Langsung ke konten utama

ASUS Hadirkan VivoBook Terbaru dengan Intel Core Generasi ke-11 dan AIPT

ASUS Indonesia sebagai salah satu pemimpin pasar consumer laptop di Indonesia membuka awal tahun 2021 ini dengan meluncurkan produk terbaru dari seri VivoBook. Tidak tanggung-tanggung, ada tiga model yang diperkenalkan kali ini: VivoBook S14 (S433), VivoBook Ultra 14 (K413), dan VivoBook Ultra (A413). Ketiganya hadir dengan prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru dan teknologi AIPT yang mampu mengoptimalkan performa, daya tahan baterai, serta konfigurasi sistem pendinginan. Memiliki tampilan yang gaya dan trendi dengan pilihan warna yang beragam, ASUS masih menargetkan VivoBook ini untuk kalangan milenial dan generasi Z.


asus vivobook dengan intel core generasi ke-11
Gambar dari dokumen ASUS.


ASUS Regional Director South East Asia, Jimmy Lin, mengatakan bahwa VivoBook merupakan laptop yang memang dirancang khusus untuk para kawula muda. Maka dari itu, VivoBook tampil dengan desain yang penuh gaya dan warna, sejalan dengan para kawula muda yang kreatif. Selain tampilan, VivoBook juga memiliki tenaga yang cukup powerful berkat penggunaan prosesor Intel Core terbaru dan menghadirkan teknologi AIPT terkini dari ASUS.

Prosesor Intel Core generasi ke-11 atau yang biasa disebut dengan nama kode Tiger Lake ini memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, kehadiran chip grafis terintegrasi Intel Iris X menjadi sebuah tonggak baru dalam peningkatan performa grafis prosesor Intel, di mana kali ini chip grafis yang dibawa oleh Tiger Lake memiliki tenaga yang bisa mengimbangi chip grafis terdedikasi kelas entry-level.

Selain penggunaan prosesor terbaru, penerapan teknologi ASUS Intelligence Performance Technology (AIPT) juga berperan penting pada peningkatan performa dari VivoBook generasi terbaru ini. Seperti yang penulis sebutkan di awal artikel, AIPT mampu mengoptimalkan performa, daya tahan baterai, serta konfigurasi pendinginan yang mampu membuat performa VivoBook generasi terbaru ini meningkat hingga 40% pada mode Performance jika dibandingkan dengan VivoBook generasi sebelumnya. Teknologi ini juga memungkinkan VivoBook generasi terbaru menggunakan prosesor dengan Thermal Design Power (TDP) hingga 28 W, jauh lebih tinggi dari VivoBook generasi sebelumnya yang dibatasi hanya 15 W.


asus vivobook dengan intel core generasi ke-11
Gambar dari dokumen ASUS.


Tidak hanya sekadar menaikkan batas TDP, ASUS juga membekali seri VivoBook terbaru dengan VRM khusus yang dapat menyuplai daya lebih stabil ke seluruh komponen, terutama ketika prosesor berjalan di TDP 28 W. Namun dampaknya adalah suhu yang dihasilkan juga akan semakin tinggi. Oleh karena itu, ASUS juga memberikan sistem pendingin khusus yang dilengkapi oleh kipas IceBlades terbaru pada seri VivoBook terbaru ini. Berbeda dengan kipas laptop pada umumnya, kipas IceBlades dibuat dari bahan Liquid Crystal Polymer (LCP) yang lebih kokoh dari plastik biasa. Penggunaan bahan tersebut juga membuat bilah kipas dari IceBlades memiliki ketebalan yang lebih tipis, yakni sekitar 0,2 mm saja. Dengan bilah yang lebih tipis tersebut, tentunya IceBlades tidak memakan banyak ruang dan bisa memiliki jumlah bilah yang lebih banyak. Hasilnya, kipas ini dapat menghadirkan aliran udara yang lebih baik pada putaran yang sama jika dibandingkan dengan laptop standar.


Selain performa, jajaran VivoBook terbaru ini juga membayar layar dan konektivitas modern yang lebih lengkap. Untuk layarnya, sudah menggunakan panel IPS-level yang memiliki tingkat reproduksi warna yang lebih baik dengan color space SRGB hingga 100%. Tidak hanya itu, layarnya juga sudah mengantongi sertifikasi eye-care dari TUV Rheinland sehingga lebih aman untuk kesehatan mata pengguna. Sedangkan di sisi konektivitas, ketiga VivoBook terbaru ini sudah dilengkapi dengan USB-A, USB-C, serta masih memiliki port HDMI yang membuatnya mudah dihubungkan ke layar eksternal. Khusus model S433, ASUS juga memberikan port Thunderbolt 4 yang mendukung fitur power delivery yang artinya laptop ini juga dapat mengisi daya menggunakan power delivery adapter memakai interface USB-C. Untuk konektivitas nirkabel, ASUS sudah melengkapinya dengan modul Wi-Fi 6 (802.11ax) untuk kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan stabil.

Seri VivoBook terbaru dari ASUS ini sudah tersedia di pasar Indonesia, lho. Untuk model S14 S433 dan Ultra 14 K413, kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp13.999.000 dan Rp9.199.000. Sedangkan satu model lainnya, yakni Ultra 14 (A413), akan tersedia mulai bulan ini dengan harga Rp12.799.000.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.