Langsung ke konten utama

Review Lenovo ThinkPad T14S: Bikin Kerja Makin Lancar

Lenovo seri ThinkPad menjadi salah satu laptop bisnis yang melegenda. Sudah bertahun-tahun dipercaya oleh kalangan profesional sebagai "laptop perang" yang dapat menunjang pekerjaan sehari-hari. Kualitas fisik yang kokoh, kenyamanan keyboard tanpa tanding, dan berbagai fitur keamanan yang tertanam di dalamnya menjadikan ThinkPad sebagai laptop bisnis yang pertama kali terlintas di segmen bisnis ataupun korporasi.


review thinkpad t14s


Penulis sudah pernah mengulas ThinkPad X395 pada tahun lalu. Laptop bisnis tersebut diperkuat oleh platform AMD Ryzen Pro 3000 Series yang tidak hanya memberikan performa tinggi untuk menunjang aktivitas kalangan profesional, tapi juga kestabilan performa dan keamanan data. Bagi penulis, ThinkPad X395 merupakan laptop bisnis yang hampir sempurna. Bahkan kekurangannya bisa dibilang sangat minor dan penulis pun tidak masalah dengan kekurangannya tersebut.

Kali ini, penulis kedatangan Lenovo seri ThinkPad generasi terbaru yang diperkuat platform AMD Ryzen Pro 4000 Series. Laptop bisnis yang bernama Lenovo ThinkPad T14S tersebut hadir tidak hanya membawa peningkatan performa yang cukup tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tapi juga mempertahankan beberapa hal baik yang sebelumnya sudah hadir. Lalu seperti apa pengalaman penulis bekerja menggunakan ThinkPad T14S ini? Simak ulasannya di bawah ini ya!

Fisik

Lenovo ThinkPad T14S membawa garis desain yang sama persis dengan model ThinkPad lainnya. Hadir dengan desain klasik berwarna hitam beraksen semi karbon yang khas, seolah-olah memperlihatkan betapa tangguhnya laptop ini. Kalau boleh penulis berpendapat, desain seperti ini menjadikan ThinkPad T14S terlihat profesional dan sederhana. Sangat cocok bagi kalangan profesional yang umumnya lebih menyukai laptop berdesain minimalis. Dan seperti ThinkPad pada umumnya, tersemat logo legendaris ThinkPad pada ujung kiri atas pada sisi bodi di belakang layar.

Di sektor layar, laptop ini memiliki layar seluas 14 inci yang membuat ukurannya terbilang ringkas dengan bobot yang ringan. Layar tersebut memiliki resolusi 1.920 x 1.080 piksel berjenis IPS LCD dan dilengkapi dengan fitur anti-glare yang dapat meminimalisir pantulan cahaya. Layar ini juga mengadopsi fitur layar sentuh, sehingga jika diperlukan kamu bisa menggunakan jarimu untuk bernavigasi. Bezel di sekeliling layar sudah terlihat lebih tipis jika dibandingkan dengan seri ThinkPad generasi sebelumnya, meskipun masih kalah tipis jika dibandingkan dengan laptop modern saat ini. Kamu bisa menemukan sebuah webcam beresolusi 720p yang dilengkapi dengan ThinkShutter yang berfungsi untuk menutup kamera ketika sedang tidak digunakan.


review lenovo thinkpad t14s


Keyboard merupakan salah satu nilai jual utama dari Lenovo seri ThinkPad, termasuk keyboard yang terdapat pada ThinkPad T14S ini. Memiliki sudut tuts yang tumpul dan adanya lengkungan pada tengah tuts, keyboard ini mampu memberikan penulis sensasi mengetik yang sangat empuk dan nyaman. Jarak antar tuts juga terasa pas, tidak terlalu dempet ataupun renggang. Terdapat fitur backlit dibalik keyboard ini yang bisa membantu penulis untuk mengetik dalam ruangan yang gelap. Di bawah keyboard tersebut, terdapat sebuah touch pad yang terletak tepat sejajar dengan tuts space bar. Touch pad tersebut dilengkapi dengan dua buah tombol fisik yang sangat memudahkan penulis untuk melakukan klik kanan ataupun kiri. Tidak lupa kehadiran "pentil merah" atau yang biasa disebut dengan track pad di antara tuts G, H, dan B yang dapat digunakan sebagai pengganti mouse untuk kemudahan navigasi.


review lenovo thinkpad t14s

review lenovo thinkpad t14s


Soal konektivitas fisik, ThinkPAd T14S memiliki port yang sangat lengkap. Di sisi kiri terdapat dua buah USB-C yang juga berperan sebagai pengisi daya serta mendukung Display Port dan pengiriman data, sebuah USB-A 3.2 Gen 1, HDMI 2.0, audio jack 3,5 mm, serta microSD card reader. Sedangkan di sisi kanan terdapat sebuah kensington lock, ethernet port, USB-A 3.2 Gen 1, serta sebuah smart card. Layaknya laptop modern saat ini, kamu tidak akan menemukan optical drive pada laptop ini. Sedangkan untuk konektivitas nirkabel, laptop ini diperkuat oleh Intel Wi-Fi 6 AX200 802.11AX (2 x 2) serta Bluetooth 5.1.


review lenovo thinkpad t14s

review lenovo thinkpad t14s


Performa

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, Lenovo ThinkPad T14S diperkuat oleh jagoan AMD di segmen bisnis, yakni AMD Ryzen PRO 4000 Series, lebih tepatnya AMD Ryzen 7 PRO 4750U. Prosesor ini memiliki delapan inti dan 16 threads yang berjalan pada kecepatan standar 1,7 GHz dan bisa digeber hingga 4.1 GHz ketika diperlukan. Untuk RAM bawaannya, Lenovo memberikan RAM sebesar 8 GB berjenis DDR4 sebanyak satu keping yang telah tersolder pada motherboard. Terasa kurang? Tidak perlu khawatir, sebab tersedia sebuah slot kosong yang bisa kamu isi dengan satu keping tambahan dengan kapasitas maksimal 16 GB.

Lalu bagaimana pengalaman penulis menggunakan ThinkPad T14S untuk bekerja sehari-hari? Menurut penulis, laptop ini memiliki performa yang sangat lincah sehingga dapat diandalkan untuk mengerjakan pekerjaan mengolah dokumen penulis sehari-hari. Baik itu mengolah dokumen menggunakan aplikasi Office, melakukan editing foto ringan menggunakan GIMP, ataupun membuka Chrome dengan banyak tab sekaligus. Paduan prosesor kelas flagship dari AMD Ryzen PRO dan RAM sebesar 8 GB menjadikan laptop ini dapat diandalkan untuk multitasking. Meskipun penulis sangat menyarankan jika kamu ingin membeli laptop ini, belilah RAM satu keping lagi sebesar minimal 8 GB untuk menjadikan laptop ini berjalan pada konfigurasi dual channel. Pastinya kamu sudah hafal, jika prosesor AMD memiliki peningkatan performa yang signifikan ketika dipadukan dengan RAM yang memiliki konfigurasi dual channel.


review lenovo thinkpad t14s

review lenovo thinkpad t14s

review lenovo thinkpad t14s






Walaupun didaulat sebagai laptop bisnis, namun tidak ada salahnya jika penulis menguji coba laptop ini dengan beberapa game kasual yang biasa penulis mainkan. Dengan mengatur pengaturan grafis ke "rata kiri" pada game Counter Strike: Global Offensive dan DOTA 2, penulis mendapatkan jalannya permainan ayng cukup lancar dan mulus dengan rata-rata frame rate sekitar 55 fps untuk CSGO dan 106 fps untuk DOTA 2. Penulis juga mencobanya untuk bermain dalam jangka waktu yang agak panjang, yakni sekitar dua pertandingan masing-masing yang memakan waktu lebih kurang satu jam untuk CSGO dan dua jam untuk DOTA 2. Dipakai dalam waktu yang agak panjang tersebut, tidak ada penurunan performa yang penulis rasakan ketika berada di dalam permainan. Walaupun bisa kamu lihat pada hasil pengujian benchmark sintetis di bawah, jika di beberapa momen tertentu laptop ini sengaja "membatasi" kinerja prosesor AMD Ryzen 7 PRO 4750U agar tidak terjadi overheat.

Di sektor media penyimpanan internal, Lenovo ThinkPad T14S dibekali dengan sebuah SSD PCIe 3.0 M.2 berkapasitas 512 GB. Dengan penggunaan SSD, tentu saja membuat pengoperasian laptop ini di berbagai aplikasi menjadi lebih cepat. Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh penulis, terlihat bahwa kinerja SSD pada laptop ini cukup kencang dan tentunya jauh meninggalkan kecepatan yang ditawarkan oleh media pennyimpanan berjenis HDD.

Berikut adalah hasil uji performa yang penulis lakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark sintetis dan game yang penulis mainkan:

Pengujian Cinebench R20
RUN 13077
RUN 23123
RUN 33127
RUN 42135
RUN 52051
RUN 62726
RUN 72188
RUN 82003
RUN 92767
RUN 103055
Pengujian 3DMark Fire Strike (Graphics Score)
RUN 12288
RUN 22283
RUN 32288
RUN 42294
RUN 52289
RUN 62297
RUN 72299
RUN 82132
RUN 92300
RUN 102295

GameMin FPSMax FPSAvg FPS
Counter Strike: Global Offensive
(1.280 x 720, All Low, AA Off)
2418655
DOTA 2
(1.280 x 720, Fastest, Exclusive Fullscreen)
81121106

review lenovo thinkpad t14s



Audio

Sebagai laptop segmen bisnis, Lenovo ThinkPad T14S tentu tidak menonjolkan fitur audio layaknya laptop segmen multimedia lainnya. Namun bukan berarti keluaran suara dari speaker laptop ini jelek, lho. Sepanjang penulis memakai laptop ini untuk melakukan video conferencing, suara yang keluar dari speaker stereo pada laptop ini terdengar cukup lantang dan jelas. Begitu pun ketika digunakan untuk menonton film via Netflix ataupun memutar musik via Spotify, keluaran suaranya masih enak untuk dinikmati. Jika terasa kurang nendang, tenang saja gadgeteers, kamu dapat dengan mudah menghubungkan headset andalanmu via koneksi Bluetooth ataupun audio jack 3,5 mm yang tersedia pada laptop ini.

Suhu

Suhu menjadi salah satu pertimbangan penulis ketika menguji sebuah laptop. Bagaimana dengan suhu pada Lenovo ThinkPad T14S ini? Penulis mengujinya dengan menjalankan Cinebench R20 dan 3DMark Fire Strike secara berturut-turut. Pengukuran suhu ini menggunakan perangkat lunak CoreTemp. Hasilnya, dalam keadaan idle atau menganggur ataupun ketika sedang melakukan pekerjaan ringan, laptop ini memiliki suhu prosesor di kisaran 47-48 derajat celcius. Ketika sudah digunakan dalam keadaan full load atau bekerja penuh, suhu prosesornya meningkat hingga maksimal sekitar 82 derajat celcius. Suhu ini sepertinya sengaja ditahan oleh Lenovo, terlihat dari kinerja prosesornya yang mengalami throttling saat benchmark sudah berjalan selama beberapa kali. Namun penulis sendiri tidak menemukan adanya penurunan performa dalam pemakaian sehari-hari secara langsung, sehingga seharusnya throttling tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Suhu Lenovo ThinkPad T14SIdleLoad
Prosesor AMD Ryzen 7 PRO 4750U47 - 48 c81 - 82 c

Baterai

Sektor baterai mungkin menjadi satu-satunya keluhan yang bisa penulis utarakan di ulasan kali ini. Lenovo ThinkPad T14S sejatinya memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 57 Wh. Namun dalam prakteknya, dengan pola pemakaian ala penulis yang menggunakan laptop ini seharian untuk mengerjakan pekerjaan kantor, seperti mengolah dokumen, melakukan video conferencing, serta mengakses beberapa situs yang terkait pekerjaan, laptop ini hanya mampu bertahan lebih kurang selama enam jam saja ketika Power Management pada Windows diatur ke mode "Better Battery". Akan tetapi, laptop ini juga mampu mengisi daya baterainya kembali dalam waktu yang cukup cepat. Penulis mencobanya untuk mengisi dari 20% ke 100% memerlukan waktu lebih kurang dua jam saja.

Kesimpulan

Lenovo ThinkPad T14S merupakan salah satu laptop profesional yang menyasar kalangan bisnis maupun korporasi yang bisa penulis rekomendasikan saat ini. Performanya yang dapat diandalkan dengan penampilan yang sangat profesional menjadi nilai jual utama dari laptop ini. Belum lagi kehadiran keyboard super nyaman ala ThinkPad yang sulit untuk ditandingi oleh laptop dari jenama lain. Jika saat ini kantormu sedang ingin melakukan pengadaan laptop baru, maka Lenovo ThinkPad T14S patut untuk kamu ajukan kepada departemen teknologi informasi atau siapapun pihak yang mengurusi pengadaan tersebut.

Jika berbicara kekurangan, mungkin penulis akan menitik beratkan pada daya tahan baterai yang terbilang biasa saja. Namun dengan pengisian daya yang cukup cepat, sepertinya kekurangan tersebut masih dapat terobati. Kekurangan lainnya yang penulis alami adalah kualitas gambar dari webcam dari laptop ini agak kurang bagus, apalagi jika kamu menggunakannya di ruang yang kurang cahaya. Hal ini cukup krusial untuk penulis yang saat ini sering melakukan video conferencing. Untuk mengakalinya, biasanya penulis akan menambahkan penerangan tambahan seperti lampu meja ataupun ring light yang ditempatkan di sekitar penulis agar terlihat lebih terang. Oh ya, karena ini merupakan laptop bisnis, biasanya tidak dijual secara ritel di pasaran, melainkan secara B2B melalui pengadaaan via vendor. Oleh karena hal itu pula penulis tidak bisa memberikan harga jual dari laptop ini, sebab penulis tidak menemukan penjual yang menjual laptop ini secara daring di berbagai online marketplace populer di Indonesia.

Berikut adalah nilai yang penulis berikan untuk masing-masing sektor dari hasil pengujian Lenovo ThinkPad T14S:

Nilai Uji Pakai Lenovo ThinkPad T14S
Fisik8.5
Performa9
Audio7
Suhu8
Baterai7
Harga-
Nilai Rata-Rata7.9

Spesifikasi teknis dari Lenovo ThinkPad T14S yang diuji pakai oleh penulis bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini:

Nama ProdukLenovo ThinkPad T14S
ProsesorAMD Ryzen 7 PRO 4750 dengan kecepatan 1,7 GHz yang dapat di-boost hingga 4,1 GHz, delapan cores 16 threads, 8 MB cache.
Chip GrafisAMD Radeon Graphics.
Memori RAM8 GB DDR 4 (Onboard)
Tersedia sebuah
slot RAM yang dapat diisi dengan RAM DDR4
hingga kapasitas maksimal 16 GB.
Media Penyimpanan
512 GB PCIe SSD.
Sistem OperasiWindows 10.
Layar
14.0" (16:9) LED
backlit IPS (1.920 x 1.080) dengan Anti-Glare, layar sentuh, dan tingkat kecerahan hingga 300 nits.
Kamera720p HD Web Camera.
Konektivitas Fisik2 x USB-C (DisplayPort, Power Delivery, Data Transfer).
2 x USB-A 3.2 Gen
1 x
Audio Jack 3,5 mm
1 x RJ-45 LAN
1 x microSD
card reader
1 x HDMI 2.0
1 x
Kensington Lock.
Konektivitas NirkabelIntel Wi-Fi 6 AX200 802.11AX (2 x 2)
Bluetooth 5.1.
AudioSpeaker stereo dengan dukungan Dolby Audio.
Baterai57 Wh dengan teknologi Rapid Charge hingga 65 W.
Dimensi (P x L x T)32,8 x 22,6 x 1,7 cm.
Bobot1,3 kg.
Varian WarnaBlack.
HargaTergantung Kesepakatan dengan Vendor.
GaransiTergantung Kesepakatan dengan Vendor.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.