Langsung ke konten utama

Ini Dia Jajaran Gaming Laptop Paling Inovatif dari ASUS ROG di CES 2021

ASUS baru saja mengumumkan jajaran gaming laptop ROG terbaru di ajang CES 2021, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Selasa malam (12/01) waktu setempat. Jajaran tersebut mengusung teknologi dan inovasi terbaru yang dihadirkan dalam sebuah peluncuran virtual bertemakan "For Those Who Dare". Di dalam acara peluncuran tersebut, ASUS memperkenalkan sebuah varian ROG baru, yakni ROG Flow X13 yang merupakan sebuah gaming laptop inovatif yang menggabungkan portabilitas tanpa mengorbankan performa. Selain varian baru tersebut, ASUS juga melakukan refreshment terhadap varian ROG lainnya yang sudah melanglang buana di dalam dunia gaming laptop, seperti ROG Zephyrus Duo dan ROG Strix series.



for those who dare
Gambar dari dokumen ASUS.


ROG Flow X13

Gaming laptop yang satu ini merupakan keluarga baru dari lini ROG. Digadang-gadang sebagai gaming laptop paling inovatif pada pagelaran CES kali ini, ROG Flow X13 diperkuat oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 5980HS yang sangat bertenaga yang dikombinasikan dengan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650. Berkat kombinasi yang efisien tersebut, gaming laptop ini mampu dioperasikan hingga 10 jam menggunakan baterai. Tidak hanya itu, ASUS mendesain ROG Flow X13 dengan bodi yang ringas, ringan, dan sangat portabel. Bahkan untuk pengisian dayanya saja sudah tidak menggunakan power brick standar, sebab ASUS melengkapinya dengan adaptor USB-C khusus dengan daya hingga 100 W. Berkat adaptor tersebut, gaming laptop ini mampu untuk mengisi daya secara cepat. Dari 0 hingga 60%, pengguna cukup mengisinya selama 39 menit saja.


gaming laptop asus rog ces 2021
Gambar dari dokumen ASUS.


Kecanggihan ROG Flow X13 tidak berhenti sampai di situ. Sudah menjadi sebuah pakem jika gaming laptop memiliki form factor clamshell seperti layaknya laptop tradisional. Namun pada X13, ASUS memberikan desain convertible, sehingga layar pada gaming laptop ini dapat diputar hingga 360 derajat. Dengan demikian, X13 tidak hanya berfungsi sebagai gaming laptop, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Layarnya hadir dalam dua pilihan: panel kencang beresolusi Full HD dengan refresh rate hingga 120 Hz, atau panel beresolusi tinggi hingga 4K. Kedua panel tersebut juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass serta mendukung penggunaan stylus. Bahkan, layar dari gaming laptop ini juga sudah mendukung teknologi Adaptive Sync. Jika kamu adalah seorang content creator, maka kamu akan cocok dengan gaming laptop ini, sebab X13 sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated sehingga layarnya memiliki akurasi dan tingkat reproduksi warna yang akurat dan terjamin.

Di sektor audio, ROG Flow X13 diperkuat oleh dua buah speaker berkonfigurasi down-firing. Speaker tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos yang mampu menghadirkan pengalaman audio yang lebih baik untuk bermain game ataupun aktivitas multimedia lainnya. Tidak hanya itu, gaming laptop ini juga dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise Cancellation yang menawarkan proses komunikasi yang lebih baik ketika bermain game ataupun sekadar melakukan video conference call.

Meskipun bodinya ringkas, namun sistem pendingin pada gaming laptop ini tetap dirancang dengan baik oleh ASUS. Menggunakan liquid metal sebagai thermal compound, X13 juga dilengkapi dengan tiga buah heatsink khusus yang mampu melepaskan panas lebih optimal. Didukung juga dengan kipas Arc Flow terbaru yang mampu mengalirkan udara hingga 15% lebih baik dari kipas standar dengan tingkat kebisingan yang sama. Untuk memastikan penggunaan tanpa kendala dalam jangka waktu yang panjang, gaming laptop ini juga dilengkapi dengan fitur self-cleaning thermal module yang memungkinkan debu dan partikel yang berpotensi menyumbat sistem pendingin untuk dapat dibuang melalui terowongan khusus yang telah terintegrasi dengan modul pendingin utama pada gaming laptop ini.


asus rog ces 2021
Gambar dari dokumen ASUS.


Pada kesempatan yang sama, ASUS juga memperkenalkan sebuah perangkat bernama ROG XG Mobile. Perangkat ini adalah sebuah GPU eksternal yang ditenagai chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080 terbaru. Kabar baiknya, ROG Flow X13 merupakan gaming laptop pertama di dunia yang mendukung perangkat ini. Sehingga, ketika pengguna membutuhkan tenaga yang lebih kencang, bisa menyambungkannya ke perangkat ini melalui konektivitas Thunderbolt. Tidak hanya berperan sebagai GPU eksternal, perangkat ini jgua dilengkapi dengan serangkaian I/O untuk memperkaya pengalaman pengguna. Di sini, pengguna bisa menemukan sebuah RJ-45, HDMI, Display Port, hingga USB-A tambahan. Untuk dapat menggunakan perangkat ini, pengguna dapat memanfaatkan sebuah adaptor terintegrasi dengan daya 280 W. Adaptor tersebut juga bisa digunakan untuk mengisi daya X13.

ROG Zephyrus Duo 15 SE

Gaming laptop ini merupakan model terbaru dari Zephyrus Duo yang pernah diperkenalkan pada pertengahan 2020 kemarin. Sesuai dengan namanya, ROG Zephyrus Duo 15 SE memiliki fitur ScreenPad Plus yang menjadi layar kedua terintegrasi yang dilengkapi dengan banyak fungsi untuk menunjang produktivitas dan meningkatkan pengalaman bermain game. Di sisi jeroan, gaming laptop ini sudah diperkuat oleh prosesor terbaru dari AMD, yakni Ryzen 9 5900HX serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080. Sama seperti ROG Flow X13, gaming laptop yang satu ini juga hadir dalam dua pilihan layar: panel Full HD dengan refresh rate hingga 360 Hz yang memiliki color gamut sRGB 100%, atau panel 4K dengan refresh rate hingga 120 Hz yang memiliki color gamut Adobe RGB 100%. Keduany juga sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated untuk memastikan tingkat akurasi warna yang tinggi.


gaming laptop asus rog ces 2021
Gambar dari dokumen ASUS.


Pada sektor sistem pendingin, ROG Zephyrus Duo 15 SE mengandalkan Active Aerodyamic System Plus (AAS+). Sistem pendingin ini membuat bagian ScreenPad Plus di gaming laptop ini terangkat sehingga mampu menghadirkan rongga udara lebih luas untuk sistem pendinginannya. Kipas Arc Flow juga digunakan sebagai pengganti kipas standar untuk menghadirkan aliran udara lebih baik hingga 13%. Tidak hanya itu, ASUS juga melengkapi modul pendingin baru pada gaming laptop ini dengan lima heatpipe serta penggunaan liquid metal thermal compound untuk performa pendinginan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

ROG Strix SCAR 17

Meneruskan tradisi pendahulunya, ROG Strix SCAR 17 kembali hadir sebagai sebuah mesin gaming dengan performa tanpa kompromi. Selain dibekali dengan prosesor hingga AMD Ryzen 9 5900HX dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3080, gaming laptop ini juga menggunakan memori RAM DDR4 3.200 MHz berkapasitas hingga 64 GB sehingga akan lebih bertenaga. Tidak hanya itu, sistem pendinginannya pun mendapatkan peningkatan dengan penggunaan modul pendingin baru yang lebih baik.


gaming laptop asus rog ces 2021
Gambar dari dokumen ASUS.


Didesain sebagai perangkat penunjang aktivitas para esports gamer, gaming laptop ini hadir dengan layar paling kencang di kelasnya. Membawa panel dengan resolusi Full HD yang memiliki refresh rate hinga 360 Hz dan response time hingga 3 ms. Bezel di sekeliling layar juga menjadi lebih tipis agar para gamer dapat merasakan pengalaman bermain yang lebih imersif. Tidak lupa, layar ini juga sudah didukung oleh fitur Adaptive Sync.

Pada sektor audio, ROG Strix SCAR 17 sudah ditenagai oleh sistem audio Dolby Atmos melalui empat speaker yang dapat menghasilkan detail suara serta efek surround sound yang lebih baik. Komunikasi dua arah sangatlah penting bagi para esports gamer, maka dari itu gaming laptop ini juga sudah dibekali dengan fitur Two-Way AI Noise Cancellation yang mampu meredam suara bising di sekitar pengguna. Soal baterai, gaming laptop yang satu ini juga mendapatkan upgrade dengan dibekali sebuah baterai berkapasitas lebih besar, yakni 90 Whrs. Sementara itu, terdapat juga dukungan fitur USB-C Power Delivery sebagai pengganti DC-in, sehingga pengisian daya dari gaming laptop ini dapat menggunakan adaptor yang lebih ringkas.

Selain ketiga gaming laptop di atas, ASUS juga memperkenalkan ROG Citadel XV. Ini merupakan sebuah ekstensi dari seluruh entitas ekosistem perangkat keras dan lunak ROG yang akan memperkaya pengalaman para gamer. Sambil dipandu oleh Omni Robot, gamer akan dapat mengetahui berbagai teknologi dan fitur terbaru pada produk-produk ROG, termasuk teknologi yang sedang dikembangkan. Gamer akan diajak berkeliling ke berbagai tempat, salah satunya adalah laboratorium futuristik yang didesain dari tiga pilar utama desain ROG: Vanguard, Fusion, dan Rebel. Tidak hanya itu, gamer juga dapat menikmati sebuah game ber-genre FPS untuk menguji keterampilan dan kecepatan responnya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.