Langsung ke konten utama

Review ASUS TUF Gaming A15: Performa Kuat Fitur Lengkap

Berbicara mengenai gaming laptop, mungkin merek ASUS dengan jajaran Republic of Gamers atau biasa disingkat ROG menjadi top of mind di kepala kita. Namun sebenarnya, jenama asal Taiwan ini memiliki jajaran gaming laptop lain yang tidak kalah menarik. Jajaran The Ultimate Force, atau biasa disingkat dengan TUF, adalah jagoan lain dari ASUS untuk produk gaming laptop. Yang membedakannya dari ROG, jajaran TUF memiliki banderol harga yang lebih terjangkau karena ditujukan untuk pasar gamer kelas pemula ataupun gamer kasual.


review asus tuf gaming a15


Kali ini, penulis berkesempatan untuk menjajal ASUS seri TUF terbaru. Produk yang memiliki nama lengkap ASUS TUF Gaming A15 FX506IV ini membawa spesifikasi tinggi dengan performa kuat. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan prosesor AMD Ryzen 4800 HS dan chip grafis NVIDIA RTX 2060. Tidak hanya jeroan-nya saja yang menggoda, fitur dari gaming laptop ini juga terbilang lengkap. Salah satunya adalah kehadiran layar yang memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar dengan refresh rate tinggi hingga 144 Hz! Lalu, seperti apa pengalaman penulis menggunakan gaming laptop ini untuk bekerja dan bermain game selama lebih kurang dua minggu? Yuk baca selengkapnya artikel ini hingga selesai!

Fisik

ASUS TUF Gaming A15 memiliki bahasa desain yang serupa dengan seri TUF Gaming lainnya. Seperti lazimnya gaming laptop, A15 memiliki desain yang cukup agresif dengan perpaduan warna bodi abu-abu dengan finishing yang terlihat seperti aluminium. Padahal, laptop ini menggunakan bahan dasar plastik polikarbonat. Pada cover sisi luar yang berada di belakang layar, terlihat ornamen menyerupai sekrup yang berada di tiap sudut. Sedangkan di tengah, terlihat logo TUF Gaming yang menambah kesan "garang" dari laptop ini.


review asus tuf gaming a15


Saat pertama kali membuka cover tersebut, penulis disuguhkan layar seluas 15 inci yang sangat lapang. Layar tersebut memiliki resolusi hingga Full HD serta refresh rate hingga 144 Hz. Dengan refresh rate yang tinggi tersebut, gaming laptop ini sepertinya siap menyuguhkan tampilan dalam game yang lebih mulus. Bezel yang berada di sisi atas serta samping kiri dan kanan cukup tipis, sedangkan bezel bawahnya terlihat agak tebal karena terdapat logo ASUS. Namun berbeda dengan ROG Zephyrus G14 yang tidak memiliki webcam, TUF Gaming A15 masih memilikinya dengan kemampuan untuk mengambil gambar beresolusi 720p.

Beralih ke bagian bawah layar, penulis mendapatkan sebuah keyboard berukuran penuh yang memiliki tuts dengan model island. Keyboard ini juga dilengkapi dengan teknologi Overstroke yang membuatnya lebih responsif ketika digunakan. Namun tidak seperti jajaran ROG yang dilengkapi dengan fitur N-Key rollover, keyboard pada TUF Gaming A15 tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Namun hal ini bukan merupakan masalah yang berarti, sebab penulis sendiri sudah mencoba dan keyboard ini masih mampu membaca hingga 7-8 tuts secara bersamaan dan akurat. Oh ya, keyboard dari gaming laptop ini juga dilengkapi dengan backlit RGB, lho! Namun, sayangnya penulis hanya bisa memilih satu warna saja yang dapat ditampilkan secara keseluruhan. Satu lagi, tombol daya pada laptop ini berada di tempat yang terpisah dari keyboard, sehingga seharusnya kamu tidak akan menemukan insiden "salah pencet" seperti yang sering terjadi pada laptop yang menempatkan tombol dayanya menyatu dengan tuts lainnya pada ujung kanan atas keyboard.


review asus tuf gaming a15

review asus tuf gaming a15

review asus tuf gaming a15


Di bawah keyboard, terdapat sebuah touch pad berukuran cukup besar. Posisinya sedikit memanjang dari sisi kiri space bar hingga tuts FN sebelah kanan. Ada dua tombol fisik pada touch pad ini yang dapat digunakan untuk melakukan klik kiri dan kanan. Menurut penulis, feel dari kedua tombol fisik tersebut cukup enak dan clicky. Selain menggunakan tombol fisik tersebut, kamu juga tetap bisa melakukan tap pada touch pad untuk klik kiri dan kanan. Tidak lupa, touch pad ini juga sudah mendukung Windows Precision Driver, sehingga tingkat akurasi dan kemulusan penggunaannya menjadi lebih baik.

Menjadi sebuah gaming laptop dengan layar 15 inci, ASUS TUF Gaming A15 tentunya juga memiliki beragam konektivitas fisik yang lengkap. Di sisi kiri, kamu bisa menemukan sebuah power port, sebuah RJ-45 LAN port, sebuah HDMI 2.0b, dua buah USB-A 3.2 Gen 1, sebuah USB-C 3.2 Gen 2 dengan dukungan DP 1.4, serta combo audio jack. Sedangkan di sisi kanan, kamu bisa menemukan sebuah USB-A 2.0 dan sebuah Kensington lock. Sayangnya, slot kartu memori eksternal untuk dukungan kartu SD maupun microSD absen di laptop ini. Untuk konektivitas nirkabel, laptop ini dibekali dengan WiFi 5 802.11ac 2x2 dan Bluetooth 5.0.


review asus tuf gaming a15

review asus tuf gaming a15

review asus tuf gaming a15


Performa

ASUS TUF Gaming A15 diperkuat oleh salah satu prosesor AMD Ryzen generasi keempat seri tujuh tercepat saat ini. Untuk tipe FX506IV yang dipakai oleh penulis, gaming laptop ini dipersenjatai dengan AMD Ryzen 7 4800 H yang terdiri dari delapan inti dan 16 threads. Prosesor ini memiliki kecepatan standar di 2,9 GHz yang dapat ditingkatkan hingga 4,2 GHz ketika dibutuhkan. Dipadukan dengan memori 16 GB yang berjalan pada konfigurasi dual channel, A15 mampu mengeluarkan performa prosesor Ryzen secara maksimal. Mengerjakan aktivitas apapun di gaming laptop ini, baik untuk bekerja sehari-hari, menikmati konten hiburan, hingga bermain game terbilang sangat lancar tanpa kendala. Penulis sendiri seringkali melakukan multitasking saat bekerja dengan membuka banyak aplikasi. Selama penggunaan, penulis tidak menemukan adanya lag ataupun kendala yang berarti.


review asus tuf gaming a15

review asus tuf gaming a15

review asus tuf gaming a15


Sebagai sebuah gaming laptop, ASUS TUF Gaming A15 diperkuat oleh chip grafis yang sangat mumpuni. Pada tipe FX506IV yang dipakai oleh penulis, laptop ini diperkuat dengan NVIDIA GeForce RTX 2060. Chip grafis yang sudah masuk ke dalam kasta kelas premium tersebut memiliki VRAM sebesar 6 GB GDDR6 dan memiliki GPU clock standar di angka 1.105 MHz. Ketika dibutuhkan, GPU clock tersebut dapat ditingkatkan hingga 1.450 MHz. Bermain game masa kini dapat dinikmati dengan pengaturan grafis High. Bahkan kamu bisa menyalakan fitur Real-Time Ray Tracing untuk dapat menikmati efek pencahayaan yang lebih realistis di dalam game, jika game yang kamu mainkan mendukung fitur ini. Sayangnya, penulis tidak memiliki game tersebut.

Di sektor media penyimpanan internal, gaming laptop ini dibekali dengan sebuah SSD berjenis PCIe Gen3 M.2 NVMe berkapasitas 512 GB. Dengan penggunaan SSD, pengoperasian berbagai aplikasi, membuka tutup data, hingga kecepatan loading di dalam game menjadi lebih cepat. ASUS bahkan menyediakan sebuah slot M.2 NVMe tambahan jika kamu berencana untuk menambahkan SSD lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan sebuah slot SATA 3 2,5 inci yang dapat kamu manfaatkan untuk menambahkan sebuah SSD SATA ataupun HDD. Pilihan untuk menambah kapasitas media penyimpanan internal yang berlimpah ini menjadikannya nilai plus yang patut dibanggakan.

Berikut adalah hasil uji performa yang penulis lakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi synhetic benchmark dan game yang penulis mainkan.


Pengujian Cinebench R20
RUN 14.002
RUN 24.117
RUN 34.026
RUN 44.119
RUN 54.121
RUN 63.892
RUN 73.783
RUN 84.129
RUN 93.884
RUN 103.704
Pengujian 3DMark Fire Strike (Graphics Score)
RUN 116.725
RUN 216.662
RUN 316.624
RUN 416.567
RUN 516.572
RUN 616.686
RUN 716.628
RUN 816.556
RUN 916.573
RUN 1016.554

GameMin FPSMax FPSAvg FPS
DOTA 2
(1.920 x 1.080, Fastest, Exclusive Fullscreen, DX11)
92121109
Counter Strike: Global Offensive
(1.920 x 1.080, All Low, AA Off)
5621598
Genshin Impact (1.920 x 1.080, All High, SMAA, 60 FPS)476260
Assassin's Creed Unity (1.920 x 1.080, Graphics Preset High)4520298
Company of Heroes 2 (1.920 x 1.080, All High)399459

review asus tuf gaming a15



Audio

ASUS TUF Gaming A15 memiliki dua speaker yang ditingkatkan dengan desain empat cut-out. Desain tersebut diklaim dapat memompa 1,8x lebih banyak suara dengan 2,7x bass yang lebih dalam jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Saat penulis melakukan aktivitas mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain game, speaker dari gaming laptop ini memang memiliki keluaran suara yang cukup menggelegar. Bass-nya terasa cukup menendang, suara vokal masih jelas terdengar, serta volume suaranya pun cukup lantang. Jika kamu menikmati hiburan di dalam kamar, mungkin kamu akan sangat menikmati sistem audio dari A15 ini. Apalagi ASUS juga sudah membenamkan teknologi DTS:X Ultra yang mampu memberikan suara virtual surround 7.1 yang membuat pengalaman bermain game semakin imersif. Tersedia delapan mode audio yang bisa kamu pilih, namun ada tiga mode yang telah dioptimalkan untuk gamingstrategy, RPG, serta shooter.

Suhu

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan ketika kita akan membeli sebuah laptop adalah suhu. Bagaimana dengan suhu pada ASUS TUF Gaming A15 ini? Penulis mengujinya dengan menjalankan perangkat lunak untuk menambang cryptocoin, yakni NiceHash, untuk dapat melihat suhu maksimal karena perangkat lunak ini mampu untuk mendorong kinerja prosesor dan chip grafis hingga 100% secara konstan. Pengukuran suhu ini menggunakan perangkat lunak HWMonitor. Hasilnya, dalam keadaan idle atau menganggur ataupun ketika sedang melakukan pekerjaan ringan, laptop ini memiliki suhu prosesor di kisaran 42-43 derajat celcius, sedangkan chip grafisnya di kisaran 41-42 derajat celcius. Ketika sudah digunakan dalam keadaan full load atau bekerja penuh, suhu prosesornya meningkat hingga maksimal sekitar 95 derajat celcius, sedangkan chip grafisnya juga naik ke angka maksimal sekitar 86 derajat celcius. Suhu ini memang terbilang tinggi, namun kamu perlu mengetahui, pengujian ini dilakukan dengan membebani prosesor dan chip grafis hingga 100% secara konstan. Pada skenario aktivitas sehari-hari, termasuk gaming, seharusnya beban prosesor dan chip grafis akan lebih rendah dan tentunya menghasilkan suhu yang lebih rendah juga.


Suhu ASUS TUF Gaming A15 FX506IVIdleLoad
Prosesor AMD Ryzen 7 4800 H42 - 43 c94 - 95 c
Chip Grafis NVIDIA RTX 206041 - 42 c85 - 86 c


Baterai

Untuk daya tahan baterai, penulis menguji ASUS TUF Gaming A15 dengan menggunakannya untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Diatur ke pengaturan power di Windows ke "Better Performance", dengan pemakaian browsing internet, mendengarkan lagu dari Spotify, sesekali menonton video di YouTube, serta mengolah dokumen menggunakan Microsoft Office dengan tingkat kecerahan layar di 100%, penulis mendapatkan waktu pemakaian hingga sekitar lima jam. Daya tahan baterai memang bukan menjadi poin unggulan pada gaming laptop. Sebab, jika kamu ingin bermain game-pun, pastinya kamu akan menyambungkan laptop ini ke power adapter agar mendapatkan performa yang maksimal, dong?


Kesimpulan

ASUS TUF Gaming A15 merupakan sebuah gaming laptop dengan "jeroan" kelas atas yang memiliki banderol harga terjangkau. Laptop ini siap menawarkan performa yang tinggi dan stabil berkat penggunaan prosesor AMD Ryzen 7 4800 H yang dipadukan dengan chip gragis NVIDIA GeForce RTX 2060. Kombinasi antara keduanya tersebut, dibarengi dengan pemakaian memori RAM sebesar 16 GB yang berjalan dengan konfigurasi dual-channel, rasanya kamu bisa mengandalkan laptop ini untuk digunakan baik untuk bekerja maupun untuk bermain.

Seperti halnya produk elektronik, A15 juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu kamu ketahui. Pertama, absennya slot kartu memori eksternal untuk kartu SD maupun microSD membuatmu harus memiliki perangkat tambahan jika dibutuhkan. Kedua, meskipun layarnya sudah memiliki refresh rate hingga 144 Hz, namun penulis merasa warna yang ditampilkan oleh laptop ini agak pucat pada pengaturan standarnya.

Kamu bisa menebus ASUS TUF Gaming A15 dengan spesifikasi yang mirip penulis pakai serharga 20 jutaan saja. Namun perlu digaris bawahi, penulis bilang mirip sebab TUF Gaming A15 yang ada dipasaran dengan konfigurasi AMD Ryzen 7 4800H dan NVIDIA GeForce RTX 2060 sejatinya hanya menggunakan memori RAM 8 GB sebanyak satu keping. Sedangkan yang penulis uji, laptop-nya sudah di upgrade dengan menambahkan satu keping RAM 8 GB tambahan. Jika membutuhkan varian yang lebih bertenaga, tersedia juga A15 dengan prosesor AMD Ryzen 9 4900H dengan banderol harga sekitar 22 jutaan.

Berikut adalah nilai yang penulis berikan untuk masing-masing sektor dari hasil pengujian ASUS TUF Gaming A15:


Nilai Uji Pakai ASUS TUF Gaming A15
Fisik9
Performa9
Audio9
Suhu8
Baterai8
Harga9
Nilai Rata-Rata8,6


Spesifikasi teknis dari ASUS TUF Gaming A15 yang diuji pakai oleh penulis bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini:


Nama ProdukASUS TUF Gaming A15 FX506IV
ProsesorAMD Ryzen 7 4800 H dengan delapan inti dan 16 threads berkecepatan 2,9 GHz serta boost hingga 4,2 GHz
Chip GrafisNVIDIA GeForce RTX 2060 6 GB GDDR6
Memori RAM16 GB DDR4-3200 (2 x 8 GB)
Media Penyimpanan512 TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
Sistem OperasiWindows 10 Home
LayarIPS-level berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD
(1.920 x 1.080), refresh rate hingga 144 Hz, Anti-Glare
Kamera720p HD Webcam
Konektivitas Fisik1x 3.5mm Combo Audio Jack
1x HDMI 2.0b
1x USB-C 3.2 Gen 2
2x USB-A 3.2 Gen 1
1x USB-A 2.0
1x RJ-45 LAN
Konektivitas NirkabelWiFi 5 (802.11ac 2x2), Bluetooth 5.0
AudioSpeaker stereo dengan dukungan DTS:X Ultra
Baterai48 WHrs, Lithium-polymer
Dimensi (P x L x T)35,9 x 25,6 x 2,49 cm (P x L x T)
Bobot2,3 kg
Varian WarnaFortress Gray
HargaRp20.299.000
Garansi2 tahun garansi global

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.