengklaim jika semua data pencarian dan navigasi telah dienkripsi secara end-to-end.

Selain memperkenalkan Petal Maps, Huawei juga menghadirkan update untuk Petal Search. Saat ini, fitur pencarian tersebut sudah bisa melakukan melakukan pencarian dengan input teks dan suara. Melalui update terbaru, nantinya pengguna juga akan bisa melakukan pencarian secara visual. Hal ini mirip dengan implemmentasi Google Lens. Huawei memang menghadirkannya sebagai fitur tadingan dari aplikasi besutan Google tersebut. Kamu tinggal mengarahkan kamera ke objek yang ingin kamu cari, lalu Petal Search akan mencarikan informasi mengenai objek tersebut.


aplikasi pengolah dokumen huawei
Gambar dari Huawei.


Satu lagi yang tidak kalah penting adalah Huawei Docs. Aplikasi ini merupakan solusi office suite yang memiliki beragam fungsi untuk menunjang pekerjaan, seperti mengolah dokumen, membuat presentasi, ataupun mengolah spreadsheet. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk membuka file format PDF. Bisa dibilang, Huawei Docs adalah jawaban dari perusahaan asal Tiongkok tersebut sebagai alternatif dari Google Docs yang saat ini tidak bisa digunakan pada perangkat Huawei.


Dengan kehadiran Petal Maps dan Huawei Docs, diharapkan dapat menarik kembali minat para penggemar ponsel pintar untuk melirik ponsel Huawei. Paling tidak, saat ini kita sudah bisa melihat keseriusan perusahaan berlambang bunga lotus merah tersebut dalam mengembangkan ekosistem milik mereka sendiri. Semoga saja ke depannya, kita bisa menikmati ekosistem dari Huawei yang sudah setara dengan apa yang dimiliki oleh Google dan juga Apple saat ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.