Langsung ke konten utama

3 Hal Ini Membuat Samsung Galaxy A72 Begitu Memikat

Samsung Indonesia baru saja meluncurkan seri Galaxy A terbaru untuk 2021. Ponsel yang terdiri dari Galaxy A32, A52, serta A72 tersebut meneruskan eksistensi perusahaan asal Korea Selatan ini untuk dapat bersaing di kelas menengah (midrange). Selain membawa peningkatan di sektor dapur pacu, ketiganya juga membawa ubahan desain dan beberapa fitur terkini. Salah satunya adalah kembalinya fitur tahan air dan debu yang dahulu menjadi salah satu keunggulan di seri A keluaran 2018.


samsung galaxy a72
Gambar dari samsung.com/id.


Dari ketiga seri Galaxy A terbaru untuk 2021 ini, penulis pribadi paling tertarik dengan Galaxy A72. Selain fiturnya yang paling komplit, ponsel ini juga memiliki layar paling luas dan baterai paling besar diantara ketiganya. Tidak lupa, banderol harganya pun di bawah dari generasi sebelumnya. Ya, kamu tidak salah dengar, gadgeteers! Samsung membanderol harga resmi Galaxy A72 di Rp5.999.000 untuk varian 8/128 GB dan Rp6.399.000 untuk varian 8/256 GB. Harga ini tentunya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Galaxy A71 yang pada saat diluncurkan tahun lalu dibanderol sekitar Rp6.499.000 untuk varian 8/128 GB. Penulis sendiri saat ini juga masih menggunakan Galaxy A71 sebagai ponsel kerja yang dipinjamkan dari kantor.

Menurut penulis, ada tiga hal yang membuat Samsung Galaxy A72 begitu memikat di mata penulis. Apa sajakah ketiga hal tersebut? Simak pemaparan penulis di bawah ini ya!

Konfigurasi kamera yang dapat diandalkan

Samsung seri Galaxy A sejatinya memang memiliki kamera yang performanya sangat baik di kelasnya. Galaxy A72 ini sebenarnya memiliki konfigurasi kamera yang mirip dengan Galaxy A52, yakni kamera primer 64 megapiksel dengan bukaan f/1.8 dan dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS), kamera sekunder 12 megapiksel dengan lensa ultra lebar dan bukaan f/2.4, serta kamera tersier 5 megapiksel dengan lensa makro dan bukaan f/2.4. Namun, keduanya memiliki kamera keempat yang berbeda dan cukup menjadi dealbreaker, di mana Galaxy A52 hanya dibekali kamera 5 megapiksel yang berfungsi sebagai sensor kedalaman, sedangkan Galaxy A72 dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel dengan lensa telefoto yang mampu melakukan 3x optical zoom. Hal ini membuat Galaxy A72 menjadi satu-satunya ponsel kelas midrage yang dibekali dengan kemampuan tersebut saat ini.


kamera belakang samsung galaxy a72
Gambar dari samsung.com/id.


Dengan kehadiran OIS di kamera primer dan kamera keempat dengan lensa telefoto, maka kemampuan Galaxy A72 dalam menangkap momen pada kondisi cahaya redup akan lebih jernih dan minim blur. Tidak hanya itu, kemampuannya dalam menstabilisasi perekaman video juga pastinya akan lebih baik lagi. Walaupun, sebenarnya Samsung seri Galaxy A ini memang sudah sangat superior soal kestabilan perekaman video dengan adanya fitur Super Steady. Untuk kamera depannya sendiri, ponsel ini dibekali dengan kamera 32 megapiksel.

Layar kinclong dengan refresh rate hingga 90 Hz

Siapa sih yang tidak terpikat dengan layar Super AMOLED dari Samsung? Penulis yakin mayoritas pengguna Samsung pasti akan sulit untuk pindah ke jenis layar lain setelah memakai layar Super AMOLED milik Samsung dalam jangka waktu yang lama. Kali ini, Galaxy A72 masih membawa ukuran dan resolusi yang sama dengan pendahulunya, yakni 6,7 inci dengan resolusi 1.080 x 2.400 piksel atau Full HD+. Desain notch dari kamera depannya pun masih sama-sama mengadopsi desain Infinity-O Display. Perbedaannya terletak para refresh rate yang disajikan oleh Samsung pada Galaxy A72, dimana sudah memiliki kemampuan untuk menampilkan refresh rate hingga 90 Hz. Dengan refresh rate yang lebih tinggi tersebut, tentunya kamu akan merasakan pengalaman penggunaan yang lebih mulus dan lancar ketika bernavigasi di dalam One UI 3.0 pada ponsel ini.


super amoled 90 hz samsung galaxy a72
Gambar dari samsung.com/id.


Hal yang tidak kalah penting dari layar Samsung Galaxy A72 ini adalah kemampuannya untuk meningkatkan brightness hingga 800 nits. Layar dengan tingkat kecerahan yang tinggi tersebut membuatmu tidak perlu kesulitan saat berada di luar ruangan dan terpapar oleh sinar matahari. Sedangkan jika kamu adalah pengguna yang sering melihat layar ponsel dalam keadaan ruangan yang gelap, maka Samsung juga menghadirkan Eye Comfort Shield pada ponsel ini sehingga efek sinar biru yang dapat melelahkan mata bisa diminalisir.

Baterai berdaya besar dan rating IP67

Samsung mengombinasikan baterai berdaya besar 5.000 mAh dengan chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang terkenal hemat daya. Dari kombinasi tersebut, bukan tidak mungkin ponsel ini dapat bertahan seharian penuh dengan penggunaan yang wajar. Pengisian baterainya pun cukup andal dengan kehadiran fitur pengisian daya cepat hingga 25 W. Mungkin terasa inferior jika dibandingkan dengan pengisian daya 30 W yang lazim dibawa oleh ponsel kompetitornya, namun biasanya 25 W milik Samsung memiliki waktu pengisian daya real yang lebih cepat.


baterai 5000 mah galaxy a72
Gambar dari samsung.com/id.


Seperti yang sudah penulis sebutkan di awal, Samsung Galaxy A72 juga membawa sertifikasi tahan air dan debu dengan rating IP67. Artinya, kamu bisa dengan aman membawa ponsel ini ke dalam air dengan maksimal kedalaman hingga satu meter dalam waktu maksimal hingga 30 menit. Setidaknya, kamu tidak perlu takut ponsel ini rusak ketika dalam kondisi kehujanan ataupun ketumpahan air secara tidak sengaja.


Itulah tiga hal yang membuat Samsung Galaxy A72 begitu memikat di mata penulis. Selain tiga hal tersebut, sebenarnya ada beberapa hal lain yang menjadi pertimbangan penulis. Misalnya, konfigurasi speaker yang sudah stereo membuat ponsel ini akan sangat menyenangkan ketika saat menikmati konten video. Keberadaan NFC juga bisa memudahkan penulis ketika ingin mengecek ataupun melakukan isi ulang saldo uang elektronik. Satu hal lainnya, yakni warna hitamnya yang pekat dan memiliki tekstur bodi matte membuat ponsel ini jadi terlihat sangat elegan dan berkelas.


Berminat untuk meminang Samsung Galaxy A72? Sepengetahuan penulis, ponsel ini berikut saudaranya, yakni Galaxy A32 dan A52, sudah bisa dibeli secara langsung di toko ritel daring maupun luring. Aksesorisnya pun sudah banyak beredar di pasar daring favorit warganet Indonesia. Penulis sarankan agar kamu berburu promo dari toko daring, baik berupa cashback ataupun bonus aksesoris, agar nilai yang kamu dapatkan saat membeli ponsel ini lebih sepadan dengan uang yang kamu keluarkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.