Ini Dia iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max: Layar Lebih Besar, Upgrade Kamera, dan 5G yang Kencang

Selain meluncurkan iPhone 12 dan 12 mini, Apple juga meluncurkan dua model lainnya yang digadang-gadang sebagai flagship mereka: iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max. Keduanya hadir dengan chipset kencang A14 dan konektivitas 5G seperti yang ada di dua model lainnya. Selain itu, desain metal frame ala iPhone 5 series juga hadir di keduanya. Lebih dari itu, baik iPhone 12 Pro maupun 12 Pro Max mendapatkan upgrade yang lebih jauh lagi di sektor ukuran layar dan juga konfigurasi kamera. Seperti apakah upgrade yang dimaksud?


Gambar dari apple.com.

iPhone 12 Pro

Penerus dari iPhone 11 Pro ini sepertinya akan menjadi flagship yang paling populer di jajaran iPhone 12 series ini. Salah satu upgrade yang dapat terlihat oleh mata kita adalah ukuran layar yang lebih besar. Ya, iPhone 12 Pro memiliki layar Super XDR OLED berukuran 6,1 inci, naik 0,3 inci dari generasi sebelumnya. Layar ini juga mendapatkan peningkatan resolusi menjadi 1.170 x 2.532 piksel. Sama seperti iPhone 12 series lainnya, iPhone 12 Pro juga memiliki tingkat kecerahan layar hingga 1.200 nits. Refresh rate 60 Hz masih dipertahankan oleh Apple pada ponsel ini. Menurut perusahaan asal Cupertino tersebut, pengguna awam tidak akan terlalu menikmati peningkatan dari refresh rate, padahal semakin tinggi refresh rate maka semakin boros juga penggunaan dari layar. Ceramic Shield, lapisan pelindung yang dikembangkan bersama Corning juga hadir untuk melindungi layar dari iPhone 12 Pro.

Bahasa desain iPhone 12 Pro sama dengan model iPhone 12 series lainnya. Membawa desain sisi stainless steel frame yang telah hadir pada iPhone 4 series beberapa tahun silam, bentuk dari iPhone 12 Pro ini terlihat lebih mengotak dan tegas jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro. Soal pilihan warna, ponsel ini memiliki pilihan warna yang berbeda dari iPhone 12 dan 12 mini. Selain warna klasik seperti Gold, Gray, dan Silver, iPhone 12 Pro mendapatkan sebuah warna unggulan baru yang dinamakan Pacific Blue. Nampaknya Apple mencoba untuk meneruskan inovasi baru dalam pilihan warna. Sebelumnya, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini juga meluncurkan opsi warna Midnight Green pada iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max. Tidak lupa, ketahanan air pada ponsel ini juga mendapatkan upgrade, dari mampu menyelam dengan maksimal kedalaman empat meter, menjadi enam meter dalam waktu maksimal satu jam.

triple camera iphone 12 pro
Gambar dari apple.com.

Kamera menjadi salah satu sektor yang mendapatkan upgrade cukup besar pada iPhone 12 Pro. Kali ini, kamera utamanya yang memiliki lensa wide hadir dengan bukaan yang lebih besar, f/1.6. Sensor dengan bukaan besar tersebut mampu menangkap cahaya 27% lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sedangkan untuk kamera sekunder dan tersier yang memiliki lensa ultra-wide dan telephoto masih menggunakan sensor yang sama dengan generasi sebelumnya. Hanya saja, kali ini semua kamera termasuk kamera depan dan kecuali kamera telephoto, mendukung fitur Night Mode. iPhone 12 Pro ini juga dilengkapi dengan sistem LiDAR seperti yang dapat ditemui pada iPad Pro. Sistem ini membuat kamera pada ponsel ini mampu memiliki fitur Night Mode Potrait. Selain itu, LiDAR juga dapat membantu untuk meningkatkan kecepatan penguncian autofocus enam kali lipat lebih cepat saat berada di tempat yang kurang cahaya.

Pada sektor perekaman video, iPhone 12 Pro (dan 12 Pro Max) menjadi satu-satunya ponsel yang mampu untuk merekam video Dolby Vision saat ini. Chipset A14 yang kencang memungkinkan ponsel ini melakukan color grading tiap frame dari perekaman video 10-bit untuk kualitas yang terbaik. Tidak berhenti sampai di situ saja, Apple juga menghadirkan sebuah fitur bernama ProRAW. Dengan fitur ini, kamu dapat mengambil foto dengan format RAW, sehingga nantinya kamu dapat melakukan editing foto dengan lebih leluasa karena keleluasaan data gambar yang ditangkap.

a14 bionic
Gambar dari apple.com.

Semua jajaran iPhone 12 series menggunakan chipset yang sama, yakni A14 Bionic. Chipset ini terdiri dari sebuah prosesor dengan enam inti serta chip grafis empat inti. Klaim dari Apple, chipset ini memiliki performa 50% lebih tinggi, baik dari prosesor maupun chip grafis dari ponsel pintar lainnya. Selain itu, A14 juga memiliki kemampuan machine learning 80% lebih cepat dibandingkan A13 Bionic. Sehingga, kemampuan face unlock pada iPhone 12 Pro kemungkinan bisa menjadi lebih cepat.

Sayangnya, sama dengan iPhone 12 dan 12 mini, Apple juga meniadakan Earpods dan kepala charger dari paket penjualan. Perusahaan yang dikomandoi oleh Tim Cook tersebut beranggapan, bahwa dengan meniadakan kedua aksesoris tersebut, maka Apple dapat mengurangi emisi karbon. Selain itu, kardus penjualan pun bisa dibuat lebih ringkas. Beruntungnya, Apple masih menyertakan sebuah kabel USB Type-C to Lightning yang dapat digunakan untuk mengisi daya ataupun menyambungkan iPhone milikmu ke PC/laptop.

iPhone 12 Pro Max

iPhone 12 Pro Max sendiri memiliki spesifikasi teknis yang sama persis dengan iPhone 12 Pro. Yang membedakan dari kedua ponsel ini hanyalah ukuran layar dan kamera saja. Sang Pro Max memiliki layar berukuran 6,7 inci, naik 0,2 inci dari apa yang bisa ditemukan pada iPhone 11 Pro Max. Layar tersebut berjenis Super XDR OLED dengan resolusi 1.284 x 2.788 piksel. Sama dengan jajaran 12 series lainnya, layar ini memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 1.200 nits dan dilindungi oleh Ceramic Shield.

triple camera iphone 12 pro max
Gambar dari apple.com.

Seperti yang penulis infokan sebelumnya, iPhone 12 Pro Max memiliki kamera yang berbda dari iPhone 12 Pro. Meski sama-sama mengusung konfigurasi tiga kamera, namun kemampuan dari tiap lensanya berbeda-beda. Misalnya, di kamera utama dengan lensa wide, 12 Pro Max diperkuat oleh sensor besar dengan ukuran piksel 1.7 ┬Ám, di mana ini 47% lebih besar dibandingkan dengan apa yang kita bisa temui pada 12 Pro ataupun 11 Pro Max. Bukaannya sih masih sama dengan 12 Pro, yakni f/1.6.  Namun kombinasi antara ukuran piksel yang lebih besar dengan bukaan tersebut menghasilkan kemampuan lensa ini untuk menangkap cahaya 87% lebih banyak. Dari sisi stabilisasi, Apple juga memilih untuk menggunakan sensor shift yang mampu menghasilkan stabilisasi gambar yang lebih baik dari optical image stabilization biasa pada 12 Pro. Tidak lupa, kamera tersier dengan lensa telephoto pada 12 Pro Max memiliki kemampuan 5x optical zoom. Sama dengan 12 Pro, ponsel ini juga dilengkapi dengan sistem LiDAR sehingga mampu untuk menggunakan Night Mode Potrait.


iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max akan tersedia dalam tiga varian internal storage, mulai dari 128, 256, hingga 512 GB. Untuk 12 Pro, pre-order akan dimulai pada 16 Oktober dan akan dikirimkan kepada konsumen pada 23 Oktober. Sedangkan 12 Pro Max baru bisa dipesan pada 6 November dan akan dikirimkan kepada konsumen pada 13 November. Kamu bisa memesan iPhone 12 Pro dengan mahar mulai dari USD 999 atau sekitar 14,7 juta rupiah, sedangkan iPhone 12 Pro Max mulai dari USD 1.099 atau sekitar 16,2 juta rupiah. Harga tersebut hanya berlaku di Amerika Serikat dan kemungkinan menjadi harga dengan bundling operator tertentu. Belum diketahui kapan iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max akan beredar secara resmi di Indonesia, ataupun banderol harga resminya di tanah air nanti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?