Langsung ke konten utama

AMD Perkenalkan Kartu Grafis Radeon RX 6700 XT

AMD sebagai salah satu produsen prosesor dan kartu grafis kenamaan dunia, memperkenalkan kartu grafis jagoan terbaru mereka, yakni AMD Radeon RX 67000 XT pada 3 Maret 2021 kemarin. Kartu grafis yang dibuat berdasarkan arsitektur terobosan AMD RDNA 2 tersebut dilengkapi dengan AMD Infinity Cache 96MB berperforma tinggi, memori GDDR6 berkecepatan tinggi hingga 12 GB, dan AMD Smart Access Memory. Radeon RX 6700 XTsiap untuk memberikan performa yang luar biasa, visual yang tajam, serta fitur perangkat lunak canggih yang mampu mendefinisikan ulang tingkatan gaming pada resolusi 1440p.


kartu grafis radeon rx 6000 series
Gambar dari dokumen AMD.


Corporate VP and GM Graphics Business Unit AMD, Scott Herkelman, mengatakan jika game modern saat ini lebih menuntut dari sebelumnya. Maka dari itu, perangkat kartu grafis membutuhkan peningkatan level daya komputasi sehingga dapat menghadirkan pengalaman menakjubkan dan imersif yang diharapkan para gamer. Kami merancang kartu grafis AMD Radeon RX 6700 XT yang sangat cocok untuk gaming di resolusi 1440p. Buagi sebagian besar gamer yang masih bermain dengan kartu grafis berusia tiga hingga empat tahun, ini adalah solusi peningkatan sempurna yang dirancang untuk menghadirkan visual yang luar biasa dan tanpa kompromi dengan performa tinggi di pengaturan grafis maksimum.

Agar dapat memanfaatkan performa luar biasa ini, AMD berharap kepada lebih dari 40 pembuat sistem dan OEM diharapkan meluncurkan PC desktop berperforma tinggi yang didukung oleh kartu grafis baru. Salah satunya adalah HP, dimana mereka diharapkan bisa memperbarui dua sistem game desktop pada musim semi ini, yakni HP OMEN 25L dan 30L. Keduanya akan diperkuat oleh kartu grafis AMD Radeon RX 6700 XT dan prosesor desktop AMD Ryzen 5000 series. Gaming Platform Head HP Inc, Judy Johnson, mengatakan jika pihaknya sangat senang untuk memberikan performa terbaik pada desktop OMEN 25L dan 30L dengan menambahkan kartu grafis AMD Radeon RX 6700 XT agar para gamer dapat menikmati petualangan epik mereka di seluruh dunia.

Secara teknologi, seperti yang sudah disebutkan di awal artikel ini, bahwa AMD Radeon RX 6700 XT dibuat berdasarkan arsitektur AMD RDNA 2 yang memiliki proses fabrikasi 7 nm. Hal ini membuat RX 6700 XT memiliki perpaduan performa yang tinggi, namun tetap memiliki efisiensi daya yang optimal. Fitur-fitur lainnya yang juga hadir pada kartu grafis terbaru dari AMD ini antara lain:

  • AMD Infinity Cache – Hadirnya 96MB Cache data level terakhir pada die GPU menyediakan bandwidth hingga 2,5x lebih tinggi pada tingkatan daya yang sama dengan arsitektur tradisional untuk memberikan performa gaming yang lebih tinggi. 
  • AMD Smart Access Memory – Membuka performa yang lebih tinggi saat memasangkan kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series dengan AMD Ryzen 5000 atau Prosesor Desktop Ryzen 3000 Series dan motherboard AMD seri 500 tertentu. Fitur ini mampu untuk menyediakan prosesor AMD Ryzen dengan akses ke memori grafis GDDR6 berkecepatan tinggi yang menghadirkan peningkatan performa hingga 16 persen.
  • 12GB High-Speed GDDR6 VRAM – Didesain untuk menangani beban tekstur yang semakin meningkat dan tuntutan visual yang lebih besar pada game modern saat ini dengan resolusi dan setting maksimal yang lebih tinggi, kartu grafis baru dengan memori GDDR6 sebesar 12 GB memungkinkan para gamer untuk bermain game AAA yang paling menuntut.
  • AMD FidelityFX – Terintegrasi ke lebih dari 40 game dan terus bertambah, AMD FidelityFX adalah toolkit open-source dari efek peningkatan visual bagi para pengembang game yang tersedia di AMD GPUOpen. Dioptimalkan untuk kartu grafis AMD Radeon, AMD FidelityFX mencakup kumpulan pencahayaan raster yang kuat, efek bayangan dan refleksi yang dapat diintegrasikan ke dalam game terbaru dengan performa overhead minimal.  
  • DirectX® Raytracing (DXR) – Kartu grafis berbasis arsitektur AMD RDNA 2 dioptimalkan untuk menghadirkan pencahayaan real-time, bayangan, dan refleksi dengan DXR, memberikan pengalaman bermain game yang menakjubkan. Saat dipasangkan dengan AMD FidelityFX, para pengembang dapat menggabungkan efek rasterized dan ray-tracing untuk memberikan keseimbangan yang ideal antara kualitas gambar dan performa gaming.  
  • AMD Radeon Anti-Lag – Kini dengan dukungan untuk DirectX 12 API, AMD Radeon Anti-Lag mengurangi waktu respon input-to-display, menjadikan game lebih responsif dan menawarkan keunggulan kompetitif pada gameplay.   
  • AMD Radeon Boost – Kini dengan dukungan untuk Variable Rate Shading, AMD Radeon Boost memberikan peningkatan performa hingga 27 persen selama skenario permainan gerak cepat dengan secara dinamis mengurangi resolusi gambar atau dengan memvariasikan tingkat bayangan untuk berbagai area bingkai, meningkatkan framerate dan fluiditas, dan memperkuat daya resposnif dengan hampir tanpa berdampak pada kualitas gambar.

Kartu grafis AMD Radeon RX 6700 XT ini diharapkan akan tersedia dari AMD.com, serta dari para rekanan AMD seperti ASRock, ASUS, Gigabyte, MSI, PowerColor, SAPPHIRE, dan XFX pada 18 Maret 2021 mendatang. Konsumen bisa membelinya mulai dari USD 479 (sebelum pajak). Kapan kartu grafis ini akan menyambangi pasar Indonesia? Kita tunggu saja kabarnya ya, gadgeteers!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.