Langsung ke konten utama

Beginilah Cara Prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro Mendorong Efisiensi dan Inovasi di Bidang Manufaktur

Proses pengembangan produk muktahir saat ini sangat bergantung kepada tingkat presisi yang luar biasa, dengan diimbangi dengan ketepatan waktu untuk masuk ke pasar. Mulai dari perusahaan skala kecil, hingga perusahaan skala besar internasional, mengandalkan manufaktur yang dibantu oleh komputer atau computer-aided manufactoring (CAM) agar dapat memenuhi dua kebutuhan tersebut. Inti dari CAM ini adalah mesin milling Computer Numerical Control (CNC), yang digunakan untuk membuat beragam komponen dan perangkat yang rumit serta presisi untuk aplikasi konsumen dan industri. 


prosesor workstation amd
Gambar dari dokumen AMD.

Dengan kontrol yang tepat atas cutting tool CNC, produsen dapat memproduksi ribuan suku cadang dengan kualitas yang sama pada toleransi yang telah ditentukan. Dibantu oleh perangkat lunak CAM, produsen dapat secara otomatis menghitung tool path yang rumit dari mesin CNC. Hal ini mendorong tingkat kecepatan dan efisiensi baru di seluruh pengoperasian. Dengan cara ini, produsen dapat dengan mudah mengkomodir perubahan desain, mengurangi waktu pengerjaan untuk meningkatkan usia perkakas, serta membawa produk ke pasar lebih cepat dari sebelumnya.

Agar dapat menjalankan perangkat lunak CAM dengan lancar dan tanpa kendala, produsen memerlukan sebuah professional workstation yang diperkuat oleh prosesor yang tepat. Aktivitas menghitung tool path adalah salah satu aktivitas yang memerlukan proses secara multi-threaded. Untuk menjawab kebutuhan ini, AMD sebagai salah satu produsen semikonduktor dan prosesor ternama di dunia menghadirkan AMD Ryzen Threadripper PRO 3995WX, sebuah prosesor dengan 64 core yang sangat cocok untuk digunakan pada bidang manufaktur.


performa camworks amd threadripper
Gambar dari dokumen AMD.

Pada gambar di atas, terlihat ada skenario di mana ada sebuah manufaktur yang menggunakan perangkat lunak CAMWorks yang berjalan pada Dassault SOLIDWORKS untuk menghasilkan jalur tercepat dan paling efisien untuk mill CNC. Salah satu dari workstation yang digunakan, memakai dua buah prosesor Intel Xeon, sedangkan satu workstation lainnya menggunakan satu buah prosesor AMD Threadripper. Hasilnya, CAMWorks dapat menghitung tool path dalam waktu kurang dari 26 menit pada workstation yang menggunakan Threadripper PRO 64 core, dan kemudian berpindah untuk simulasi dan validasi tool path secara virtual. Langkah ini terbilang sangat penting dalam mengidentifikasi kesalahan apa pun sebelum memulai proses produksi. Dalam contoh ini, perangkat lunak CAM menginformasikan tim bahwa tool tidak butuh waktu yang lama untuk melakukan pemotrongan. Maka dari itu, teknisi dapat membuat penyesuaian untuk menganggulangi kesalahan dan menjalankan kembali perhitungan tool path. Sedangkan pada workstation yang memakai dua buah prosesor Xeon, masih menjalankan penghitungan tool path awal yang membutuhkan waktu lebih dari 34 menit untuk menyelesaikan langkah yang pertama. Dari skenario ini, terlihat bahwa dengan memanfaatkan lebih banyak core yang cepat dari Threadripper PRO, CAMWorks memungkinkan para insinyur untuk dengan cepat mengoptimalkan proses, menemukan kesalahan, dan membantu mengurangi biaya manufaktur digital.

Tidak hanya soal performa, prosesor AMD Threadripper PRO juga diperkuat oleh teknologi AMD PRO yang sudah terpercaya untuk bisnis. Semua seri PRO dari prosesor AMD dirancang khusus untuk membantu para pebisnis dan manajer teknologi informasi untuk mengatasi tantangan keamanan yang dihadapi tiap harinya. Tidak terbatas pada fitur keamanan tingkat lanjut saja, tapi juga mencakup alat pengelolaan terintegrasi, stabilitas dan keandalan perangkat, serta fleksibilitas yang telah terbukti. Beberapa lapisan fitur keamanan bawaan dari AMD PRO dapat membantu untuk melindungi data sensitif pengguna dengan beberapa fitur unggulan berikut:

  • AMD Secure Processor yang mampu melakukan validasi kode sebelum dijalankan untuk membantu memastikan integritas data dan aplikasi.
  • AMD Memory Guard yang dapat mengaktifkan enkripsi memori penuh untuk membantu melindungi data sensitif terhadap serangan fisik tingkat lanjut jika perangkat milik pengguna hilang atau dicuri.
Selain kedua fitur unggulan tersebut, prosesor AMD seri PRO juga dirancang sesuai dengan arsitektur keamanan modern yang berfokus kepada fitur-fitur keamanan terbaik. Bahkan, AMD juga sudah bekerja sama dengan Microsoft serta partner lainnya untuk dapat mengembangkan dan melengkapi fitur keamanan di tingkat enterprise. Sedangkan untuk persoalan pengelolaan, semua prosesor AMD seri PRO juga diperkuat oleh fitur pengelolaan yang dapat mempermudah para manajer teknologi informasi untuk melakukan beberapa hal berikut:
  • Memperbarui dan memperbaiki perangkat jaringan secara jarak jauh.
  • Memantau, memulihkan, dan meningkatkan sistem.
  • Memperbaiki berbagai masalah klien, baik secara in-band maupun out-of-band.
Kombinasi antara performa yang tinggi serta sistem keamanan terbaik, membuat workstation berbasis AMD Ryzen Threadripper PRO adalah perangkat yang ideal bagi para insiyur produk dan desain profesional yang penuh dengan tuntutan. Dengan dukungan untuk sebuah konektivitas 128 lanes PCIe yang tidak tertandingi, prosesor ini mampu untuk dikonfigurasikan pada workstation tingkat lanjut dan menawarkan solusi 12 core 4,0 GHz pertama yang mendukung PCIe 4.0 untuk kartu grafis generasi berikutnya serta media penyimpanan ultra kencang NVMe. Untuk aplikasi yang sangat dipengaruhi oleh kecepatan memori, prosesor ini juga menawarkan bandwith memori yang tidak tertandingi dengan dukungan untuk delapan saluran memori.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.