Langsung ke konten utama

5 Fakta Menarik Seputar vivo X60 dan X60 Pro

vivo Indonesia secara resmi meluncurkan vivo X60 dan X60 Pro untuk pasar Indonesia. Keduanya melengkapi portofolio professional photography flagship smartphone yang sedang dipromosikan oleh pabrikan ponsel asal Tiongkok ini. Hadir dengan beragam inovasi terkini, vivo X60 Series memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta fotografi tanah air. Bisa dilihat pada hadirnya vivo ZEISS Camera System, yakni sebuah inovasi pada teknologi kamera ponsel hasil kemitraan antara vivo dan ZEISS, sebuah perusahaan teknologi lensa terkemuka di dunia.


vivo x60 series indonesia
Gambar dari vivo.com/id.


Selain vivo ZEISS Camera System, ternyata vivo X60 dan X60 Pro memiliki fakta menarik lainnya lho, gadgeteers. Apa sajakah fakta menarik yang dimaksud? Penulis akan menuliskannya di bawah ini, ya!

Fakta pertama: Spesifikasi yang mirip

Biasanya jika sebuah smartphone memiliki lebih dari satu varian, misalnya varian biasa, Pro, ataupun Plus, spesifikasi antar varian akan memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hal tersebut wajar, mengingat kelas harga yang dituju berbeda-beda. Namun lain halnya dengan vivo X60 dan X60 Pro, selidik punya selidik, keduanya memiliki spesifikasi teknis yang mirip. Bahkan bisa dibilang perbedaannya cukup minor.


opsi warna vivo x60 series
Gambar dari vivo.com/id.


Keduanya sama-sama diperkuat oleh chipset yang sama, yakni Qualcomm Snapdragon 870. Sistem kamera yang dipakai pun sama, selain dibekali dengan teknologi dari ZEISS, keduanya sama-sama memiliki kamera primer 48 megapiksel, kamera sekunder 13 megapiksel dengan lensa telefoto dan kemampuan 2x optical zoom, serta kamera tersier 13 megapiksel dengan lensa ultra lebar. Kamu pasti penasaran, lalu di manakah perbedaan dari keduanya?

Meskipun keduanya menggunakan Snapdragon 870, namun keduanya memiliki kapasitas memori RAM dan memori internal yang berbeda. vivo X60 memiliki konfigurasi RAM sebesar 8 GB dan memori internal seluas 128 GB, sedangkan vivo X60 Pro dibekali dengan RAM sebesar 12 GB dan memori internal seluas 256 GB.  Pada sistem kamera, meskipun konfigurasinya mirip, namun ternyata ada beberapa perbedaan. Pertama, vivo X60 Pro dibekali dengan sistem penstabilan gimbal yang dikombinasikan dengan EIS (electronic image stabilization), sedangkan X60 dibekal dengan sistem penstabilan OIS (optical image stabilization) yang dikombinasikan dengan EIS. Selain itu, bukaan di lensa kamera primer keduanya juga berbeda, dimana X60 Pro memiliki bukaan sebesar f/1.48, sedangkan X60 memiliki bukaan sebesar f/1.79 saja.

Fakta kedua: menjadi ponsel modern resmi pertama yang berkolaborasi dengan ZEISS di Indonesia

Terakhir mendengar kamera yang dirancang bersama-sama dengan ZEISS, mungkin pada zaman ponsel belum menjadi "sepintar" sekarang, dimana ZEISS (yang pada saat itu masih dijuluki Carl ZEISS) berkolaborasi dengan pabrikan ponsel asal Finlandia yang menjadi penguasa. Namun setelah era ponsel beralih ke ponsel pintar, dengan sistem operasi Android mendominasi pasar, belum terdengar lagi ada pabrikan ponsel yang berkolaborasi dengan perusahaan teknologi lensa terkemuka asal Jerman tersebut. vivo seakan-akan ingin mengukuhkan posisinya sebagai professional photography flagship smartphone dengan menggandeng ZEISS untuk merancang teknologi inovatif pada sistem kamera ponsel mereka.


sistem kamera vivo x60 series
Gambar dari vivo.com/id.

Fakta ketiga: hadirnya fitur Extended RAM

Fitur Extended RAM pada vivo X60 dan X60 Pro ini memungkinkan keduanya menambah RAM yang dimiliki hingga 3 GB. Jadi, misalnya X60 yang aslinya dibekali dengan RAM 8 GB dan X60 Pro yang dibekali dengan RAM 12 GB, dapat memperbesar RAM masing-masing hingga 11 GB dan 15 GB. Hal ini membuat kamu sebagai pengguna keduanya bisa membuka lebih banyak aktivasi tanpa khawatir aplikasi lainnya terhenti ataupun merasakan lag.


extended ram
Gambar dari vivo.com/id.

Lalu, dari mana RAM sebesar 3 GB tersebut? Secara pintar, baik vivo X60 maupun X60 Pro, mampu untuk "meminjam" sisa kapasitas memori internal untuk dijadikan RAM. Mengingat kapasitas memori internal keduanya cukup lapang, terutama X60 Pro, maka fitur ini kemungkinan besar akan sangat berguna untuk kamu yang suka melakukan multitasking tingkat dewa dengan menjalankan lebih dari 10 aplikasi sekaligus.

Fakta keempat: terhindar dari cerabih kaum mending dengan chipset kelas flagship

Penulis masih ingat sekali saat vivo Indonesia meluncurkan X50 dan X50 Pro, dimana keduanya mendapatkan cerabih (bully-an) yang sangat banyak dari para kaum "mending" yang mewarnai pengguna ponsel di tanah air. Kala itu, keduanya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 765G yang notabene merupakan chipset kelas menengah. Meskipun sebenarnya Snapdragon 765G bukanlah chipset yang buruk dan masuk ke dalam kategori premium midrange, tetap saja hal ini menjadi bahan olok-olok dari para kaum "mending" karena mereka membandingkannya dengan ponsel lain di kelas harga yang sama namun sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon seri 800.


chipset vivo x60 series
Gambar dari vivo.com/id.


Belajar dari pengalaman tersebut, akhirnya vivo menjawab cerabih dari para kaum "mending" dengan membekali vivo X60 dan X60 Pro Qualcomm Snapdragon 870. Chipset tersebut merupakan chipset kelas flagship yang tidak hanya memiliki performa kencang, tapi juga sudah dibekali dengan konektivitas 5G. Penggunaan chipset kelas flagship dengan sistem kamera ZEISS membuat kedua ponsel vivo ini sangat menarik untuk dilirik. Apalagi jika dikombinasikan dengan fakta terakhir selanjutnya.

Fakta kelima: banderol harga resmi yang sama dengan generasi sebelumnya

Ya, kamu tidak salah dengar! vivo Indonesia seakan-akan membawa kejutan bagi para penikmat gawai tanah air. vivo X60 dijual secara resmi seharga Rp7.999.000, sedangkan vivo X60 Pro dibanderol seharga Rp9.999.000. Kedua banderol harga ini sama persis dengan banderol harga pendahulunya, yakni X50 dan X50 Pro. Bayangkan, dengan banderol harga yang sama kamu bisa mendapatkan upgrade yang bisa dibilang cukup jauh. Belum lagi vivo juga menawarkan beberapa promo menarik selama masa pre-order berlangsung, mulai dari cashback hingga satu juta rupiah, hadiah gratis berupa aksesoris senilai hingga 1,1 juta rupiah, free data plan, serta pembayaran dengan metode cicilan 0%.


banner vivo x60 pro blibli
Gambar dari blibli.com.


Itulah lima fakta menarik seputar vivo X60 dan X60 Pro. Dengan beragam inovasi dan fitur yang ditawarkan oleh keduanya, penulis menilai vivo sudah mulai serius untuk menggarap pasar ponsel segmen fotografi dan menawarkannya kepada konsumen dengan banderol harga yang sangat rasional. Penulis pribadi sangat tergiur dengan penawaran yang diberikan oleh vivo ini. Jika ada rezeki lebih, bukan tidak mungkin penulis akan melakukan upgrade dari ponsel daily driver penulis sebelumnya ke vivo X60 Pro. Bagaimana menurut kalian gadgeteers mengenai kedua ponsel flagship terbaru dari vivo Indonesia ini? Yuk sampaikan pendapatmu di kolom komentar!






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.