Langsung ke konten utama

Mozilla Luncurkan Firefox versi 84, Bawa Dukungan Apple Silicon untuk macOS

Mozilla baru saja meluncurkan Firefox versi 84 untuk Windows, macOS, dan Linux. Dari peluncuran ini, tersedia kabar menggembirakan untuk para pengguna versi macOS yang saat ini menggunakan laptop berbasis Apple Silicon. Firefox versi 84 sudah mendukung chip tersebut secara native, membuatnya jadi browser ketiga setelah Safari dan Chrome yang mengeluarkan dukungan tersebut. 



mozilla firefox macos
Gambar dari mozilla.org.


Artinya, mulai dari versi ini Firefox untuk macOS sudah mendukung chip berbasis Intel x86 dan ARM yang diwakili dengan Apple Silicon, termasuk chipset M1 yang saat ini sudah hadir dan chip lainnya yang akan hadir. Meskipun versi 83 dan sebelumnya masih bisa berjalan pada perangkat yang menggunakan Apple Silicon, namun aplikasi tersebut berjalan menggunakan emulasi melalui Rosetta, di mana versi 84 dan seterusnya akan berjalan secara native. Oleh sebab itu, maka Mozilla dapat mengoptimalkan performa Firefox dengan arsitektur dan kekuatan dari chip M1. Mereka mengklaim jika versi 84 memiliki kecepatan buka 2,5 kali lebih cepat dan web app 2 kali lebih responsif jika dibandingkan versi 83.


Proses update menuju Firefox versi 84 masih sama dengan sebelumnya. Pengguna cukup membuka opsi Menu --> Help --> About Firefox. Di dalam opsi tersebut, pengguna akan mendapatkan notifikasi update ke versi 84. Setelah proses update selesai, pengguna cukup menyalakan ulang Firefox dan secara otomatis sudah ter-update. Jika pengguna ingin mengkonfirmasi apakah Firefox yang dimiliki sudah berjalan secara native untuk Apple Silicon, pengguna cukup ketik "about:support" (tanpa tanda petik) pada address bar dan nantinya pengguna akan mendapatkan informasi yang bertuliskan Rosseta = "false". Alternatifnya, pengguna juga bisa melihat pada Activity Monitor apakah Firefox terlihat sebagai "Apple" atau "Intel" pada tab Architecture.


Baca juga: 5 Alasan Mengapa Xiaomi Mi 10T Pro Layak Jadi Raja di Kelas Flagship Killer


Untuk ubahan yang ada di Firefox versi 84, kali ini Mozilla memasukkan dukungan WebRender untuk perangkat macOS, Intel Gen 6 GPU untuk perangkat Windows, serta laptop Intel yang masih menjalankan Windows 7 dan 8. Selain itu, versi ini juga membawa accelerated rendering pipeline untuk pengguna Linux/GNOME/X11 serta teknik modern untuk mengalokasikan shared memory di Linux. Hal ini berdampak pada peningkatan performa dan kompatibilitas dengan Docker.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.