Langsung ke konten utama

Laptop HP Masa Kini: Didesain untuk Pekerja Modern dalam Era Baru Mobilitas

Para pelaku bisnis saat ini memiliki ekspektasi yang cukup tinggi terhadap mobilitas. Apalagi semenjak adanya pandemi COVID-19 yang menuntut para pekerja untuk bekerja secara jarak jauh dari rumah. Maka dari itu, mereka mencari solusi yang memungkinkan para pekerja untuk tetap terhubung dan produktif di semua lingkungan kerja, baik itu di rumah, kantor, ataupun ketika sedang berada di perjalanan. Dengan perkembangan kecepatan bisnis yang semakin cepat, kemampuan untuk melakukan banyak tugas atau biasa disebut multitasking telah menjadi syarat bagi para pekerja modern.


Gambar oleh heylagostechie dari unsplash.com.


Aktivitas multitasking yang dilakukan oleh para pekerja bisa bermacam-macam, mulai dari panggilan konferensi video, mengolah dokumen perusahaan, mengirim surel, hingga memproses permintaan data di menit-menit terakhir. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan sebuah platform yang memungkinkan peralihan yang efisien. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Workforce Institute di Kronos, 77% manajer SDM dan bisnis mengutip sistem dan teknologi yang ketinggalan zaman sebagai tantangan manajemen tenaga kerja terbesar mereka.

Seperti yang sudah penulis sebutkan di awal artikel, setelah pademi COVID-19 hadir di kehidupan masyarakat, persyaratan mobilitas untuk laptop modern di tempat kerja menjadi lebih tinggi. Hal ini tentunya disebabkan kebijakan bekerja secara jarak jauh dari rumah ataupun dalam lingkungan di luar kantor tradisional. Hal ini tentunya dilakukan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 sekaligus memastikan kelangsungan bisnis agar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Namun sayangnya, penelitian yang dilakukan oleh IDC menemukan bahwa banyak perusahaan kekurangan infrastruktur untuk secara efektif mendukung pekerja jarak jauh. Lebih dari setengah responden merasa sulit untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan rekan kerja. Tidak hanya itu, ditemukan juga 43% dari responsen merasa kesulitan untuk berinteraksi dengan pemangku kepentingan eksternal dan hampir 40% terhalang oleh akses jarak jauh yang tidak memadai.

Untuk dapat mengatasi kendala-kendala tersebut, para pelaku bisnis harus dengan tepat memilih perangkat kerja yang dibutuhkan oleh para pekerja. HP sebagai salah satu jenama laptop modern kenamaan di dunia saat ini menawarkan sebuah solusi dengan memperluas jajaran laptop profesional seri ProBook dan EliteBook dengan penawaran baru yang sudah diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen PRO. Dengan penggunaan prosesor dari AMD yang ditujukan bagi kalangan profesional ini, laptop profesional dari HP siap untuk memberikan kinerja terbaik dengan keamanan kelas enterprise. Tidak hanya itu, HP juga tetap merancang laptop profesional mereka dengan desain yang ramping dan modis sehingga dapat beradaptasi dengan gaya kerja apa pun.

Dua jagoan dari HP yang diperkuat oleh platform AMD Ryzen PRO adalah HP ProBook x360 435 dan EliteBook 805. Keduanya dirancang keseluruhan dengan mengutamakan keamanan dan ketahanan. Sistem yang ditawarkan menggunakan pendekatan yang berlapis-lapis untuk melindungi pengguna dari ancaman dunia maya yang semakin meningkat, baik jumlahnya maupun kompleksitasnya. Beberapa fitur keamanan tersebut antara lain:
  • HP Sure Start yang dapat memastikan perlindungan pemulihan otomatis yang secara otomatis dapat memulihkan BIOS dan firmware penting lainnya.
  • HP Sure Sense yang menggunakan pembelajaran mendalam serta kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi dan melakukan karantina terhadap serangan yang belum pernah terlihat sebelumnya sehingga infeksi dapat digagalkan sebelum terjadi.
  • AMD Memory Guard yang mampu melindungi data saat istirahat dan dalam perjalanan menggunakan enkripsi memori. Fitur ini mampu mengurangi ancaman serangan memori fisik jika laptop sedang dibiarkan dalam mode siaga.

Fokus utama dari aliansi HP dengan AMD adalah keberlanjutan. Laptop yang didukung oleh platform AMD Ryzen PRO bergabung dengan jajaran produk HP yang terdiri dari 38 Gold dan 268 Silver terdaftar EPEAT yang ditawarkan di lebih dari 19 negara. Hal ini dapat membantu para konsumen dalam membuat keputusan pembelian yang mendukung tujuan keberlanjutan mereka sendiri. Selama 2019, HP menggunakan lebih dari 25.000 ton plastik daur ulang pasca-konsumen dalam produk HP print dan PS, atau setara dengan sembilan persen plastik yang digunakan. HP juga menggunakan 1,7 juta pound, atau lebih dari 60 juta botol plastik yang terbuang di lautan. Hal ini membuat HP menjadi jenama laptop pertama yang membuat laptop, layar, mobile workstation, dan Chromebook varian enterprise menggunakan plastik yang terbuang di lautan.

HP ProBook x360 435


laptop hp amd ryzen pro
Gambar dari store.hp.com.


Dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis skala kecil dan menengah, HP ProBook x360 435 ultra-slim sangat serbaguna berkat empat mode operasinya yang dapat mengakomodasi segala jenis gaya kerja bagi pengguna. Engsel yang dapat dibuka hingga 360 derajat menciptakan unit konvertibel yang dapat mengakomodasi penggunaan desktop tradisional atau dilipat untuk bekerja dalam gaya tablet guna mengakomodasi pekerja yang sedang bepergian atau kolaborasi di lokasi kerja. 

Saat dikombinasikan dengan HP Pro Pen, pengguna mendapatkan fleksibilitas tambahan untuk membuat anotasi, menggambar, dan mencatat secara alami di layar seperti yang mereka lakukan dengan pena tradisional. Sistem kamera ganda dengan kamera kedua di keyboard cocok untuk mengambil foto dan video dalam mode tablet, baik untuk menangkap dunia di sekitarmu, untuk penggunaan pribadi atau untuk menyampaikan materi atau kondisi kerja kepada rekan kerjamu. Mode sandaran tambahan memudahkan untuk menopang saat kamu bekerja dari sofa atau kursi favorit.  

Unit ini mengemas daya dan kinerja yang cukup untuk membuat pengguna melewati hari kerja multitasking yang digerakkan oleh tenggat waktu. Prosesor AMD Ryzen PRO menawarkan dukungan hingga delapan inti dan 16 threads, menjadikannya 33% lebih cepat daripada sistem berdasarkan set chip yang bersaing dan pilihan sempurna untuk mendukung tuntutan multitasking para pelaku bisnis saat ini. Berkat arsitektur AMD Zen 2, masa pakai baterai yang tahan lama merupakan ciri khas lain dari sistem ini. Menggunakan chip grafis Radeon Vega terintegrasi, laptop ini juga memiliki kemampuan yang sangat baik ketika digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan grafis intens.

Penggunaan laptop secara mobile terkadang sulit dilakukan karena pengemasan, pengaturan, dan pengangkutan yang konstan bisa menambah keausan perangkat. HP ProBook x360 435 dirancang dengan mengutamakan ketahanan dengan dock dan penutup keyboard satu bagian aluminium yang dianodisasi. Laptop konvertibel ini dapat bertahan selama 120.000 jam dalam pengujian per produk sebagai bagian dari kepatuhan sertifikasi MIL-STD 810G. 

Papan ketik atau yang biasa disebut dengan keyboard umumnya akan lebih cepat menurun durabilitasnya ketika digunakan secara mobile yang intens secara terus menerus. Keyboard milik HP ProBook x360 435 tidak hanya dirancang supaya tahan tumpahan, tetapi juga dirancang untuk lulus uji “kemampuan menghapus”, yang berarti dapat menahan hingga 1.000 penyekaan kuman, sebuah fitur yang harus dimiliki di era COVID-19. Tidak hanya itu, keyboard dari laptop ini juga menawarkan tingkat fleksibilitas untuk pengambilan video dan foto berkat sistem kamera ganda opsional yang meningkatkan kamera kedua di keyboard deck.

HP EliteBook 805

 

laptop hp kelas bisnis
Gambar dari hp.store.com.


Baik dalam perjalanan dari kantor ke lokasi klien atau hanya berpindah-pindah rumah saat bekerja dari jarak jauh, seri HP EliteBook 805 yang sangat tipis dan ringan sudah siap dalam segala kondisi. Laptop yang memiliki bentang layar 14 inci ini, dengan berat sekitar 1,3 kg saja tentunya sangat mudah untuk dibawa-bawa. Tidak hanya itu, layar laptop ini membanggakan rasio layar-ke-tubuh hingga 84%, memastikan ruang kerja yang cukup untuk menangani grafik, bagan, dan spreadsheet atau untuk menampilkan video untuk tujuan pelatihan dan rapat. Selain varian 14 inci, ada juga varian dengan layar 13 dan 15 inci.

Laptop sering kali menjadi perangkat untuk menyelesaikan pekerjaan dan bermain. Oleh karena itu, HP EliteBook 805 memberikan sentuhan pribadi pada produktivitas melalui aplikasi HP WorkWell. Aplikasi ini membuat kesejahteraan pengguna terukur dan dapat ditindaklanjuti di tempat kerja, menginformasikan pengguna dengan saran yang dipersonalisasi tentang kapan harus istirahat dan kapan harus keluar dan berolahraga bersama dengan tip produktivitas tambahan. Permukaan laptop ini yang dilapisi dengan lapisan cat yang diperkeras UV sangat mudah dibersihkan dan telah diuji untuk menahan 10.000 siklus pembersihan.

HP EliteBook 805 yang dibangun di atas arsitektur Zen 2 AMD, mendukung masa pakai baterai yang lama. Hal ini menyebabkan, penggunanya tidak perlu khawatir jika saat bepergian ataupun bekerja secara jarak jauh kehabisan baterai. Kalaupun habis, dengan fitur HP Fast Charge yang tertanam pada laptop ini, kamu bisa memulihkan hingga 50% masa daya pakai baterai hanya dalam 30 menit pengisian sehingga dapat digunakan kembali untuk bekerja dalam waktu singkat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.