Langsung ke konten utama

ASUS TUF Dash F15 FX516 Buktikan Gaming Laptop Ringkas Juga Bisa Terjangkau

ASUS baru saja memperkenalkan gaming laptop seri TUF terbaru mereka, yakni ASUS TUF Dash F15 FX516. Gaming laptop tersebut mengukuhkan statusnya sebagai gaming laptop pertama di Indonesia yang diperkuat oleh prosesor Intel Core H-Series generasi ke-11. Tidak hanya itu, tenaganya juga semakin kuat dengan kehadiran chip grafis terbaru, yakni Nvidia GeForce RTX 3060 dan 3070. Segala kekuatan tersebut dibalut dengan desain baru yang lebih segar dengan standar militer serta dengan bobot yang lebih ringan dan ringkas.


asus tuf dash terbaru
Gambar dari dokumen ASUS.


Jika melirik pada judul yang dibuat oleh penulis, gaming laptop ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Ya, ASUS memang memposisikan seri TUF sebagai versi "hemat" dari jajaran ROG mereka yang menyasar pasar lebih premium. Maka dari itu, ASUS TUF Dash F15 FX516 ini dibanderol hanya Rp21.999.000 saja untuk varian RTX 3060 dengan RAM 8 GB, SSD 512 GB, dan layar 144 Hz. Sedangkan untuk varian RTX 3070 dengan RAM 16 GB, SSD 1 TB, dan layar 240 Hz, calon pembeli cukup merogoh kocek Rp30.999.000 saja. Harga tersebut terbilang cukup terjangkau untuk sebuah gaming laptop dengan spesifikasi teknis yang ditawarkan oleh ASUS TUF ini. Apalagi dengan kondisi saat ini, di mana para gamer yang biasa merakit PC kesulitan untuk mencari VGA RTX 3000 series karena kelangkaan stok, ASUS TUF Dash F15 yang sudah diperkuat oleh RTX 3060 dan 3070 jadi alternatif yang menarik.

Pihak ASUS sendiri mengatakan bahwa gaming laptop sejatinya tidak hanya untuk keperluan bermain game saja. Banyak pengguna, khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa, melakukan aktivitas sehari-hari ditunjang oleh gaming laptop yang mereka miliki.  Baik itu mengerjakan tugas, membuat konten digital, hingga menikmati konten hiburan seperti musik dan video streaming. Penulis sendiri gemar untuk mengerjakan tugas kantor dan melakukan aktivitas pengolahan dokumen menggunakan gaming laptop. Selain rata-rata ukuran layarnya yang luas (lebih dari 15 inci), gaming laptop juga memiliki "jeroan" yang sangat mumpuni sehingga aktivitas bekerja menjadi lebih mulus dan lancar.

Melihat dari kasus di atas, ASUS TUF Dash F15 FX516 dirancang untuk dapat mengakomodir segala kebutuhan, tidak terbatas pada gaming saja. Hal ini tercerminkan pada ukurannya yang terbilang ringkas dan ringan. Ketebalan laptop ini tidak lebih dari 2 cm, serta bobotnya juga terjaga hanya di 2 kg saja. Dengan ukuran yang ringkas tersebut, siapapun bisa menikmati kekuatan dari prosesor Intel Core H-Series generasi ke-11 dan Nvidia RTX 3000 series dari mana saja dan kapan saja lebih mudah dan portabel.


gaming laptop ringkas dan ringan
Gambar dari dokumen ASUS.


Berbicara soal kekuatan dari prosesor dan chip grafis, tidak dipungkiri ASUS TUF Dash F15 FX516 berani tampil menggunakan komponen terbaru dan terbaik yang belum hadir di gaming laptop manapun. Banyak produsen lain yang masih memanfaatkan Intel Core H-Series generasi ke-10 pada gaming laptop mereka saat ini. ASUS membawa kejutan pada TUF Dash F15 dengan membawa Intel Core H-Series generasi ke-11, tepatnya prosesor Intel Core i7-11370H. Prosesor yang terdiri dari empat cores dan delapan threads ini memiliki Intel Smart Cache sebesar 12 MB serta kecepatan standar 3,3 GHz yang dapat dipacu hingga 4,8 GHz. Tidak hanya itu, prosesor yang masuk ke dalam generasi Tiger Lake ini juga memiliki chip grafis terintegrasi Intel Iris XE, dimana chip grafis ini memiliki konsumsi daya yang begitu rendah namun tetap memiliki tenaga yang cukup kuat.

Nilai jual utama dari sebuah gaming laptop tentu ada pada chip grafis tambahan yang dibawa. Seperti yang penulis sudah tuliskan di awal artikel, ASUS TUF Dash F15 FX516 diperkuat oleh Nvidia GeForce RTX 3000 series, tepatnya RTX 3060 dan 3070. Kedua chip grafis baru tersebut memastikan gaming laptop ini tidak hanya kuat untuk menjalankan game kelas AAA terkini. Selain itu, keduanya juga mampu meningkatkan kinerja beberapa aplikasi pembuatan konten agar dapat berjalan lebih lancar dengan waktu proses yang lebih cepat. Performa dari chip grafis pada laptop ini juga dapat didongkrak lebih jauh lagi dengan teknologi GPU Boost. Fitur yang dapat diaktifkan melalui mode Turbo pada aplikasi Armoury Crate ini memungkinkan chip grafis untuk berjalan di atas clock speed standar sehingga dapat menghadirkan performa yang lebih tinggi.

Menunjang kebutuhan multitasking dan penyimpanan data, ASUS membekali TUF Dash F15 FX516 dengan RAM DDR4 3200 MHz hingga 16 GB serta media penyimpanan SSD berjenis M.2 NVMe PCIe berkapasitas hingga 1 TB. Sistem pendingin pada laptop ini juga sudah ditingkatkan dari TUF generasi sebelumnya. Sekarang, gaming laptop ini sudah menggunakan sistem pendingin Intelligent Cooling yang dilengkapi oleh beberapa teknologi terkini. Salah satunya penggunaan kipas dengan 83 bilah yang dapat mengalirkan udara yang lebih baik, namun tetap memiliki tingkat kebisingan yang rendah. Kipas tersebut juga dilengkapi dengan teknologi Enhanced Self-Cleaning Cooling yang membuat debu dan partikel kecil tidak mudah tersangkut sehingga memberikan peningkatan performa pendinginan hingga 15%. Tidak lupa, ASUS juga memberikan fitur bernama CoolZone Keyboard yang membuat zona disekitar keyboard tetap dingin sehingga kenyamanan pengguna saat bermain game tidak akan terganggu.


Gambar dari dokumen ASUS.


Berbicara mengenai konektivitas, ASUS TUF Dash F15 FX516  memiliki konektivitas fisik maupun nirkabel yang sangat lengkap untuk dapat menunjang produktivitas. Mulai dari port standar seperti USB-A, HDMI, LAN, 3,5 mm audio jack, hingga port modern seperti Thunderbolt 4 yang sudah mendukung teknologi display output dan power delivery tersedia pada gaming laptop ini. Dengan beragam port tersebut, pengguna dapat dengan mudah menghubungan berbagai perangkat ke Dash F15. Bahkan, di saat banyak produsen laptop mengurangi keberadaan USB-A, ASUS masih memberikan tiga port USB-A pada gaming laptop ini, agar para gamer bisa menyambungkan mouse, keyboard, dan satu perangkat penunjang lainnya. Di sisi konektivitas nirkabel, ASUS membekali laptop ini dengan Wi-Fi 6 dan juga Bluetooth 5.1.


Tertarik untuk membawa pulang ASUS TUF Dash F15 FX516? Kamu sudah bisa menemukan gaming laptop ringkas ini di toko komputer langgananmu. Dengan langkanya RTX 3000 series untuk PC desktop saat ini, penulis rasa memilih gaming laptop yang diperkuat oleh Intel Core H-Series generasi ke-11 dan RTX 3060/3070 adalah alternatif yang sangat menarik. Bahkan, penulis berani memprediksi jika TUF Dash F15 ini akan laris manis dan cukup langka di pasaran. Sebelum hal tersebut kejadian, sebaiknya kamu segera meminangnya, gadgeteers!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.