Langsung ke konten utama

Tiga Laptop Baru dari ASUS ini Siap Tingkatkan Produktivitas Pengguna

Produsen laptop kenamaan asal Taiwan, ASUS, baru saja memperkenalkan tiga laptop seri ZenBook terbaru di Indonesia. Dalam acara peluncuran bertajuk "Built For Brilliance", ASUS meluncurkan ZenBook Flip S UX371, ZenBook Flip 13 UX363, serta ZenBook S UX393. Ketiganya merupakan laptop kelas premium yang secara khusus dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan mempermudah aktivitas tanpa mengorbankan kesehatan dari para penggunanya. Kedua hal tersebut dapat dicapai berkat berbagai fitur dan teknologi terbaru yang ditanamkan oleh ASUS pada ketiga laptop seri ZenBook terbaru ini.


Gambar dari dokumen ASUS.


ASUS Regional Director, Southeast Asia, Jimmy Lin, mengatakan bahwa sejak awal diperkenalkan, ZenBook telah tampil sebagai laptop premium yang memiliki inovasi terdepan. Namun tidak itu, sebab kini ZenBook juga tampil sebagai laptop yang dapat meningkatkan kualitas penggunanya. Ketiga laptop ZenBook terbaru yang diluncurkan kali ini tidak hanya memiliki desain yang ringkas dan ringan, tetapi juga sangat ergonomis dan mudah untuk digunakan. Selain itu, ketiganya juga memiliki fitur yang didukung oleh teknologi terkini untuk memastikan pengalaman penggunaan terbaik, bahkan dapat membantu penggunanya menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan produktif.

ZenBook Flip S UX371 menjadi salah satu produk yang diunggulkan oleh ASUS pada peluncuran kali ini. Meneruskan generasi dari jajaran convertible laptop kelas premium, laptop ini hadir dengan desain yang mewah, ringkas, dan ringan. Keunggulannya tidak hanya sebatas dari desain, dimensi, dan bobotnya saja, tapi juga layar yang digunakan oleh laptop ini. ASUS mengklaim bahwa ZenBook Flip S UX371 menjadi salah satu laptop di Indonesia yang memiliki kualitas layar terbaik saat ini. Hal ini dapat dicapai berkat penggunaan panel layar bejenis OLED beresolusi 4K UHD pada laptop ini.

Keistimewaan layarnya masih belum selesai, sebab ZenBook Flip S UX371 memiliki form factor berjenis convertible, maka layar laptop ini dapat diputar hingga 360 derajat. Dengan demikian, pengguna dapat memakai laptop ini sebagai tablet atau bahkan sebagai sebuah kanvas digital. Untuk dapat mendukung fleksibilitas mode penggunaannya, ASUS juga sudah menyertakan sebuah stylus khusus yang memiliki 4.096 pressure level dengan dukungan Windows Ink. Hal ini membuat laptop ini sangat cocok untuk para insan kreatif, seperti ilustrator digital ataupun komikus digital.

Soal performa, ZenBook Flip S UX371 sudah ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru. Penggunaan prosesor ini memastikan laptop ini memiliki performa terbaik di kelasnya. Tidak hanya itu, prosesor generasi ke-11 dair perusahaan asal Amerika Serikat ini juga terkenal memiliki konsumsi daya yang lebih hemat dan efisien jika dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya. Chip grafis Intel Iris XE Graphics juga hadir pada laptop ini. Meskipun tergolong integrated graphics, Iris XE memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya, namun tetap dengan konsumsi daya yang sangat rendah. Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan mengapa laptop ini mampu memiliki daya tahan baterai yang tergolong panjang.

Mendampingi prosesor dan chip grafis terintegrasi tersebut, ZenBook Flip S UX371 dilengkapi dengan media penyimpanan berjenis NVMe PCIe 3.0 SSD berkapasitas hingga 1 TB dan memori RAM berkapasitas hingga 16 GB. Dengan media penyimpanan yang lapang dan memori RAM yang besar, menyimpan banyak file serta menjalankan beragam aplikasi sekaligus untuk multitasking akan terasa mulus dan lancar pada laptop ini.


Gambar dari dokumen ASUS.


ZenBook Flip 13 UX363 menjadi jagoan selanjutnya dari jajaran ZenBook terbaru. Sama seperti saudaranya, UX371, laptop ini juga memiliki form factor berjenis convertible yang membuatnya dapat digunakan seperti layaknya tablet atau kanvas digital. Jenis layarnya pun sama, yakni menggunakan layar berjenis OLED, namun dengan resolusi Full HD.

Di sektor spesifikasi teknis, ZenBook Flip 13 UX363 membawa "jeroan" yang mirip dengan UX371. Perbedaannya terletak pada opsi varian, di mana laptop ini memiliki dua varian: Core i7 dan Core i5.  Varian Core i7 memiliki konfigurasi media penyimpanan internal NVMe PCIe 3.0 SSD berkapasitas 1 TB dengan memori RAM sebesar 16 GB. Sedangkan untuk varian Core i5 memiliki konfigurasi media penyimpanan internal NVMe PCIe 3.0 SSD berkapasitas 512 GB dengan memori RAM sebesar 8 GB.

ZenBook S UX393 menjadi pilihan yang lebih konservatif bagi sebagian konsumen. Hadir dengan desain clamshell yang tradisional, namun tetap menonjolkan sisi premium dan mewah. Laptop ini juga telah didesain khusus agar penggunanya dapat lebih produktif. Hal ini dibuktikan dengan rasio layar 3:2 yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan lebih banyak konten dalam satu layar. Dengan rasio layar tersebut pula, resolusi dari layar laptop ini menjadi 3,3K atau 3.300 x 2.200 piksel. Sedikit berbeda dengan layar dari ZenBook Flip S dan Flip 13, UX393 masih menggunakan panel IPS. Meskipun IPS, tetap saja layar dari laptop ini sudah mengantongi sertifikasi dari PANTONE serta TUV Rheinland.

Soal performa, ZenBook S UX393 juga diperkuat dengan konfigurasi yang sama dengan ZenBook Flip S UX371. Sehingga perbedaan diantara keduanya hanyalah terletak pada bagaimana cara pengguna akan menggunakan laptop-nya. Jika membutuhkan layar yang dapat dilipat dan stylus, maka UX371 bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun jika penggunanya seperti penulis, yang lebih banyak memiliki aktivitas pengolahan dokumen teks, maka UX393 dengan form factor berjenis clamshell dan rasio layar 3:2 menjadi pilihan yang lebih relevan.


Gambar dari dokumen ASUS.


Perlu diketahui, baik ZenBook Flip S UX371, ZenBook Flip 13 UX363, serta ZenBook S UX393 termasuk ke dalam jajaran laptop yang telah terverifikasi sebagai laptop Intel EVO. Artinya, ketiga laptop ZenBook terbaru ini dipastikan memiliki performa yang sangat responsif, konektivitas terdepan, serta daya tahan baterai yang lebih lama. Verifikasi Intel EVO ini hanya bisa didapatkan oleh jajaran laptop kelas premium yang diperkuat oleh jajaran prosesor Intel Core generasi ke-11.

Dikarenakan kondisi pandemi yang tidak kunjung berakhir, aktivitas video conference call yang dilakukan dari rumah menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para pengguna, termasuk penulis. Menjawab akan kebutuhan akan konfigurasi kamera dan mic yang bagus, ASUS telah melengkapi ZenBook Flip S UX371, ZenBook Flip 13 UX363, serta ZenBook S UX393 dengan teknologi IR Camera beresolusi HD dan juga AI Noise-Cancelling. Penggunaan teknologi IR Camera memungkinkan ketiga jajaran ZenBook terbaru ini memiliki kemampuan pemrosesan gambar yang lebih baik, sehingga dapat memaksimalkan pengalaman pengguna saat melakukan aktivitas video conference call. Sedangkan fitur AI Noise-Cancelling dapat membantu untuk meminimalisir suara bising di sekitar pengguna agar tidak bocor saat berbicara di dalam sesi video conference call. Dengan jam terbang bekerja dari rumah yang lebih tinggi saat ini, tentunya kedua fitur tersebut akan sangat berguna.


ASUS ZenBook Flip S UX371, ZenBook Flip 13 UX363, dan ZenBook S UX393 sudah dapat dibeli di toko laptop terdekat. Jika pengguna berminat untuk meminang salah satu unit dari jajaran ZenBook terbaru ini, siapkan saja budget mulai dari Rp18.299.000.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.