Langsung ke konten utama

Review realme 7: Masih Nyaman Buat Daily Driver 2021

Meskipun 2020 bukanlah tahun yang baik untuk semua orang, namun di tahun tersebut para produsen ponsel pintar tetap produktif meluncurkan produk baru. Pandemi COVID-19 seakan tidak mengendurkan semangat para pecinta gawai saat menanti inovasi yang akan dihadirkan oleh pabrikan favorit mereka. Salah satu jenama yang cukup agresif menawarkan produk baru ke pasar Indonesia di tahun kemarin adalah realme. Jenama asal Tiongkok ini membawa berbagai jajaran ponsel pintar mereka, lengkap dari seri C yang menyasar kelas pemula (entry level), seri angka yang menyasar kelas menengah (midrange level), serta seri X yang menyasar kelas atas (high end level).


review realme 7


realme 7 menjadi salah satu produk yang diluncurkan oleh realme di tahun 2020 kemarin. Tipe tengah dari seri angka realme ini membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sebut saja, penggunaan chipset yang lebih kencang, kapasitas baterai yang lebih besar, serta hadirnya fitur NFC. Konfigurasi memori RAM besar dengan media penyimpanan yang luas juga masih dipertahankan pada generasi ketujuh ini. Tidak lupa, kita juga masih bisa menjumpai hasil jepretan kamera khas realme yang dapat diandalkan.

Penulis mendapatkan kesempatan untuk menjadikan realme 7 sebagai daily driver selama lebih kurang dua bulan. Bagaimana pengalaman penulis menggunakan ponsel pintar kelas menengah ini untuk menunjang kebutuhan seharih-hari? Simak selengkapnya di bawah ini.

Fisik

Bentuk fisik dari realme 7 bisa dibilang masih menyerupai pendahulunya, yakni realme 6. Hanya saja, kali ini realme menghadirkan desain bodi belakang yang lebih sederhana namun terlihat lebih elegan. Jika sebelumnya realme 6 menghadirkan "Comet Design" yang terlihat striking dan mencolok dengan aksen "V" atau panah mengarah ke bawah, kali ini realme 7 membawa "Mirror Design" yang terlihat lebih kalem dan menawan. Frame kameranya masih tetap persegi panjang ke bawah, namun dengan bentuk yang sedikit lebih melebah. Di bawah kamera tersebut, terdapat sebuah garis pemisah antara sisi kiri dan kanan yang sebenarnya memiliki finishing yang sama namun mempelihatkan pantulan cahaya yang berbeda arah, sehingga garis ini seolah-olah berfungsi sebagai cermin. Kita dapat menjumpai tulisan realme di bagian bawah. Penulis pribadi mengapresiasi matte finishing yang dihadirkan oleh realme pada ponsel ini. Sebab, grip dari ponsel ini menjadi lebih nyaman dan tidak terlalu meninggalkan bekas sidik jari. Ditambah, realme juga menyediakan sebuah jelly case transparan dengan warna yang agak smoky dalam paket penjualannya. Sehingga grip dari ponsel ini akan terasa lebih nyaman lagi.


review realme 7

review realme 7

review realme 7


Beralih ke sisi depan, kita akan disuguhkan sebuah layar seluas 6,5 inci yang terlihat luas dengan bezel tipis di sisi atas, kiri, dan kanan, sedangkan bezel sisi bawahnya masih terlihat agak besar. Layar tersebut berjenis IPS LCD dengan resolusi Full HD+ (1.080 x 2.400 piksel) dan sudah dilindugi oleh lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Hal yang membuat layar ini menjadi istimewa adalah kemampuannya untuk menampilkan refresh rate hingga 90 Hz. Refresh rate yang lebih tinggi dari ponsel kebanyakan (60 Hz) ini membuat pengalaman bernavigasi menggunakan ponsel ini menjadi lebih smooth. Penulis sendiri cukup merasakan perbedaannya saat melakukan scrolling linimasa media sosial. Sayangnya, penulis tidak bisa memanfaatkan refresh rate tinggi tersebut untuk aktivitas gaming, karena game yang penulis mainkan belum ada yang mendukung refresh rate tinggi tersebut. Pada bagian pojok kiri atas layar realme 7 terdapat sebuah kamera depan dengan desain punch hole.

Beralih ke sisi atas, kiri, kanan, dan bawah dari realme 7. Pada sisi atas, kamu tidak akan menemukan apa-apa alias kosong. Sedangkan pada sisi kiri, kita akan menemukan SIM tray slot yang mampu memuat dua buah kartu SIM bejenis mikro dan sebuah kartu memori berjenis microSD. Di bawahnya, terdapat sebuah tombol volume up dan down. Lanjut ke sisi kanan, terdapat sebuah tombol daya yang juga merangkap sebagai pemindai sidik jari. Posisinya sangat ergonomis dan pas untuk ukuran tangan penulis yang cukup besar. Kemampuan pemindai tersebut dalam memindai sidik jari jempol penulis juga sangat cepat. Penulis tidak ada komplain dari hal ini. Sisi bawah merupakan sisi yang paling terlihat ramai dari ponsel ini. Kita bisa menemukan sebuah jack audio 3,5 mm, mikrofon, port USB-C, serta sebuah speaker. Port USB-C ini terbilang istimewa, sebab realme membenamkan teknologi pengisian daya cepat Dart Charge hingga 30 W.


review realme 7

review realme 7

review realme 7

review realme 7


Secara umum, mengoperasikan realme 7 terbilang sangat nyaman dan mengasyikan. Meskipun ukuran layarnya tidak bisa dibilang ringkas, namun layar 20:9 membuatnya masih bisa dipakai dengan satu tangan. Hal ini tentunya dengan catatan, jika ukuran tanganmu besar seperti penulis. Oh ya, ponsel ini juga memiliki bobot yang tidak sampai 200 gram, lebih tepatnya di 196 gram saja. Sensasi memegangnya dalam waktu yang cukup lama terbilang aman dan tidak terasa memberatkan. Apalagi penulis juga masih menggunakan ponsel lain yang memiliki bobot hingga 240 gram, menjadikan bobot dari realme 7 ini terasa agak ringan. Sebagai informasi, pada paket penjualannya ponsel ini juga membawa screen protector yang sudah terpasang pada layarnya.

Antarmuka

realme 7 menjalankan sistem operasi Android 10 yang dibalut dengan antaruka realme UI versi 1.0. Pada saat artikel ini ditulis, penulis juga sudah mendapatkan update untuk patch keamanan Android bulan Desember 2020. Menurut penulis, tampilan antarmuka dari realme UI ini cukup ramai dengan warna dan bentuk ikon yang beragam. Jika kamu menyukai antarmuka yang eye candy dengan banyak kustomisasi, pastinya kamu akan menyukai realme UI.


review realme 7
Home Screen realme UI.

review realme 7
Status Bar realme UI.

review realme 7
Panel Notifikasi realme UI.

review realme 7
App Drawer realme UI.

review realme 7
Folder View realme UI.

review realme 7
Task Manager realme UI.


Satu hal yang mungkin cukup mengganggu dari realme UI ini adalah keberadaan bloatware dan iklan. Ya, ponsel ini memiliki bloatware yang cukup banyak, baik itu aplikasi bawaan dari realme itu sendiri ataupun aplikasi pihak ketiga. Kamu memang tidak bisa membuang aplikasi-aplikasi tersebut, namun setidaknya realme masih memberikan opsi untuk menonaktifkan aplikasi sehingga tidak tampil pada app drawer. Sedangkan untuk iklannya sendiri, bisa kamu non aktifkan melalui opsi "Get reccomendations" yang ada di dalam menu Pengaturan. Memang sih, urusan iklan di dalam antarmuka ini perlu kita maklumi agar realme bisa menjual produk mereka dengan harga yang lebih terjangkau dari merek lainnya. Namun untuk bloatware, mungkin realme bisa mempertimbangkan untuk menguranginya pada update realme UI versi selanjutnya.

Performa

Sektor ini merupakan salah satu keunggulan dari realme 7 di kelasnya. Ponsel pintar ini sudah ditenagai oleh chipset kelas menengah kencang dari MediaTek, yakni Helio G95, yang merupakan versi overclocked dari Helio G90T yang ada pada realme 6. Chipset ini memiliki prosesor delapan inti yang terdiri dari dua inti Cortex-A76 berkecepatan 2,05 GHz serta enam inti Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Chip grafisnya sendiri masih mengandalkan Mali-G76 MC4. Seperti yang dapat diharapkan dari chipset MediaTek kelas gaming ini, realme 7 mampu memberikan performa yang sangat baik untuk ponsel di kelas harganya. Penulis sendiri sudah mencobanya untuk melakukan multitasking yang cukup berat dengan membuka linimasa media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok), melakukan online streaming (YouTube, Spotify, Netflix), membuka dan membalas surel melalui Gmail, hingga diajak untuk bermain game. Beberapa game favorit penulis, seperti Call of Duty Mobile dan Genshin Impact dapat berjalan dengan lancar dengan pengaturan grafis rata kiri. Khusus game pertama, kamu juga bisa menikmatinya dengan pengaturan grafis lebih tinggi, misalnya pada High dan Maximum Frame Rate atau Very High dan Very High Frame Rate. Namun sepengalaman penulis, akan lebih nyaman jika pengaturan grafisnya dibuat menjadi Medium atau Low saja untuk menghindari frame drop.

Sebagai pelengkap dan gambaran performa, penulis menyertakan hasil benchmark-nya menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini.


review realme 7
Hasil pengujian AnTuTu 8.

review realme 7
Hasil pengujian Geekbench 5.

review realme 7
Hasil pengujian 3D Mark Sling Shot.


Audio

Pada sektor audio, mungkin realme 7 tidak berbicara banyak. Hal ini disebabkan dengan konfigurasi speakernya yang hanya mono saja. Meskipun hanya mono, namun keluaran suara dari speaker tersebut cukup terdengar lantang dan enak di dengar. Hanya saja memang kamu tidak akan mendapatkan suara yang terdengar bulat dengan bass yang menggelegar seperti yang bisa ditemui pada ponsel dengan konfigurasi speaker stereo seperti kakaknya, realme 7 Pro. Tenang saja, kamu juga masih bisa kok mendengarkan musik favorit menggunakan headset berkabel. Sebab, ponsel ini masih menyediakan audio jack 3,5 mm. Atau jika kamu lebih menyukai headset nirkabel, sambungkan saja headset favoritmu tersebut melalui koneksi Bluetooth 5.0 yang ada pada ponsel ini.

Kamera

Sektor ini menjadi keunggulan lainnya untuk realme 7 sebagai ponsel pintar di kelas harganya. Kamera dari realme 7, khususnya kamera primernya, memiliki hasil foto yang sangat memuaskan bagi selera penulis. Memiliki konfigurasi quad camera pada kamera belakangnya, ponsel ini membawa sebuah kamera primer dengan lensa wide 64 megapiksel yang menggunakan sensor Sony IMX682, kamera sekunder dengan lensa ultra wide 8 megapiksel, kamera tersier dengan lensa makro 2 megapiksel, serta sebuah sensor kedalaman 2 megapiksel.

Dari keempat kamera yang tersedia, hanya kamera primer dan sekunder saja yang mampu memberikan hasil jepretan yang optimal. Sedangkan lensa makronya hanya sebagai tim hore. Khusus sensor kedalaman berfungsi untuk membuat separasi objek lebih baik ketika kita sedang mengambil foto dalam mode potret. Bagaimana dengan aplikasi kamera pada realme 7? Soal ini, realme patut diberi acungan jempol. Apa alasannya?

Aplikasi kamera pada realme 7 bisa dikatakan begitu lengkap. Tersedia mode Photo untuk pengambilan foto secara umum, di mana pada mode ini juga kita bisa melakukan switch ke lensa ultra wide dan melakukan digital zoom hingga 5x. Selain mode Photo yang berjalan dengan pengaturan otomatis, kamu juga bisa memanfaatkan mode Potrait, 64M, Panorama, Ultra Macro, Pro, dan Night. Sedangkan untuk mode Videonya, selain pengambilan mode Video dengan pengaturan otomatis, kamu juga bisa menggunakan mode Time-Lapse dan Slo-Mo.

Bagaimana hasil foto dari kamera realme 7? Menurut pendapat penulis, kamera dari ponsel ini mampu menghasilkan gambar yang terlihat tajam dengan tone warna yang natural. Terutama jika objek foto berada di tempat yang cukup cahaya. Jika kamu lebih menyukai tone warna yang lebih menyala, bisa menyalakan opsi Chroma Boost yang dapat meningkatkan saturasi warna dan highlights dari objek yang kamu foto. Untuk hasil foto dari lensa ultra-wide-nya mungkin tidak sebaik dari lensa primernya. Warna yang dihasilkan agak sedikit berbeda, dan detail juga tentunya tidak setajam lensa primer. Namun jika hanya untuk kebutuhan mengunggah ke media sosial sih, sudah lebih dari cukup. Sedangkan untuk mode Potrait-nya bisa menghasilkan separasi foreground dengan background yang cukup rapi. Sedangkan untuk mode Ultra Macro-nya sendiri seperti yang sudah penulis bilang di awal, hanya berperan sebagai tim hore saja dengan hasil foto yang standar.

Berikut adalah hasil fotonya:

Outdoor

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

Menggunakan kamera wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7 dengan Chroma Boost.


review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan zoom 2x.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan zoom 5x.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan zoom 2x.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan zoom 5x.

review realme 7
Menggunakan mode potret realme 7.

review realme 7
Menggunakan mode potret realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera makro realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera makro realme 7.


Indoor

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunaan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7 dengan Chroma Boost.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan zoom 2x.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan zoom 5x.

review realme 7
Menggunakan mode potret realme 7.


Di dalam keadaan kurang cahaya ataupun gelap di malam hari, kamu dapat memanfaatkan mode Night yang tersedia. Hasil fotonya menurut penulis sangat membantu untuk membuat gambar menjadi lebih detail dan terang. Tidak lupa, realme juga menyediakan beberapa filter keren yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat foto malam kamu lebih kece. Beberapa foto yang penulis tangkap menggunakan mode Night bisa kamu lihat di bawah ini:


review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan mode Night.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7 dengan mode Night.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan mode Night.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera ultra-wide realme 7 dengan mode Night.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan mode Night.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan filter Modern Gold.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan filter Cyberpunk.

Menggunakan kamera wide realme 7 dengan filter Flamingo.


Ada hal yang menarik dari fitur filter yang terdapat pada mode Night realme 7. Ternyata, filter-filter ini juga bisa diaplikasikan ketika penulis mengambil foto pada kondisi cahaya terang. Filter-filter ini dapat membuat foto menjadi tampak beda dan unik. Berikut beberapa sampel yang penulis ambil:


review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan filter Modern Gold.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan filter Cyberpunk.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan filter Flamingo.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan filter Modern Gold.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan fitur Cyberpunk.

review realme 7
Menggunakan kamera wide realme 7 dengan filter Flamingo.


Buat kamera depan, realme 7 memiliki hasil foto yang sangat baik. Penulis sendiri tidak ada komplain dengan kamera depannya. Bahkan, kamera depannya juga memiliki kemampuan foto potret yang cukup baik. Berikut beberapa hasil fotonya:


review realme 7
Menggunakan kamera depan realme 7.

review realme 7
Menggunakan mode potret realme 7.

review realme 7
Menggunakan kamera depan realme 7.

review realme 7
Menggunakan mode potret realme 7.


Untuk perekaman videonya sendiri, realme 7 sanggup untuk merekam klip video hingga resolusi 4K 30 FPS. Namun sayangnya, di resolusi tersebut kamu tidak bisa menggunakan fitur stabilisasi video, sehingga mungkin hasil videonya akan cukup bergetar. Soal stabilisasi video, ponsel ini telah dilengkapi fitur Ultra Steady dan Ultra Steady Max untuk merekam klip video dengan hasil yang stabil dan minim getaran. Berikut adalah hasil perekaman video 1080P 60 FPS, 1080P 30 FPS dengan Ultra Steady, dan 1080P 30 FPS dengan Ultra Steady Max dari kamera belakangnya, serta satu video 1080P 30 FPS dari kamera depannya:





Baterai

realme 7 dibekali dengan baterai berdaya 5.000 mAh yang cukup besar untuk standar ponsel saat ini. Di tangan penulis dengan pola pemakaian penulis sehari-hari untuk membuka media sosial lebih dari satu akun, menikmati konten video di YouTube, menonton Netflix, mendengarkan musik di Spotify, membaca dan membalas surel, serta sesekali bermain game (COD Mobile), ponsel ini mampu bertahan cukup lama. Lepas dari charger pada jam 6 pagi dengan daya 100%, pada jam 6 sore masih tersisa lebih kurang 31%. Kondisi ponsel yang penulis pakai hampir seharian memakai koneksi Wi-Fi (hanya sekitar satu hingga dua jam saja memakai jaringan opsel saat di perjalanan), menyalakan Bluetooth untuk menyambungkan ke wireless headset, serta memakai refresh rate 90 Hz.

Untuk pengisian dayanya sendiri, ponsel ini sudah dibekali dengan fitur pengisian daya cepat Dart Charge 30 W. Melanjutkan pemakaian penulis di paragraf sebelumnya, untuk mengisi sisa daya 31% tersebut agar menjadi penuh kembali ke 100% membutuhkan waktu lebih kurang 51 menit. Waktu pengisian daya ini bisa dibilang cukup cepat. Bahkan, sebenarnya pada sore hari kamu mungkin tidak perlu mengisinya hingga 100%, cukup 50 - 60% agar bertahan hingga waktu tidur. Jika hanya dalam rentang tersebut, membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit untuk mengisi daya baterai ponsel ini.

Kesimpulan

realme 7 merupakan penerus realme seri angka yang mampu mewariskan DNA dari realme untuk ponsel kelas menengah. Performa yang dapat diandalkan, daya tahan baterai yang gemilang, hingga kinerja kamera yang memuaskan menjadi poin plus dari ponsel ini. Soal desain fisik mungkin selera, namun penulis sendiri menyukai bahasa desain yang dibawa oleh realme generasi ke-7 ini. Meskipun masih berbahan plastik polikarbonat, namun berkat rancangan desainnya, ponsel ini masih terlihat mewah dan elegan.

Tidak ada gading yang tidak retak, termasuk realme 7. Meskipun memiliki banyak keunggulan, penulis rasa masih ada beberapa kekurangan minor yang bisa ditemui pada ponsel ini. Diantaranya:
  • Bloatware pada realme UI cukup banyak.
  • Notifikasi iklan dari aplikasi bloatware yang terkadang mengganggu.
  • Speaker masih mono.
Penulis rasa, hanya itu saja kekurangan minor yang bisa ditemui. Semoga saja realme akan memperbaikinya di realme seri angka yang akan datang. Terlepas dari beberapa kekurangannya tersebut, realme 7 adalah pilihan yang tepat buat kamu yang menginginkan sebuah ponsel pintar dengan performa tinggi, daya tahan yang lama dan waktu pengisian daya baterai yang cukup cepat, serta kineja kamera yang dapat diandalkan dalam segala kondisi. Cukup menebusnya dengan mahar sebesar Rp3.699.000, kamu sudah bisa membawa pulang ponsel ini. Bahkan di beberapa online marketplace, penulis menemukan penjual yang membanderol ponsel ini lebih murah 100 - 200 ribu dari MSRP tersebut.

Jika harus dinilai dengan angka, maka berikut nilai yang penulis berikan untuk realme 7:

Nilai Uji Pakai realme 7
Fisik8
Antarmuka8
Performa9
Audio7
Kamera9
Baterai8.5
Harga8
Nilai Rata-Rata8.2

Spesifikasi teknis dari realme 7 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini:

Nama Produkrealme 7
ChipsetMediaTek Helio G95 Octa-Core.
Chip GrafisMali G-76 MC4.
Memori RAM8 GB.
Media PenyimpananUFS 2.1 128 GB.
Sistem OperasiAndroid 10 dengan antarmuka realme UI.
Layar6,5" Full HD+ (1.080 x 2.400) IPS LCD, 90 Hz refresh rate,
Corning Gorilla Glass 3.
KameraKamera Belakang:
Wide - 64 megapiksel dengan sensor Sony IMX682, f/1.8, PDAF.
Ultra-wide - 8 megapiksel dengan f/2.43.
Macro - 2 megapiksel dengan f/2.4.
Depth Sensor - 2 megapiksel dengan f/2.4.

Kamera depan:
Wide - 16 megapiksel dengan f/2.1.
Konektivitas Fisik1x USB Type-C yang mendukung USB 2.0, Fast Charging dengan protokol
Dart Charge 30 W.
Konektivitas Nirkabel4G LTE, WLAN 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1, NFC, A-GPS, GLONASS, BDS.
AudioSingle bottom firing speaker.
Baterai5.000 mAh.
Dimensi (P x L x T)162,3 x 75,4 x 9,4 mm.
Bobot196,5 g.
Varian WarnaMist Blue.
Mist White.
HargaRp3.699.000
Garansi1 tahun garansi resmi realme Indonesia.







 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.