Langsung ke konten utama

Review ASUS ROG Zephyrus G14: Tampil Keren dengan AniMe Matrix

Pasar gaming laptop di Indonesia memang tidak ada habisnya. Segmen yang banyak digemari oleh tidak hanya para gamer, tapi juga para pembuat konten kreatif ini sangat ramai dan penuh persaingan. ASUS yang sudah terkenal sejak lama dengan jajaran Republic of Gamers (ROG) ini pun tidak tinggal diam dalam menjawab permintaan pasar. Dengan ketatnya persaingan di pasar gaming laptop, merek asal Taiwan ini pun mencoba untuk menawarkan sesuai yang unik dan berbeda lewat ASUS ROG Zephyrus G14.


review asus rog zephyrus g14

Tidak hanya menawarkan spesifikasi tinggi layaknya sebuah gaming laptop, ASUS ROG Zephyrus G14 ini juga membawa form factor yang lebih ringkas jika dibandingkan dengan gaming laptop kebanyakan. Selain itu, tersedia juga fitur AniMe Matrix, yakni sebuah fitur personalisasi yang mampu menampilkan tulisan maupun gambar melalui kumpulan lampu LED yang terletak di bodi belakang layar. Penulis sendiri sudah memakai laptop yang berkode belakang GA401II ini lebih kurang selama satu bulan untuk bekerja dan bermain game. Seperti apa pengalaman pemakaian penulis? Baca selengkapnya artikel ini hingga selesai!


Fisik

ASUS ROG Zephyrus G14 masih membawa bahasa desain yang mirip dengan pendahulunya. Gaming laptop ini memiliki desain semi elegan dan tidak se-agresif seri TUF maupun ROG lainnya. Hanya kali ini, G14 membawa opsi warna yang lebih kalem dan menawan. Bodinya dibalut dengan campuran warna putih di cover belakang layar serta perak di semua sisi lainnya. Penggunaan warna yang disebut oleh ASUS sebagai Moonlight Silver tersebut membuat gaming laptop ini masih cocok jika dipakai untuk bekerja di kantor karena terlihat profesional.


review asus rog zephyrus g14


Ketika dibuka, penulis disambut dengan layar seluas 14 inci sesuai dengan angka yang terdapat dari nama ROG Zephyrus G14. Layar dengan resolusi Full HD tersebut memiliki refresh rate hingga 120 Hz dan sudah memiliki sertifikasi Pantone-validated. Hal ini membuatnya tidak hanya sangat cocok untuk bermain game, tapi juga mampu menampilkan warna yang lebih akurat bagi para content creator. Bezel yang berada di sisi atas serta samping kiri dan kanan cukup tipis, sedangkan bezel sisi bawahnya terlihat agak tebal karena menyediakan ruang untuk tulisan "ROG ZEPHYRUS". Satu hal yang menurut penulis menjadi kekurangan dari gaming laptop ini adalah absennya webcam. Buat kamu yang membutuhkan webcam untuk video conference, yang saat ini mungkin sering kamu lakukan saat pandemi, maka mau tidak mau harus membeli webcam secara terpisah.

Beralih di bagian bawah layar, penulis menemukan sebuah keyboard yang memiliki tuts dengan model island. Keyboard tersebut dilengkapi dengan teknologi ROG Overstroke yang membuatnya lebih responsif. Dikombinasikan dengan fitur N-Key rollover, keyboard dari ROG Zephyrus G14 ini dapat membaca lebih dari satu ketukan di beberapa tuts untuk respons di dalam game yang lebih cepat dan akurat. Barisan tombol fungsi di bagian atas yang terdiri dari F1 hingga F12 juga dikelompokkan per-empat tuts agar lebih mudah dan intuitif. Tersedia juga backlit berwarna putih yang memiliki tiga tingkat kecerahan, sehingga dapat memudahkanmu jika ingin mengetik ataupun bermain game pada ruangan yang gelap. Di sisi kiri atas dari keyboard, terdapat empat tuts tambahan yang berfungsi untuk menurunkan/menaikkan volume speaker, mematikan mikrofon, serta akses cepat ke aplikasi Armoury Crate. Gaming laptop ini juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang bisa kamu temukan menyatu pada tombol daya yang berada di pojok kiri atas dari keyboard. Pemindai sidik jari tersebut juga sudah terintegrasi dengan Windows Hello, sehingga bisa kamu gunakan untuk membuka kunci layar di halaman log in Windows.


review asus rog zephyrus g14

review asus rog zephyrus g14


Di bawah keyboard, terdapat sebuah touch pad dengan ukuran yang cukup luas. Posisinya sedikit memanjang dari sisi kiri space bar hingga tuts Alt sebelah kanan. Tidak ditemukan tombol fisik pada touch pad ini, namun penulis tetap bisa mengoperasikan klik kiri dan kanan dengan ketukan jari secara mudah. Touch pad ini juga sudah mendukung Windows Precision Driver, sehingga tingkat akurasi dan kemulusan pengunaannya menjadi lebih baik. Sayangnya, fitur NumberPad yang belakangan ini sering dihadirkan pada berbagai lini laptop dari ASUS absen di Zephyrus G14. Padahal, fitur tersebut sangat berguna sekali buat penulis yang memang memanfaatkan numpad untuk mengetik. Pasalnya, dikarenakan ukurannya yang kompak dengan layar 14 inci, sudah pasti tombol numpad tradisional yang biasanya ada di sisi kanan keyboard tidak akan ditemui di sini. Jika saja ASUS menyertakan fitur NumberPad tersebut pada touch pad gaming laptop ini, maka mungkin akan menambah kenyamanan ketika penulis menggunakan laptop ini untuk bekerja.


review asus rog zephyrus g14

review asus rog zephyrus g14


Untuk sebuah gaming laptop berukuran ringkas, ASUS ROG Zephyrus G14 memiliki konektivitas fisik yang cukup lengkap. Di sisi kiri, penulis menemukan sebuah power port, HDMI 2.0b, USB-C 3.2 Gen2 yang mendukung Display Port 1.4 dan Power Delivery, serta 3,5 mm audio jack. Sedangkan di sisi kanan, tersedia sebuah Kensington Lock, dua buah USB-A 3.2 Gen1, serta sebuah USB-C 3.2 Gen2. Sayangnya, penulis tidak menemukan slot kartu memori eksternal seperti SD ataupun microSD. Sangat disayangkan, sebab slot tersebut tentunya akan memudahkan para content creator untuk memindahkan file foto ataupun video dari kamera. Mengingat layarnya yang sudah Pantone-validated, pastinya akan banyak content creator yang akan melirik laptop ini. Namun kamu tidak perlu khawatir berlebihan, sebab kamu bisa menggunakan card reader eksternal yang banyak ditemukan di pasaran. Untuk konektivitas nirkabel, gaming laptop ini sudah dibekali dengan WiFi 6 (Gig+) 802.11ax dari Intel serta Bluetooth 5.0.


review asus rog zephyrus g14

review asus rog zephyrus g14


Salah satu fitur yang menjadi unggulan pada ROG Zephyrus G14 adalah hadirnya AniMe Matrix. Fitur ini memungkinkan penulis untuk menampilkan grafis, animasi, dan berbagai tampilan lainnya pada cover di belakang layar. Terdiri dari 1.215 mini LED yang memiliki 256 tingkatan pencahayaan, penulis dengan mudah bisa mengkostumisasi tampilan yang diinginkan. Tidak hanya itu, AniMe Matrix juga mampu menghadirkan tampilan menyerupai music equalizer yang dapat mensingkronkan sistem audio pada laptop ini.


asus rog zephyrus g14 anime matrix

review asus rog zephyrus g14



Performa

Jajaran ASUS ROG Zephyrus G14 diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen generasi keempat. Untuk tipe GA401II yang dipakai penulis, menggunakan AMD Ryzen 7 4800HS yang terdiri dari delapan inti dan 16 threads. Prosesor tersebut memiliki kecepatan sebesar 2,9 GHz dan dapat di-boost hingga 4,2 GHz ketika diperlukan. Dipadukan dengan memori RAM 8 GB, mengerjakan aktivitas apapun tidak akan menjadi kendala untuk gaming laptop ini. Jika diperlukan (dan penulis sangat menyarankan), tambahlah satu memori RAM 8 GB satu keping lagi agar memori dapat berjalan secara dual channel. Selama pemakaian penulis yang mayoritas menggunakan laptop ini untuk keperluan pekerjaan, seperti mengolah dokumen menggunakan Office, web browsing dengan banyak tab menggunakan Chrome, menikmati konten video di YouTube, memutar musik menggunakan aplikasi Spotify, serta menonton serial favorit pakai aplikasi Netflix, tidak ditemukan adanya lag ataupun kendala yang berarti. Dipakai multitasking dengan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus pun bukan hal yang mustahil.


review asus rog zephyrus g14

review asus rog zephyrus g14

review asus rog zephyrus g14


Sebagai sebuah gaming laptop, tentu Zephyrus G14 memiliki chip grafis yang mumpuni. Pada tipe GA401II yang dipakai penulis, laptop ini diperkuat dengan NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti. Chip grafis berbasis arsitektur Turing tersebut dilengkapi dengan memori 4 GB GDDR6. Bermain game masa kini masih dapat dinikmati dengan pengaturan grafis Medium ke High. Game yang biasa penulis mainkan sendiri, masih lancar untuk dimainkan dengan pengaturan High.

Berikut adalah hasil uji performa yang penulis lakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi synthetic benchmark dan game yang penulis mainkan.

Pengujian Cinebench R20
RUN 13.592
RUN 23.581
RUN 33.556
RUN 43.520
RUN 53.514
RUN 63.490
RUN 73.524
RUN 83.483
RUN 93.358
RUN 103.534

Pengujian 3DMark Fire Strike (Graphics Score)
RUN 110.337
RUN 210.286
RUN 310.292
RUN 410.275
RUN 510.259
RUN 610.291
RUN 710.284
RUN 810.287
RUN 910.282
RUN 1010.294

GameMin FPSMax FPSAvg FPS
DOTA 2
(1.920 x 1.080, Fastest, Exclusive Fullscreen, DX11)
85121105
Counter Strike: Global Offensive
(1.920 x 1.080, All Low, AA Off)
145180167
Genshin Impact (1.920 x 1.080, All High, SMAA, 60 FPS)356259
Assassin's Creed Unity (1.920 x 1.080, Graphics Preset High)2533296
Company of Heroes 2 (1.920 x 1.080, All High)295941

kecepatan ssd asus rog zephyrus g14


Audio

ASUS ROG Zephyrus G14 memiliki konfigurasi quad speakers dengan dua buah speaker berkekuatan 2,5 W serta dua buah tweeter berkekuatan 0,7 W. Selain itu, ASUS juga memberikan fitur Dolby Atmos yang semakin membuat speaker laptop ini semakin membahana. Saat penulis melakukan aktivitas mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain game, memang speaker dari Zephyrus G14 memiliki keluaran suara yang sangat baik. Bass-nya terasa cukup dalam, namun suara vokal tetap terdengar jelas. Hanya saja menurut "kuping panci" penulis, keluaran suara dari laptop ini agak kurang lantang. Namun secara umum, sudah sangat baik.


tweeter asus rog zephyrus g14

tweeter asus rog zephyrus g14


Suhu

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan ketika kita akan membeli sebuah laptop adalah suhu. Bagaimana dengan suhu pada ASUS ROG Zephyrus G14 ini? Penulis mengujinya dengan menjalankan perangkat lunak untuk menambang cryptocoin, yakni NiceHash, untuk dapat melihat suhu maksimal karena perangkat lunak ini mampu untuk mendorong kinerja prosesor dan chip grafis hingga 100% secara konstan. Pengukuran suhu ini menggunakan perangkat lunak HWMonitor. Hasilnya, dalam keadaan idle atau menganggur ataupun ketika sedang melakukan pekerjaan ringan, laptop ini memiliki suhu prosesor di kisaran 51-52 derajat celcius, sedangkan chip grafisnya di kisaran 47-48 derajat celcius. Ketika sudah digunakan dalam keadaan full load atau bekerja penuh, suhu prosesornya meningkat hingga maksimal sekitar 96 derajat celcius, sedangkan chip grafisnya juga naik ke angka maksimal sekitar 88 derajat celcius. Suhu ini memang terbilang tinggi, namun kamu perlu mengetahui, pengujian ini dilakukan dengan membebani prosesor dan chip grafis hingga 100% secara konstan. Pada skenario aktivitas sehari-hari, termasuk gaming, seharusnya beban prosesor dan chip grafis akan lebih rendah dan tentunya menghasilkan suhu yang lebih rendah juga. Perlu diketahui juga, jika penulis menguji suhu ini di ruangan tanpa pendingin udara dengan perkiraaan suhu ruangan sekitar 27-28 derajat celcius.

Suhu ASUS ROG Zephyrus G14IdleLoad
Prosesor AMD Ryzen 7 4800 HS51 - 52 c95 - 96 c
Chip Grafis NVIDIA GTX 1650 Ti47 - 48 c87 - 88 c

Baterai

Untuk daya tahan baterai, penulis menguji ASUS ROG Zephyrus G14 dengan menggunakannya untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Diatur ke pengaturan power di Windows ke "Better Performance", dengan pemakaian browsing internet, mendengarkan lagu dari Spotify, serta mengolah dokumen menggunakan Microsoft Office, serta fitur AniMe Matrix menyala penulis mendapatkan waktu pemakaian hingga sekitar enam jam. Daya tahannya bisa dibilang cukup awet untuk gaming laptop dengan "jeroan" yang kencang ini. Jika kamu ingin bermain game-pun, pastinya kamu akan menyambungkan laptop ini ke power adapter agar mendapatkan performa yang maksimal, dong?

Kesimpulan

ASUS ROG Zephyrus G14 merupakan gaming laptop dengan ukuran ringkas yang paling powerful saat ini. Menawarkan performa yang tinggi berkat penggunaan prosesor AMD Ryzen 4000 series serta chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti, laptop ini sangat nyaman untuk bermain game maupun mendukung produktivitas sehari-hari. Layarnya yang memiliki sertifikasi Pantone-validated pun membuat laptop ini sangat cocok untuk aktivitas content creation. Dengan ukuran yang ringkas dan bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan gaming laptop pada umumnya, ROG Zephyrus G14 ini masih sangat nyaman untuk dipakai oleh kamu yang memiliki mobilitas tinggi.

Namun seperti kata pepatah, tidak ada gading yang tidak retak. ROG Zephyrus G14 pun tidak luput dari beberapa kekurangan. Pertama, absennya webcam pada laptop ini membuatmu harus menambah webcam terpisah. Padahal, webcam sangat dibutuhkan di saat pandemi seperti ini, di mana banyak aktivitas kita dilakukan secara mandiri dari rumah masing-masing dan pastinya banyak melakukan video conference. Kedua, tidak adanya card reader membuatmu juga harus membeli card reader eksternal. Ketiga, penulis menyayangkan di laptop ini fitur NumberPad juga tidak dihadirkan. Padahal, keyboard dari seri E yang harganya lima jutaan saja memiliki fitur ini.

Dengan banderol harga sekitar 22 jutaan, ASUS ROG Zephyrus G14 GA401II bisa kamu pertimbangkan jika menginginkan sebuah gaming laptop yang ringkas, ringan, namun tetap bertenaga. Jika memiliki budget lebih, kamu juga bisa memilih varian GA401 yang diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen 9 4900 HS dan chip grafis GTX 1660 Ti Max-Q atau RTX 2060 Max-Q yang berada di kelas harga 24 - 26 juta rupiah.

Berikut adalah nilai yang penulis berikan untuk masing-masing sektor dari hasil pengujian ASUS ROG Zephyrus G14:

Nilai Uji Pakai ASUS ROG Zephyrus G14
Fisik9
Performa9
Audio8,5
Suhu8
Baterai8
Harga8
Nilai Rata-Rata8,4

Spesifikasi teknis dari ASUS ROG Zephyrus G14 yang diuji pakai oleh penulis bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini:

Nama ProdukASUS ROG Zephyrus G14 GA401II
ProsesorAMD Ryzen 7 4800 HS dengan delapan inti dan 16 threads berkecepatan 2,9 GHz serta boost hingga 4,2 GHz
Chip GrafisNVIDIA GeForce GTX 1650 Ti 4 GB GDDR6
Memori RAM8 GB DDR4-3200 (tersedia satu slot memori kosong)
Media Penyimpanan1 TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
Sistem OperasiWindows 10 Home
LayarIPS-level berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD
(1.920 x 1.080), refresh rate hingga 120 Hz, Anti-Glare,
Pantone-validated
KameraTidak tersedia
Konektivitas Fisik1x 3.5mm Combo Audio Jack
1x HDMI 2.0b
1x USB 3.2 Gen 2 Type-C
2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
1x USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan dukungan Display Port, Power Delivery, dan G-SYNC
Konektivitas NirkabelIntel Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioBuilt-in array microphone
2x 0.7W tweeter
2x 2.5W speaker dengan teknologi smart AMP
Dolby Atmos
Baterai76 WHrs, 4S1P, 4-cell Li-Ion
Dimensi (P x L x T)32,4 x 22 x 1,99 cm (P x L x T)
Bobot1,7 kg
Varian WarnaEclipse Gray, Moonlight White
HargaRp22.999.000
Garansi2 tahun garansi global

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.