Langsung ke konten utama

Xiaomi Mi 11 Resmi Meluncur di Tiongkok

Seolah mencuri start sebelum pergantian tahun, Xiaomi baru saja meluncurkan Mi 11 pada Senin (28/12) di Tiongkok. Ponsel pintar flagship tersebut menjadi ponsel pertama yang diluncurkan ke publik menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 888. Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya seri Mi "angka" menggunakan layar dengan resolusi lebih tinggi, yakni QHD+, setelah beberapa waktu masih memanfaatkan layar FHD+. Lalu, apa saja spesifikasi dan fitur lainnya yang dibawa oleh jagoan terbaru dari Tiongkok ini?


flagship terbaru xiaomi
Gambar dari mi.com.


Dari sisi layar, Xiaomi Mi 11 membawa layar seluas 6,81 inci berjenis AMOLED. Seperti yang penulis sebutkan sebelumnya, layar tersebut memiliki resolusi QHD+ dan dilengkapi juga dengan refresh rate hingga 120 Hz. Tidak hanya itu, ponsel ini juga memiliki touch sampling rate hingga 480 Hz untuk kemulusan navigasi yang lebih nyaman. Jika kamu sering menggunakan ponsel di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, tidak perlu khawatir lagi jika menggunakan Mi 11. Sebab, layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan hingga 1.500 nits yang begitu terang. Untuk proteksi, Xiaomi memberikan lapisan pelindung Gorilla Glass Victus terbaru.

Jika melirik "jeroan"-nya, Qualcomm Snapdragon 888 tentu menjadi primadona utama pada Mi 11. Chipset terkencang racikan Qualcomm tersebut dipadukan dengan RAM sebesar 8 GB dan media penyimpanan internal hingga 256 GB. Xiaomi juga menyediakan varian lainnya yang memiliki RAM sebesar 12 GB. Perlu diketahui, ponsel ini tidak memiliki slot microSD. Sehingga jika kamu berminat untuk memilikinya di waktu yang akan datang, penulis menyarankan untuk memilih opsi media penyimpanan yang lebih besar jika memang dipasarkan secara resmi di Indonesia.


smartphone flagship terbaru xiaomi
Gambar dari mi.com.


Beralih ke kamera, Mi 11 masih membawa konfigurasi kamera yang serupa dengan generasi sebelumnya. Menggunakan triple camera untuk kamera belakang yang terdiri dari: kamera primer beresolusi 108 megapiksel dengan lensa 7P, kamera sekunder 13 megapiksel dengan lensa ultra-wide bersudut lebar 123 derajat, dan sebuah kamera tersier 5 megapiksel dengan lensa makro. Melihat dari konfigurasi tersebut, nampaknya hanya kamera berlensa makronya saja yang mendapatkan upgrade, dari yang sebelumnya hanya beresolusi 2 megapiksel pada Mi 10.

Kembali ke sisi depan, kita bisa menemukan sebuah kamera berdesain punch hole di pojok kiri atas. Kamera depan tersebut memiliki resolusi 20 megapiksel. Secara umum, desain tampak depan dari Mi 11 masih sama dengan Mi 11, yakni dengan lengkungan layar di sisi kiri dan kanan yang membuatnya terlihat lebih elegan. Di bawah layar AMOLED tersebut, terdapat sebuah pemindai sidik jari terbaru buatan Goodix. Menurut mereka, pemindai tersebut mendukung fitur pembacaan detak jantung. Namun Xiaomi sendiri tidak memberikan informasi soal ini saat acara peluncuran.


Fitur lainnya yang bisa ditemui pada Mi 11 antara lain: speaker dengan konfigurasi stereo yang telah disetel oleh Harman Kardon, kemampuan Night Mode yang telah ditingkatkan, konektivitas dual 5G, dukungan WiFi 6E, Bluetooth 5.2, dan tentunya tersedia NFC. Saat ini, konsumen di Tiongkok sudah bisa melakukan pemesanan melalui metode pre-order. Rencananya, Xiaomi akan menjual Mi 11 secara bebas pada 1 Januari 2021 mendatang. Ada enam pilihan warna yang bisa dipilih, mulai dari Black, White, Blue, Khaki Vegan Leather, Purple Leather, dan sebuah opsi warna edisi spesial yang menyertakan tanda tangan dari founder Xiaomi, Lei Jun. Belum ada informasi mengenai kapan ponsel ini akan dipasarkan secara global, termasuk Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.