Langsung ke konten utama

Qualcomm Beberkan Hasil Benchmark Resmi Snapdragon 888

Setelah mengumumkan chipset kelas flagship Snapdragon 888 pada 1 Desember lalu, Qualcomm akhirnya membeberkan hasil pengujian benchmark untuk chipset terbarunya itu. Dilansir dari GSMArena, pengujian ini dilakukan dengan menggunakan perangkat khusus referensi Qualcomm yang diperkuat oleh chipset Snapdragon 888 dan dikombinasikan dengan RAM 12 GB LPDDR5, internal storage seluas 512 GB UFS 3.0, dan layar seluas 6,65 inci beresolusi Full HD dengan refresh rate 120 Hz. Tiap pengujian dilakukan sebanyak tiga kali agar tim penguji bisa mendapatkan nilai rata-rata yang lebih akurat dan dijalankan dengan pengaturan standar dari perangkat referensi tersebut.


benchmark snapdragon 888
Gambar dari gsmarena.com.


Beberapa aplikasi benchmark yang digunakan oleh Qualcomm untuk menguji Snapdragon 888 antara lain: AnTuTu, Geekbench, GFXBench, Ludashi AiMark, AITuTu, MLPerf, dan UL Procyon. Untuk tabel hasil dari pengujiannya, bisa kamu lihat pada gambar di atas.

Dimulai dari AnTuTu (versi yang digunakan 8.3.4), di mana Snapdragon 888 berhasil mencetak nilai rata-rata di 753.439 yang menjadi rekor terbaru di ranah perangkat Android. Saat ini, perangkat yang sudah dijual secara resmi ke publik dengan nilai AnTuTu tertinggi adalah Huawei Mate 40 Pro+ yang memiliki nilai 698.654, sedangkan dari keluarga Snapdragon sendiri ada Xiaomi Mi 10 Ultra yang memiliki nilai 671.045. Artinya, terdapat peningkatan nilai AnTuTu dari Snapdragon 865 ke 888 sebanyak lebih kurang 12,2%.

Lanjut ke Geekbench (versi yang digunakan 5.0.2), di mana chipset terbaru ini mampu mencetak nilai hingga 1.135 untuk pengujian single-core dan 3.794 untuk pengujian multi-core. Hasil ini terlihat lebih jauh perbedaannya dibandingkan dengan pengujian AnTuTu. Sebab, Snapdragon 865 sendiri sebelumnya hanya berhasil mencetak nilai sekitar 900 untuk pengujian single-core dan 3.400 untuk pengujian multi-core. Artinya, terdapat peningkatan performa hingga 20% untuk pengujian single-core dan 10% untuk pengujian multi-core.


Benchmark populer yang terakhir, yakni GFXBench, memperlihatkan kemampuan dari Adreno 660 sebagai chip grafis andalan milik Snapdragon 888. Pada pengujian dalam mode Aztec Ruin Fulcan, chip grafis ini mampu mencetak nilai rata-rata 86 FPS. Sedangkan pada mode Manhattan 3.0, terlihat nilainya berada di rata-rata 169 FPS. Kedua pengujian tersebut dijalankan dalam resolusi 1080p offscreen. Sebagai perbandingan, chip Adreno 650 pada Snapdragon 865+ memiliki nilai 133 FPS pada Manhattan 3.0 di pengujian ROG Phone 3 yang dilakukan oleh tim GSMArena.

Melihat dari hasil benchmark resmi Snapdragon 888 ini, nampaknya Qualcomm cukup yakin mereka tetap dapat bersaing dengan kompetitornya seperti Samsung dengan Exynos, Huawei dengan Kirin, dan MediaTek dengan Helio. Selain performa mentah, chipset racikan Qualcomm juga terkenal akan optimalisasinya yang lebih baik jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Rasanya tidak sabar melihat kiprah dari 888 di ponsel pintar flagship di tahun 2021 mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.