Langsung ke konten utama

ASUS VivoBook 14 A416: Jawaban dari Segala Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh

Pandemi COVID-19 yang mewabah di dunia telah mengubah aktivitas dan mobilitas masyarakat sehari-hari. Dari yang awalnya para pekerja profesional harus bekerja selama delapan jam di kantor, sekarang sebagian besar harus menyesuaikan untuk bekerja secara remote dari rumah. Aktivitas masyarakat di ruang publik pun dibatasi, bahkan pada beberapa kesempatan diperketat hingga adanya pembatasan jam operasional dari fasilitas umum dan tempat komersil, seperti pusat perbelanjaan, restoran, ataupun minimarket. Sektor pendidikan pun tidak luput dari dampak pandemi ini.


pembelajaran jarak jauh
Gambar oleh Thought Catalog dari unsplash.com.


Sama seperti para pekerja kantoran, pelajar sekolah dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi juga melaksanakan aktivitas belajar mengajar dari rumah. Kegiatan yang seringkali disebut dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini membawa tantangan baru baik dari sisi pelajar maupun dari sisi pengajar. Ada banyak sumber daya yang dibutuhkan agar aktivitas belajar mengajar tetap berjalan secara efektif meskipun mau tidak mau baik para pelajar maupun pengajar melakukannya dari tempat tinggal masing-masing. Dua yang paling dibtuhkan: koneksi internet dan gadget.

Perihal koneksi internet, mungkin tidak menjadi kendala ya bagi sebagian masyarakat. Terutama yang tinggal di kota besar. Coverage dari operator seluler maupun penyedia layanan internet berbasis kabel sudah menjamur. Masyarakat tinggal memilih mana yang cocok dipakai oleh mereka. Sedangkan untuk gadget sendiri, pelajar sebenarnya bisa melakukan aktivitas PJJ menggunakan sebuah ponsel pintar. Namun dengan keterbatasan ukuran layar dan fungsi, rasanya kurang nyaman jika harus melakukan PJJ dengan ponsel pintar. Maka dari itu, penulis rasa para pelajar ini membutuhkan sebuah laptop yang dapat menunjang aktivitas belajar dari rumah.

Memilih laptop untuk anak agar bisa melakukan aktivitas PJJ juga bukan perkara mudah. Selain banyaknya jenis dan model laptop yang beredar di pasaran, kendala dana yang disediakan atau budget untuk membeli laptop pun terbatas. Apalagi, tidak sedikit orang tua yang berpikir "laptop buat anak ngapain yang mahal-mahal dan canggih, mending beli yang murah saja". Memang sih, untuk menunjang aktivitas PJJ seorang pelajar, sebuah laptop kelas entry-level sudah lebih dari cukup. Sebab, aktivitas PJJ hanya menuntut pelajar untuk dapat melakukan tatap muka melalui video conference, membuka Google Classroom, serta mengolah dokumen melalui aplikasi pengolah dokumen seperti Microsoft Office.

Aktivitas PJJ di atas mungkin terlihat cukup ringan. Namun tetap saja kamu sebagai orang tua tidak boleh sembarang memilih laptop. Menurut penulis, ada beberapa kriteria laptop kelas entry-level yang akan nyaman digunakan oleh seorang pelajar untuk menunjang aktivitas PJJ mereka:
  • Minimal menggunakan prosesor dual core dengan arsitektur masa kini.
  • Memiliki RAM sebesar 4 GB (berjenis DDR4) atau lebih.
  • Memiliki media penyimpanan berjenis HDD dengan kapasitas minimal 1 TB atau SSD dengan kapasitas minimal 256 GB.
  • Layar seluas 14 inci agar ruang kerja lebih maksimal.
  • Bodi ringkas dengan bobot yang ringan.

Dengan kriteria tersebut, rasanya ada satu merek yang menawarkan sebuah laptop yang masuk ke dalam kelas entry level (dan memiliki beberapa model kelas midrange juga) yang cocok untuk para pelajar dan masuk ke kantong orang tua. Laptop yang dimaksud adalah ASUS VivoBook 14 A416 series. VivoBook 14 A416 ini merupakan sebuah laptop serba bisa yang cocok digunakan oleh semua kalangan. Penulis akan mencoba untuk menjabarkan satu per satu bagaimana jagoan dari ASUS yang satu ini bisa sesuai dengan kriteria yang penulis tuliskan di atas.


asus vivobook terbaru
Gambar dari dokumen ASUS.


Prosesor hingga Intel Core i5 generasi ke-10

Pada kriteria pertama, penulis mengatakan bahwa syarat dari prosesor yang digunakan adalah minimal menggunakan prosesor dual core dengan arsitektur masa kini. ASUS VivoBook 14 A416 memiliki beberapa varian, mulai dari varian paling terjangkau yang menggunakan Intel Celeron N4020 hingga varian paling tinggi yang menggunakan Intel Core i5-1035G1. Untuk varian Celeron mungkin akan menjadi varian yang paling menarik jika untuk membelikan anak yang membutuhkan laptop sebagai penunjang PJJ. Dengan banderol harga di bawah lima juta rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan sebuah laptop serbaguna yang ditenagai oleh prosesor Celeron dual core yang sudah cukup untuk menunjang kebutuhan anak saat PJJ. Namun jika memiliki budget lebih, kamu bisa memilih varian yang lebih tinggi dengan prosesor Intel Core i3-1005G1 dan Intel Core i5-1035G1 untuk mendapatkan tenaga yang lebih kencang.

Menggunakan RAM sebesar 4 GB DDR4 yang dapat di upgrade

Untuk kriteria kedua ini, ASUS VivoBook 14 A416 sudah memenuhinya. Sebab, semua varian dari laptop ini sudah menggunakan RAM sebesar 4 GB DDR4. Jika membutuhkan memori RAM lebih besar, kamu bisa menambahkan RAM 4 GB DDR4 satu keping lagi untuk dapat dipasang pada satu slot yang tersedia. Dengan begitu, laptop yang kamu miliki ini bisa berjalan dengan konfigurasi RAM dual channel dengan total RAM sebesar 8 GB. Memiliki RAM yang lebih besar, artinya anakmu dapat menggunakan laptop ini untuk multitasking dengan lebih leluasa. Sebab, aktivitas PJJ yang biasanya menuntut pelajar untuk membuka Google Classroom via browser, melakukan video conference untuk pembelajaran tatap muka tidak langsung, serta membuka Microsoft Word untuk mencatat dan mengerjakan tugas ini membutuhkan RAM yang cukup besar. Apalagi jika RAM tersebut berjalan secara dual channel, maka laptop yang digunakan sang buah hati tercinta akan memiliki performa yang lebih baik.


laptop asus vivobook terbaru
Gambar dari dokumen ASUS.


HDD luas hingga 1 TB dan SSD kencang hingga 512 GB

Pada kriteria ketiga, penulis menyebutkan jika sebuah laptop akan lebih nyaman digunakan jika sudah memiliki media penyimpanan berjenis HDD dengan kapasitas minimal 1 TB atau SSD dengan kapasitas minimal 256 GB. ASUS VivoBook 14 A416 sudah memenuhi kriteria ini dengan menawarkan beragam varian media penyimpanan. Di varian paling terjangkau, kamu bisa mendapatkan laptop ini yang sudah dilengkapi dengan HDD sebesar 1 TB. Namun, dengan menambah budget hanya 100 ribu rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan varian dengan media penyimpanan berjenis SSD berkapasitas 256 GB. Pada varian tertinggi, bahkan kamu bisa mendapatkan kombinasi dari dua media penyimpanan tersebut. Penulis sendiri sangat menyarankan agar kamu memilih varian yang memakai SSD, sebab SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih kencang dari HDD. Hal ini tentunya akan menambah kelancaran anakmu saat mengoperasikan laptop ini untuk PJJ.

Layar seluas 14 inci dengan resolusi hingga Full HD dan panel IPS Anti-Glare

Banyak pengguna menganggap sebuah layar pada laptop tidak begitu penting. Terutama bagi pengguna awam yang mungkin memang tidak memerlukan spesifikasi ataupun fungsi yang khusus dari sebuah layar. Padahal, layar sangatlah berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna saat mengoperasikan sebuah laptop. Kriteria dari penulis sendiri adalah layar laptop akan lebih optimal jika berukuran 14 inci, sebab ukuran ini penulis anggap adalah ukuran yang pas untuk menyediakan ruang kerja yang cukup luas. ASUS VivoBook 14 A416 sendiri sudah dilengkapi dengan layar 14 inci dengan resolusi hingga Full HD dan panel IPS Anti-Glare untuk varian tertinggi. Sedangkan untuk varian terjangkaunya, memang masih menggunakan layar berjenis TN dengan resolusi HD. Namun setidaknya sudah memiliki luas 14 inci dan dilengkapi dengan fitur Anti-Glare yang dapat mengurangi pantulan cahaya pada layar. Dengan pantulan yang lebih minim tersebut, anakmu akan lebih nyaman ketika melakukan aktivitas PJJ di dalam ruangan yang biasanya akan terlihat pantulan dari cahaya lampu ruangan.


laptop asus vivobook terbaru
Gambar dari dokumen ASUS.

Bodi ringkas dengan bobot hanya 1,6 kilogram

Satu hal yang tidak kalah penting dalam memilih laptop untuk menunjang aktivitas PJJ adalah ukuran bodi yang ringkas dan bobot yang ringan. ASUS VivoBook 14 A416 tentunya sudah memenuhi kriteria tersebut. Laptop ini berukuran 32,54 x 21,6 cm, sedangkan ketebalannya hanya 1,99 cm di sisi paling tebal. Hal ini membuatnya cukup ringkas untuk laptop dengan layar 14 inci dan mudah untuk disimpan di dalam tas. Sedangkan untuk bobotnya sendiri, laptop ini hanya memiliki berat 1,6 kilogram. Bobot tersebut terbilang cukup ringan sehingga memudahkan anakmu membawa laptop ini ke mana saja ketika sedang ada keperluan di luar rumah.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting

Selain lima kriteria yang sudah penulis jabarkan di atas, ASUS VivoBook 14 A416 memiliki banyak fitur lainnya yang tentunya dapat menunjang aktivitas PJJ sang buah hati tercinta. Salah satunya adalah konektivitas fisik yang cukup lengkap, di mana laptop ini dibekali dengan sebuah port HDMI 1.4, sebuah combo audio jack 3,5 mm, sebuah USB-A 3.2 Gen 1, sebuah USB-C 3.2 Gen 1, dua buah USB-A 2.0, dan sebuah micro SD card reader. Sedangkan untuk konektivitas nirkabelnya, laptop ini sudah dibekali dengan Wi-Fi 5 802.11ac serta Bluetooth 4.1. Di sektor audio, laptop ini dibekali dengan speaker stereo yang dilengkapi dengan SonicMaster dan ICEpower untuk keluaran suara yang lebih baik. Tidak lupa, ASUS juga menyematkan sebuah web camera beresolusi VGA untuk kebutuhan video conference. Jika kamu memilih varian tertinggi dari laptop ini, maka kamu juga akan mendapatkan dua fitur tambahan yang cukup fungsional. Fitur pertama adalah adanya sensor sidik jari yang dapat meningkatkan keamanan pada laptop. Fitur kedua adalah sebuah NumberPad, di mana touch pad pada laptop ini dapat dialihfungsikan menjadi tombol-tombol angka NumPad. Biasanya, NumPad ini akan sangat berguna ketika sering mengetik angka.


laptop asus vivobook terbaru
Gambar dari dokumen ASUS.


Selain fitur-fitur tersebut, ASUS juga merancang VivoBook 14 A416 dengan konstruksi yang tangguh. Beberapa bagian pada laptop ini, seperti pada chassis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. ASUS juga menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD di laptop ini dengan menyediakan sebuah fitur bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya.

Spesifikasi teknis dari ASUS VivoBook 14 A416 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini:

Nama ProdukASUS VivoBook 14 A416
ProsesorIntel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Chip GrafisNVIDIA GeForce MX350
Intel UHD Graphics
Memori RAM4 GB DDR 4 (Onboard)
Tersedia sebuah slot RAM yang dapat diisi dengan RAM DDR4
hingga kapasitas maksimal 8 GB.
Media Penyimpanan1 TB 5400 RPM SATA HDD
256 GB PCIe Gen3 x2 SSD
512 GB PCIe Gen3 x2 SSD
1 TB HDD + 256 GB SSD
Sistem OperasiWindows 10
Layar14.0" (16:9) LED backlit FHD (1.920 x 1.080) IPS Anti-Glare
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1.920 x 1.080) Anti-Glare
14.0" (16:9) LED backlit HD (1.366 x 768) Anti-Glare
KameraVGA Web Camera
Konektivitas Fisik1 x HDMI 1.4
1 x Combo Audio Jack 3.5 mm
1x USB-A 3.2 Gen 1
1x USB-C 3.2 Gen 1
2x USB-A 2.0
microSD card reader
Konektivitas NirkabelWi-Fi 5 802.11ac
Bluetooth 4.1
AudioSpeaker stereo dengan SonicMaster dan ICEpower
Baterai2-cell Li-ion, 37 WHrs, 2S1P
Dimensi (P x L x T)32,54 x 21,6 x 1,99 cm
Bobot1,6 kg
Varian WarnaTransparent Silver
Slate Grey
HargaRp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4 GB / 1 TB HDD)
Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256 GB PCIe SSD)
Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4 GB / 1 TB HDD)
Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4 GB / 512 GB PCIe SSD)
Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4 GB / 256 GB PCIe SSD)
Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4 GB / 512 GB PCIe SSD)
Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4 GB / 1 TB HDD + 256 GB PCIe SSD)
Garansi2 tahun garansi global





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.