Langsung ke konten utama

Video Review: ASUS ZenBook UX435EG: Laptop Tipis Bisa Buat Gaming?

Seraya tidak mau beristirahat hingga akhir tahun, ASUS Indonesia baru-baru ini telah memberikan penyegaran pada laptop kelas premium mereka. Ya, kali ini ultrabook premium andalan perusahaan asal Taiwan tersebut, yakni seri ZenBook, hadir kembali dengan ASUS ZenBook UX435EG. Model ini merupakan sebuah penyegaran dari ZenBook UX425 yang sebelumnya sudah diluncurkan terlebih dahulu beberapa waktu yang lalu. Muncul dengan rentang waktu yang tidak lama dari pendahulunya, apa saja yang dibawa oleh UX435EG ini?


preview asus zenbook ux435eg


ASUS ZenBook UX435EG yang ditampilkan sebagai penyegaran dari seri sebelumnya sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core i generasi ke-11. Prosesor yang memiliki kode nama Tiger Lake ini hadir dengan fabrikasi 10 nm dengan empat inti dan delapan thread. Yang istimewa dari prosesor Intel kali ini adalah hadirnya sebuah chip grafis terintegrasi Intel Iris XE, di mana chip grafis ini sudah memiliki 96 execution unit, yang membuatnya lebih bertenaga jika dibandingkan dengan chip grafis generasi sebelumnya yang hanya 64 execution unit. Tidak hanya itu, ASUS juga masih menyematkan chip grafis dedicated NVIDIA GeForce MX450 pada ultrabook ini. Kehadiran dua GPU ini membuatnya sangat menarik untuk dicoba bermain game.

Selain jeroan yang sudah disebutkan, ZenBook UX435EG juga dibekali dengan RAM sebesar 16 GB LPDDR4X dan media penyimpanan SSD 1 TB berjenis M.2 PCIe 3.0 NVMe. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan performa multitasking-nya dengan RAM yang besar tersebut. Penggunaan SSD M.2 PCIe 3.0 NVMe juga pastinya dapat mempersingkat waktu booting Windows ataupun loading saat menjalankan sebuah game dan aplikasi. Untuk layarnya sendiri, laptop ini memiliki layar berukuran 14 inci bejernis IPS-level yang sudah dilengkapi oleh anti-glare dan memiliki 100% sRGB. Dengan  rasio screen-to-body hingga 92%, menjadikan ukuran ini lebih ringkas jika dibandingkan dengan laptop 14 inci lain pada umumnya.

Beralih ke sisi desain, sebenarnya ZenBook UX435EG ini masih membawa garis desain yang sama dari lini ZenBook Classic. Memiliki bodi berbahan alumunium alloy yang membuatnya tampil mewah serta memiliki build quality yang sangat baik. Bahan tersebut dibentuk dengan desain diamond-cut yang sangat presisi, sehingga membuat bodinya terlihat lebih elegan serta memiliki kesan premium yang sangat kental. Salah satu ciri khas dari ZenBook, yaitu desain "Zen" yang melingkar pada bagian belakang layarnya, juga hadir pada UX435EG. Desain ini dibuat melalui proses panjang dengan finishing khusus agar fisik dari laptop ini dapat tampil lebih indah.

Penasaran untuk mengenal lebih jauh ASUS ZenBook UX435EG? Simak selengkapnya video review ASUS ZenBook UX435EG dari rekan penulis, yakni Sebelas Hardware, di bawah ini, ya!




Bagaimana menurut kalian performa dari ASUS ZenBook UX435EG ini? Sampaikan di kolom komentar ya!

Spesifikasi teknis ASUS ZenBook UX435EG dapat kamu lihat pada tabel di bawah ini:

Nama ProdukASUS ZenBook UX435EG
ProsesorIntel Core i7-1165G7 dengan kecepatan standar 2,8 GHz dan
boost clock hingga 4,7 GHz, 12 M Cache
Chip GrafisIntel Iris XE dengan 96 EU
NVIDIA GeForce MX450 2 GB GDDR6
Memori RAM16 GB LPDDR4X (Onboard)
Media Penyimpanan1 TB M.2 PCIe 3.0 NVMe
Sistem OperasiWindows 10 Professional
Layar14 inci IPS-level dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dengan Anti-Glare, 100% sRGB, dan rasio screen-to-body hingga 92%
KameraHD camera dengan inframerah untuk
mendukung Windows Hello
Konektivitas Fisik2 x Thunderbolt 4 USB-C
1 x USB 3.2 Gen 1 USB-A
1 x HDMI 2.0
1 x Audio Combo Jack
Konektivitas NirkabelWiFi 6 802.11ax dan Bluetooth 5.0
AudioDual Speakers dengan sertifikasi Harman Kardon
Baterai3-cell, 63 Wh Li-Ion
Dimensi (P x L x T)31,9 x 19,9 x 1,59 cm
Bobot1,29 kg
Varian WarnaPine Grey
HargaBelum diketahui
Garansi2 tahun garansi global

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.