Langsung ke konten utama

Review EZVIZ C6N: IP Camera Bikin Rumah Lebih Aman

Keamanan rumah menjadi salah satu faktor penting saat kita tinggal di sebuah daerah. Selain mengandalkan pengamanan yang sudah disediakan oleh lingkungan, seperti petugas keamanan, portal jalanan, ataupun CCTV di jalan, tentu kamu perlu juga untuk meningkatkan keamanan di dalam rumahmu sendiri. Salah satu caranya adalah dengan memasang kamera pengawas berteknologi internet atau yang populer disebut IP camera. Kamera jenis ini sedang digandrungi oleh masyarakat. Sebab, selain harganya yang cukup terjangkau, kamera ini juga bisa dipantau dengan mudah dari mana saja cukup dengan mengandalkan koneksi internet.


indoor ip camera ezviz


EZVIZ sebagai salah satu produsen kamera pengawas dan produk IoT menjadi salah satu merek yang gencar untuk memasarkan produknya di Indonesia. Salah satu produk yang paling laris adalah EZVIZ C6N, sebuah IP camera dalam ruangan yang memiliki banyak fitur. Penulis sendiri sudah menggunakannya sekitar dua minggu. Berikut penulis ceritakan pengalaman menggunakan EZVIZ C6N.

Fisik

EZVIZ C6N memiliki bentuk semi-dome yang agak membulat. Dengan form factor-nya ini, kamera C6N memiliki area pengawasan hingga 360 derajat. Kamera ini memiliki warna dominan putih, dengan sedikit warna hitam di sekitar lensa kamera. C6N mampu melakukan rotasi horizontal hingga 340 derajat, sedangkan rotasi vertikalnya hingga 55 derajat. Idealnya, kamu menempatkan IP camera ini di posisi yang agar tinggi, seperti dinding bagian atas. Namun jika ingin menempatkannya di atas meja ataupun lemari seperti penulis pun tidak masalah. Hanya saja, area pengawasannya mungkin jadi tidak terlalu luas.


infrared ezviz c6n
Lensa kamera EZVIZ C6N ditemani dengan sensor inframerah.


Kamera ini memiliki kemampuan untuk menyimpan file video ke dalam sebuah kartu microSD. Kamu bisa memanfaatkan kartu microSD berkapasitas hingga 256 GB. Untuk dapat mengakses slot-nya, kamu harus memutar lensa kamera ke atas, sebab slot kartu microSD berada di bagian bawah dari lensa kamera tersebut, tepatnya di sebelah tombol Reset. Secara keseluruhan, IP camera berbahan plastik ini terasa solid dan kuat.


tombol reset ezviz c6n
Slot microSD dan tombol reset EZVIZ C6N.

port micro usb ezviz c6n
Port LAN dan microUSB EZVIZ C6N.


Pada paket penjualannya, kamu bisa menemukan satu unit kamera C6N, kabel daya sepanjang 3 meter, power adapter, serta buku panduan.

Fitur

Sebagai sebuah IP camera modern, EZVIZ C6N memiliki fitur yang sangat lengkap di kelasnya. Beberapa diantaranya:

  • Smart Night Vision with Smart IR. Fitur ini memungkinkan C6N untuk menyesuaikan intensitas LED inframerah secara otomatis saat berada di mode malam. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah paparan cahaya berlebih, sehingga detail dari objek maupun orang yang terlihat oleh kamera di malam hari menjadi lebih jelas dan tajam.
  • Zero Blind Spots. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, C6N memiliki area pengawasan hingga 360 derajat. Dengan area yang luas tersebut, kamera ini mampu meminimalisir blind spot yang menjadi kendala pada kamera CCTV konvensional.
  • Smart Tracking. C6N memiliki fitur smart tracking yang bisa mendeteksi perpindahan sebuah objek. Jadi, ketika ada objek bergerak, secara otomatis kamera ini akan mengikuti pergerakannya dan mengirimkan notifikasi serta gambar secara langsung kepada pengguna.
  • Two-Way Communication. Berkomunikasi secara dua arah dengan orang yang ada pada kamera lebih mudah, sebab C6N sudah mendukung fitur tersebut. Kamu bisa berbicara kepada orang yang tertangkap di kamera, dan orang tersebut juga bisa berbicara kepadamu. Hal ini sangat berguna untuk para ibu yang menggunakan kamera ini untuk mengawasi buah hatinya, ataupun pemilik rumah yang ingin berbicara dengan orang yang berkunjung di depan teras rumah.
  • Multiple Storage Solutions. Kamu bisa menyimpan rekaman C6N lebih aman secara luring maupun daring. Kamera ini mendukung kartu microSD hingga kapasitas 256 GB. Sedangkan jika membutuhkan penyimpanan daring, tersedia juga layanan EZVIZ Cloud yang bisa kamu manfaatkan dengan berlangganan bulanan.


Antarmuka

Untuk dapat mengoperasikan EZVIZ C6N, kamu membutuhkan aplikasi EZVIZ yang tersedia secara gratis di Google Play Store atau Apple App Store. Ketika membuka aplikasinya, kita bisa menambahkan keamanan berupa password ataupun biometrik. Penulis sendiri menggunakan pengaman biometrik berupa pindaian sidik jari untuk membuka aplikasi ini. Setelah masuk ke halaman utama, kita akan disuguhkan dengan daftar perangkat EZVIZ yang kita gunakan secara aktif. Karena penulis hanya memiliki satu perangkat saja, maka di halaman ini hanya ada satu perangkat saja yang terdaftar. Cukup lakukan tap untuk memilih perangkat tersebut, maka akan terbuka tampilan selanjutnya.


aplikasi ezviz
Halaman utama aplikasi EZVIZ.


Di tampilan selanjutnya, kamu bisa mengoperasikan kamera ini secara lebih komperhensif. Ada enam opsi menu yang bisa kamu pilih:
  • Video History adalah tempat di mana kamu bisa melihat hasil rekaman kameramu. Fitur ini hanya aktif jika kamu pernah melakukan perekaman kamera dan disimpan ke dalam microSD maupun EZVIZ Cloud/CloudPlay.
  • Snapshot merupakan menu untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) dari gambar yang sedang tertangkap oleh kamera.
  • Record adalah menu yang bisa kamu pilih jika ingin merekam gambar yang sedang ditangkap oleh kamera. Hasil rekamannya bisa kamu lihat pada Video History.
  • Pan/Tilt merupakan menu untuk mengontrol kamera pada C6N. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menggerakkan kamera ini secara horizontal hingga 340 derajat dan vertikal hingga 55 derajat.
  • Speak adalah fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk berkomunikasi secara dua arah dengan orang yang ada di depan kamera.
  • Definition menampilkan pilihan resolusi yang ingin ditampilkan dari gambar yang ditangkap oleh kamera, di mana ada tiga pilihan: Ultra HD, Hi-Def, dan Standard.

aplikasi ezviz
Opsi menu di dalam daftar kamera aplikasi EZVIZ.


Kesimpulan

EZVIZ C6N merupakan sebuah IP camera yang memiliki fitur lengkap di kelas harganya. Mulai dari mode pengawasan malam hari dengan gambar yang lebih jelas, memiliki area pengawasan hingga 360 derajat, hingga dapat mengikuti objek yang bergerak. Dengan banderol harga resmi Rp429.000, kamu sudah bisa mendapatkan kamera pengawas berbasis internet yang serba bisa. Jika dinilai, maka penulis memberikan EZVIZ C6N dengan nilai sebagai berikut:

Nilai Uji Pakai EZVIZ C6N
Fisik8
Fitur9
Antarmuka9
Harga8
Nilai Rata-Rata8,5

Jika tertarik untuk membeli EZVIZ C6N, kamu bisa membelinya di EZVIZ Official Store yang ada di Tokopedia untuk jaminan keaslian produk dan harga terbaik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.