Langsung ke konten utama

realme Narzo 20 Series, Siap Penuhi Gaya Hidup Anak Muda Masa Kini

realme baru saja menggelar acara bertajuk "Leap to Next Gen" pada 5 November 2020 kemarin. Pada acara tersebut, merek Favoritnya Anak Muda ini meluncurkan rangkaian produk teknologi terlengkap yang berasal dari strategi 1+4+N. Strategi tersebut maksudnya adalah jajaran smartphone terbaru, yakni realme Narzo 20 Series yang berasal dari kategori "1", jajaran produk AIoT realme Watch S, realme Buds Air Pro, dan realme Smart Cam 360 yang berasal dari kategori "4", serta dua produk lainnya yakni realme Sonic Electric Toothbrush dan realme Power Bank 2i yang masuk ke kategori "N". Semua jajaran produk dari realme tersebut siap membuat hidup anak muda Indonesia menjadi lebih keren.


realme leap to the next gen
Gambar dari dokumen realme.


Pada kesempatan kali ini, penulis ingin memfokuskan bahasan pada dua smartphone terbaru mereka, yakni realme Narzo 20 dan Narzo 20 Pro. Keduanya merupakan generasi penerus dari seri Narzo pertama yang meluncur pada pertengahan tahun 2020 lalu. Kedua seri Narzo ini sama-sama berada di posisi "Best Value for Money Smartphone for Gaming", yang membedakan hanyalah kelas harganya saja. Dengan slogan "Boost The Power", baik Narzo 20 maupun Narzo 20 Pro membawa chipset terkuat di masing-masing segmen, baterai berukuran besar dengan dukungan pengisian daya cepat, layar sebesar 6,5 inci yang cemerlang, hingga kemampuan kamera 48 megapiksel dengan dukungan AI terkini.

realme Narzo 20

realme Narzo 20 merupakan salah satu smartphone dari Narzo 20 Series dan diposisikan sebagai gaming smartphone terbaik di kelas harga dua jutaan. Diperkuat oleh chipset MediaTek Helio G85 yang bertenaga, smartphone ini siap untuk membantumu memenangkan pertandingan dari tiap game yang kamu mainkan. Chipset tersebut memiliki prosesor delapan inti dengan kecepatan hingga 2.0 GHz dan dipasangkan dengan chip grafis ARM Mali-G52 yang bertenaga. Dengan kombinasi keduanya, smartphone ini bisa mencetak skor pada aplikasi AnTuTu Benchmark hingga lebih dari 200.000. Hal ini menggambarkan bagaimana kekuatan dari smartphone ini untuk menjalankan mobile game kelas AAA yang kompetitif. Smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB dan memori internal seluas 64 GB. Kombinasi tersebut membuatmu bisa melakukan multitasking dengan aman dan meng-install banyak game. Jika dirasa kurang, kamu juga bisa menambahkan kartu memori microSD yang bisa dipasangkan secara bersamaan dengan dua kartu SIM berjenis nano.


pilihan warna realme narzo 20
Gambar dari dokumen realme.


Tidak hanya dari sisi performa, realme Narzo 20 juga memiliki keunggulan pada kapasitas baterai yang besar. Smartphone ini dibekali mega baterai berkapasitas 6.000 mAh. Dengan kapasitas yang besar tersebut, berdasarkan pengujian internal dari laboratorium realme, smartphone ini mampu bertahan selama 45 hari dalam mode siaga. Kamu bisa lebih lama bermain game tanpa khawatir akan kehabisan baterai di tengah pertandingan. Jikalau baterai sudah tiris, kamu juga tidak perlu cemas. Sebab smartphone ini telah dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya cepat hingga 18 W. Dalam waktu 30 menit, smartphone ini dapat terisi dayanya dari 0 hingga 29%. Namun jika kamu sedang kesulitan untuk menemukan power outlet dan membutuhkan daya lebih, kamu juga bisa mengaktifkan Super Power Saving Mode. Dengan mode ini, kamu dapat memilih enam aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif dan tentunya bisa memperpanjang masa pakai baterai.

Di sisi layar, realme Narzo 20 memiliki layar seluas 6,5 inci dengan resolusi HD+. Layar yang memiliki mini-drop notch tersebut telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3, sehingga lebih aman dari goresan yang tidak kamu inginkan. Kamu juga bisa menikmati sudut pandang yang lebih luas dengan rasio screen-to-body hingga 88,7%, sehingga aktivitas menikmati konten video atapun bermain game akan terasa lebih imersif. Beralih ke kamera, smartphone ini membawa konfigurasi 48 megapiksel AI Triple Camera pada kamera belakang. Konfigurasi tersebut terdiri dari kamera utama 48 megapiksel, kamera sekunder 8 megapiksel dengan lensa ultra-wide, serta kamera tersier 2 megapiksel dengan lensa makro. Sedangkan di kamera depan, smartphone ini diperkuat oleh sebuah kamera 8 megapiksel yang mampu untuk mengambil foto selfie yang didukung oleh AI beautification, HDR, potrait, hingga Panoselfie.


banderol realme narzo 20
Gambar dari dokumen realme.


Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, realme Narzo 20 dibanderol dengan harga Rp2.199.000 saja. Namun khusus pada pagelaran 11.11 Salebration, kamu bisa membawa pulang smartphone ini dengan harga spesial hanya Rp1.999.000. Kamu bisa memilih satu diantara dua pilihan warna yang tersedia, yakni Victory Blue ataupun Glory Silver. Dengan harganya tersebut, bukan hanya isapan jempol saja jika realme Narzo 20 menjadi "Best Value for Money Smartphone" untuk sebuah gaming smartphone di kelas harga dua jutaan.

realme Narzo 20 Pro

Jika saudaranya diposisikan sebagai gaming smartphone terbaik di kelas harga dua jutaan, maka realme Narzo 20 Pro siap naik kelas mejadi gaming smartphone terbaik di kelas harga tiga jutaan. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan chipset MediaTek Helio G95 yang terkenal sebagai gaming chipset paling kuat dari MediaTek di kelas harga ini. Chipset tersebut dibuat dengan menggunakan proses fabrikasi 12 nm, sehingga selain bisa menghadirkan performa yang kencang, chipset ini juga memiliki efisiensi daya yang lebih baik. Prosesor delapan inti yang tertanam pada pada smartphone ini terdiri dari dua inti Cortex-A76 berkinerja tinggi dengan kecepatan hingga 2.05 GHz dan enam inti Cortex-A55 yang efisien dengan kecepatan hingga 2 GHz. Ditemani oleh chip grafis Mali-G76GPU berkecepatan 900 MHz, chipset ini mampu menghadirkan pengalaman permainan yang mulus dan lancar. Skor AnTuTu Benchmark-nya pun tembus hingga 300.000. Dilengkapi dengan RAM sebesar 8 GB dan memori internal seluas 128 GB, tidak ada alasan buat kamu tidak bisa melakukan multitasking ataupun menyimpan banyak file pada smartphone ini. Sama seperti saudaranya, realme Narzo 20 Pro juga memiliki sebuah slot kartu microSD yang dapat dipasangkan bersamaan dengan dua kartu SIM berjenis nano.


bodi fisik realme narzo 20 pro
Gambar dari dokumen realme.


Untuk kapasitas baterai, realme Narzo 20 Pro memang memiliki kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Narzo 20. Ya, smartphone ini "hanya" ditunjang oleh baterai berdaya 4.500 mAh. Kapasitas tersebut sebenarnya juga tidak bisa dibilang kecil, sebab penulis yakin kamu tetap bisa menggunakan smartphone ini selama seharian penuh dengan pola pemakaian ringan - menengah. Fitur pengisian daya cepat yang ada pada smartphone inilah yang menjadi pembeda dengan pada pesaingnya di kelas harga yang sama. Diperkuat oleh 65 W SuperDart Charge, kamu bisa mengisi baterai Narzo 20 Pro dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 38 menit saja. Saat digunakan sembari bermain game kelas AAA, fitur ini juga bisa mengisi daya smartphone ini hingga 47% hanya dalam 30 menit. Tidak hanya sekadar cepat, fitur SuperDart Charge juga memiliki suhu operasional yang rendah, sehingga dapat memperpanjang usia baterai pada smartphone ini.

Di sisi layar, realme Narzo 20 Pro juga mendapatkan upgrade yang signifikan jika dibandingkan dengan saudaranya. Masih memiliki ukuran layar yang sama, yakni 6,5 inci, namun smartphone dilengkapi dengan fitur 90 Hz Ultra Smooth Display. Fitur ini memungkinkan layar dari smartphone ini berjalan dengan refresh rate hingga 90 Hz, sehingga navigasi akan terasa lebih mulus. Selain itu, layar smartphone ini juga memiliki touch sampling rate hingga 120 Hz, membuat kamu lebih mudah untuk melakukan aksi dalam sebuah game. Layar yang hadir dengan rasio 20:9 ini memiliki resolusi FHD+ dengan rasio screen-to-body 90,5% bisa membuatmu lebih nikmat ketika dipakai untuk menikmati konten video ataupun bermain game.

Di sektor kamera, realme Narzo 20 Pro memiliki konfigurasi 48 megapiksel AI Quad Camera pada kamera belakang. Konfigurasi tersebut terdiri dari kamera utama 48 megapiksel, kamera sekunder 8 megapiksel dengan lensa ultra-wide hingga 119 derajat, dan dua buah kamera 2 megapiksel yang masing-masing berperan sebagai lensa potret hitam dan putih serta lensa makro. Sedangkan untuk kamera depan, smartphone ini dilengkapi dengan in-display selfie camera 16 megapiksel sensor Sony IMX471 yang mampu untuk mengambil swafoto dengan detil yang sempurna.


banderol realme narzo 20 pro
Gambar dari dokumen realme.


Sama seperti saudaranya, realme Narzo 20 Pro memiliki banderol harga yang sangat terjangkau di kelasnya. Kamu cukup merogoh kocek Rp3.399.000 untuk bisa membawa pulang smartphone ini. Namun khusus pada pagelaran 11.11 Salebration, kamu bisa membawa pulang smartphone ini dengan harga spesial hanya Rp3.199.000. Kamu bisa memilih satu diantara dua pilihan warna yang tersedia, yakni White Knight ataupun Black Ninja. Dengan harganya tersebut, tidak heran jika Realme Narzo 20 Pro menjadi "Best Value for Money Smartphone" untuk sebuah gaming smartphone di kelas harga tiga jutaan.

Penulis sudah menyebutkan sebelumnya jika kedua smartphone Narzo 20 Series ini akan bisa dibeli pada pagelaran Realme 11.11 Salebration. Sebenarnya, acara apa sih itu? Jadi, 11.11 Salebration ini adalah sebuah apresiasi untuk merayakan 50 juta pengguna secara global dengan realme Narzo 20 Series, sejumlah perangkat AIoT, dan perangkat realme lainnya. Pagelaran ini akan menjadi sebuah hari besar buat para realme Fans untuk bisa mendapatkan produk tech trendsetter terbaik dari realme dengan harga terbaik. Nikmati diskon hingga 50% serta voucher belanja senilai total satu juta rupiah.


diskon 11.11 realme
Gambar dari dokumen realme.


Ingin mengetahui spesifikasi teknis lengkap dari realme Narzo 20 dan Narzo 20 Pro? Cek tabel di bawah ini ya, gadgeteers!

Nama Produkrealme Narzo 20
ChipsetMediaTek Helio G85 dengan prosesor delapan inti
(2 x 2.0 GHz Cortex-A75 dan 6 x 1.8 GHz Cortex-A55)
Chip GrafisMali-G52 MC2
Memori RAM4 GB
Media Penyimpanan64 GB eMMC 5.1
Tersedia slot microSD
Sistem OperasiAndroid 10 dengan antarmuka Realme UI
Layar6,5 inci IPS LCD, 720 x 1.600 piksel (HD+),
rasio 20:9, Corning Gorilla Glass 3
Kamera BelakangKamera utama: 48 megapiksel dengan lensa wide, f/1.8, 0.8 µm, PDAF
Kamera sekunder: 8 megapiksel dengan lens ultra-wide, f/2.3, lebar 119 derajat, 1.12µm
Kamera tersier: 2 megapiksel dengan lensa makro, f/2.4
Kamera Depan8 megapiksel dengan f/2.0, 1.12µm
Konektivitas FisikUSB-C 2.0, 3,5 mm audio jack
Konektivitas Nirkabel4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0 dengan A2DP, LE, dan aptX HD, A-GPS, GLONASS, 2x kartu SIM nano
AudioSpeaker tunggal menghadap ke bawah
BateraiLi-Po 6.000 mAh dengan kemampuan pengisian daya cepat
hingga 18 W
Dimensi (P x L x T)164,5 x 75,9 x 9,8 mm (P x L x T)
Bobot208 g
Varian WarnaGlory Silver, Victory Blue

Nama Produkrealme Narzo 20 Pro
ChipsetMediaTek Helio G95 dengan prosesor delapan inti
(2 x 2.05 GHz Cortex-A76 dan 6 x 2.0 GHz Cortex-A55)
Chip GrafisMali-G76 MC4
Memori RAM8 GB
Media Penyimpanan128 GB UFS 2.1
Tersedia slot microSD
Sistem OperasiAndroid 10 dengan antarmuka Realme UI
Layar6,5 inci IPS LCD, 1.080 x 2.400 piksel (FHD+),
rasio 20:9, refresh rate 90 Hz, Corning Gorilla Glass 3
Kamera BelakangKamera utama: 48 megapiksel dengan lensa wide, f/1.8,
0.8µm, PDAF
Kamera sekunder: 8 megapiksel dengan lens ultra-wide, f/2.3, lebar 119 derajat, 1.12µm
Kamera tersier: 2 megapiksel dengan lensa makro, f/2.4
Kamera keempat: 2 megapiksel sebagai sensor kedalaman, f2.4
Kamera Depan16 megapiksel dengan f/2.1, 1.0 µm
Konektivitas FisikUSB-C 2.0, 3,5 mm audio jack
Konektivitas Nirkabel4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0 dengan A2DP, LE, dan aptX HD, A-GPS, GLONASS, 2x kartu SIM nano
AudioSpeaker tunggal menghadap ke bawah
BateraiLi-Po 4.500 mAh dengan kemampuan pengisian daya cepat
hingga 65 W
Dimensi (P x L x T)162,3 x 75,4 x 9,4 mm (P x L x T)
Bobot191 g
Varian WarnaWhite Knight, Black Ninja





Komentar

Postingan populer dari blog ini

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.