Langsung ke konten utama

Android 12 Akan Hadir dengan Rotasi Pintar, Game Mode, dan Desain Visual Terkini

Mendekati tanggal perilisan Android 12 Developer Preview, semakin banyak informasi yang bisa didapatkan dari sistem operasi dengan nama kode "Snow Cone" tersebut. Dilansir dari artikel yang ditayangkan oleh XDA Developers, update terbaru dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Google tersebut akan menghadirkan beberapa fitur terkini, seperti rotasi pintar, "Game Mode", dan desain visual baru yang lebih menyegarkan. Selain fitur tersebut, Google juga menambahkan sebuah opsi pada Pengaturan Cepat yang berfungsi untuk mengurangi tingkat kecerahan layar.


desain visual android 12
Gambar dari gsmarena.com.


Fitur rotasi pintar atau "Smart Autorotate" dihadirkan oleh Google untuk menghilangkan rasa frustasi para pengguna, termasuk penulis. Mungkin kalian juga merasa agak terganggu, jika selama ini fitur rotasi otomatis yang ada di ponsel pintar seringkali berfungsi tidak semestinya. Ketika dalam kondisi kalian sedang menikmati konten dalam posisi vertikal, namun mungkin posisi ponselnya agak sedikit miring, tiba-tiba tampilan layar ponsel akan berubah menjadi horizontal. Maka dari itu, Google menghadirkan kecerdasan buatan yang mereka rancang untuk dapat mendeteksi wajah pengguna memanfaatkan kamera depan, agar bisa mendeteksi posisi kepala pengguna sebelum layar ponsel mengubah orientasi tampilan.

Selanjutnya, kemungkinan Google akan menghadirkan fitur "Game Mode" untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih baik. Beberapa pabrikan ponsel pintar, terutama yang menggunakan sistem operasi Android pada ponselnya, sudah memiliki fitur ini selama beberapa waktu ke belakang. Dengan fitur ini, pengguna kemungkinan akan diberikan kebebasan untuk menikmati fitur yang berkaitan dengan gaming, misalnya mengatur tingkat kecerahan layar, rotasi layar, dan notifikasi. Selain itu, Google juga sedang membuat Bluetooth API yang baru, sehingga nantinya game dapat mendeteksi sisa daya baterai dari Bluetooth controller yang digunakan oleh pengguna, sehingga nantinya pengguna bisa mendapatkan notifikasi jika baterai controller yang digunakan sudah tinggal sedikit dan butuh dicas.




Terakhir, Google akan merombak desain dari tampilan antarmuka Android 12. Pada gambar yang penulis tampilan di atas, terlihat ada screenshot mockup dari home screen dan panel notifikasi yang mungkin akan diterapkan pada Android 12. Google menyebut dari desain tersebut sebagai "Material NEXT". Sebagai informasi, Material Design yang sudah dirancang oleh Google dalam beberapa waktu silam sudah mengalami evolusi dari waktu ke waktu. Sepertinya, "Material NEXT" ini akan menjadi update yang bisa menyegarkan tampilan dari antarmuka Android Vanilla.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.