Langsung ke konten utama

Dukung Pertamina Retail Jalankan Protokol Kesehatan di Pertashop, Qlue Sukses Manfaatkan AI dan IoT

Perusahaan penyedia ekosistem kota pintar terlengkap di Indonesia, Qlue, berkolaborasi dengan Pertamina Patra Niaga untuk menjalankan protokol kesehatan di sejumlah Pertashop milik Pertamina Retail di sepanjang Pulau Jawa. Dengan memanfaatkan AI dan IoT, Qlue menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker otomatis yang bernama QlueThermal. Hal ini dilakukan untuk menekan persebaran COVID-19 dari masyarakat yang melakukan perjalanan, terutama saat libur Natal dan tahun baru 2021. Penggunaan QlueThermal merupakan salah satu langkah Pertamina Retail dalam melengkapi fasilitas pengisian BBM dengan perangkat yang dapat membantu mengurangi penyebaran virus corona.


qlue dukung pertamina retail jalankan protokol kesehatan di pertashop
Gambar dari dokumen Qlue.


Rama Raditya, Founder dan CEO Qlue, mengatakan bahwa pada periode libur panjang Oktober dan November 2020 lalu, kasus positif COVID-19 di Indonesia mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Tentunya, tidak ada yang ingin hal ini terulang kembali. Maka dari itu, Qlue berkolaborasi dengan Pertamina Patra Niaga untuk menyediakan QlueThermal di berbagai gerai Pertashop yang berada di jalur-jalur utama di Pulau Jawa. Melalui kolaborasi ini, pihaknya berharap Qlue dapat membantu pemerintah dalam menurunkan kurva penyebaran virus corona.

QlueThermal digunakan untuk menegakkan protokol kesehatan dengan cara mendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker dari pengunjung Pertashop. Dengan ini, QlueThermal memastikan para pengunjung aman dari gejala COVID-19 dan tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Jika ada pengunjung yang kedapatan memiliki suhu tubuh yang tinggi, ataupun tidak memakai masker, maka pengunjung tersebut tidak diizinkan untuk melanjutkan transaksi pengisian bahan bakar. Untuk memastikan hal tersebut, sebanyak 22 perangkat QlueThermal telah dipasang di rute Jakarta - Cipali - Pejagan - Semarang - Solo - Surabaya - Probolinggo - Malang dan Jakarta - Cianjur - Garut - Cibalong - Pangandaran.

Sejak diimplementasikan pada 19 Desember 2020, perangkat QlueThermal yang terpasang telah berhasil membantu melakukan screening secara otomatis ke lebih dari 16.000 pelanggan Pertashop. Dari data tersebut, sekitar 18% pelanggan yang mengisi bahan bakar pada gerai Pertashop kedapatan tidak disiplin dalam mengenakan masker selama perjalanan. Sementara rata-rata suhu tubuh pelanggan yang terdeteksi adalah 36,4 derajat celcius.

Putut Adriatno, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial and Trading, mengatakan bahwa kolaborasi dengan Qlue merupakan komitmen pihaknya dalam menegakkan protokol kesehatan dan membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran COVID-19, terutama di Pulau Jawa. Pihaknya mempercayai Qlue karena mereka merupakan karya anak bangsa yang memiliki rekam jejak yang baik di industri kota pintar, serta mereka juga sudah memberikan dampak sosial yang besar terhadap pembangunan kota-kota di Indonesia.


implementasi QlueThermal di Pertashop
Gambar dari dokumen Qlue.


Selain untuk melakukan screening pengunjung, QlueThermal juga membantu pihak Pertashop dalam memetakan jumlah kendaraan yang melakukan pengisian BBM. Dari seluruh perangkat Qlue Thermal yang terpasang, didapat ada tiga gerai Pertashop dengan jumlah kendaraan terbanyak. Tiga gerai yang dimaksud antara lain: 7,7% melakukan pengisian BBM di Pertashop tol Cikampek KM 52B, 7,5% melakukan pengisian di tol Semarang - Solo KM 456A, dan sebanyak 6,4% terdeteksi dari rest area tol Cipali KM 86B.

Implementasi QlueThermal menjawab berbagai kesulitan sektor retail dalam menegakkan protokol kesehatan, pasalnya penggunaan thermogun masih rawan dengan kontak langsung dan human error. Ditambah lagi, pengumpulan data pada gerai fisik masih melewati proses perhitungan secara manual. Putut sendiri menginfokan jika QlueThermal ini sangat membantu pihaknya untuk mendapatkan data terkait penegakkan protokol kesehatan secara real-time dan akurat meski ditempatkan di berbagai lokasi yang berbeda.


QlueThermal dilengkapi dengan kamera thermal untuk memindai suhu tubuh. Teknologi kecerdasan buatan (AI) memungkinkan perangkat tersebut mengenali lebih dari 100 jenis masker secara otomatis dengan tingkat akurasi sebesar 98,5%. Data-data tersebut terekam lalu diintegrasikan ke sebuah dashboard yang memiliki kemampuan untuk menganalisis seluruh data seiring berjalannya waktu dan memberikan rekomendasi secara efektif dan akurat. Dengan demikian, pengguna QlueThermal di berbagai sektor dapat lebih mudah mengambil keputusan yang tepat berkat rangkuman dan visualisasi data yang disediakan oleh dashboard tersebut.

Rama menambahkan, pihaknya bangga dengan kolaborasi yang dijalankannya bersama Pertamina Patra Niaga dalam menegakkan protokol kesehatan dan membantu pemerintah dan swasta dalam mewujudkan operasi bisnis yang lebih efektif dan efisien melalui inovasi teknologi berbasis AI dan IoT. Pihaknya berharap, ke depan akan lebih banyak lain sektor retail lainnya yang bisa mengimplementasikan QlueThermal bersama dengan Qlue.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.