Langsung ke konten utama

Pengguna Redmi Note 10 Pro Jangan Sedih Dulu

Xiaomi Indonesia meluncurkan POCO X3 Pro dan F3 secara resmi dua hari yang lalu. Seperti biasa, kedua ponsel yang memiliki jargon "The Beast has Risen"tersebut membawa kejutan dari sisi harga dan spesifikasi teknis yang ditawarkan. Bagaimana tidak, dengan banderol harga tiga jutaan, kamu bisa membawa pulang sebuah ponsel yang ditenagai oleh chipset kelas flagship Qualcomm Snapdragon 860 yang tertanam pada X3 Pro dan dengan lima juta, kamu sudah menikmati sebuah ponsel paket komplet yang juga diperkuat oleh chipset kedua terkuat dari Qualcomm saat ini, yakni Snapdragon 870 yang menjadi otak dari F3. Selain chipset, fitur-fitur lainnya seperti refresh rate tinggi pada layar, ukuran baterai besar, serta kemampuan pengisian daya cepat juga hadir di kedua ponsel tersebut.


poco x3 pro
Gambar dari po.co.id/id.


Lucunya, setelah acara peluncuran POCO X3 Pro dan F3 tersebut, banyak pengguna ponsel Xiaomi, terutama yang sebelumnya sudah membeli Redmi Note 10 Pro, merasa sedih. Mereka beranggapan, jika kehadiran POCO X3 Pro sejatinya "membunuh" eksistensi dari saudara sepupunya yang saat ini sudah masuk generasi ke-10 itu. Bagaimana tidak? Secara kasat mata, chipset Qualcomm Snapdragon 860 pada POCO X3 Pro terbilang jauh lebih bertenaga jika dibandingkan dengan Snapdragon 732G pada Redmi Note 10 Pro. Selain itu, POCO X3 Pro juga sudah menggunakan memori internal jenis UFS 3.1, yang tentunya memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat dibandingkan UFS 2.2 yang dipakai oleh Redmi Note 10 Pro. Secara kapasitas, memori internal POCO X3 Pro juga lebih besar, yakni 256 GB berbanding 128 GB yang ada di Redmi Note 10 Pro.

Sebagai pemilik Redmi Note 10 Pro, seharusnya kamu tidak perlu merasa sedih. Memang benar bahwasannya POCO X3 Pro memiliki banderol harga yang sama namun dengan "jeroan" yang sekilas terlihat lebih sangar. Ponsel Redmi Note 10 Pro yang sudah kamu beli tersebut juga tidak kalah bagus, lho. Bahkan, di beberapa aspek rasanya Redmi Note 10 Pro lebih unggul jika dibandingkan dengan POCO X3 Pro. Apa sajakah aspek tersebut?

Kamera

Berbicara soal kamera, konfigurasi kamera yang ada di Redmi Note 10 Pro jelas lebih superior jika dibandingkan dengan yang ada pada POCO X3 Pro. Ponsel Redmi Note generasi ke-10 tersebut mengusung konfigurasi empat kamera di belakang dengan komposisi: kamera primer 108 megapiksel dengan lensa wide ber-aperture f/1.9, kamera sekunder delapan megapiksel dengan lensa ultra-wide seluas 118 derajat, kamera tersier lima megapiksel dengan lensa makro dan fokus otomatis, serta kamera keempat dua megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor. Sedangkan untuk POCO X3 Pro mengusung konfigurasi empat kamera di belakang dengan komposisi: kamera primer 48 megapiksel dengan lensa wide ber-aperture f/1.8, kamera sekunder delapan megapiksel dengan lensa ultra-wide seluas 119 derajat, kamera tersier dua megapiksel dengan lensa makro, serta kamera keempat dua megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor.


kamera belakang redmi note 10 pro
Gambar dari mi.co.id/id.


Dari hasil ulasan dari beberapa reviewer, tentu kamera primer Redmi Note 10 Pro menjadi salah satu modul kamera terbaik di kelas harganya. Kamera lainnya pun bisa dibilang memiliki spesifikasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh POCO X3 Pro. Jika memang kamera adalah aspek yang penting bagi kamu dalam memilih sebuah ponsel pintar, maka kamu tidak salah untuk memilih Redmi Note 10 Pro.

Layar

Beralih ke layar, keduanya memiliki jenis layar yang berbeda. Redmi Note 10 Pro hadir dengan layar seluas 6,67 inci berjenis AMOLED dan dilengkapi dengan refresh rate hingga 120 Hz, HDR10, serta tingkat kecerahan layar hingga 1.200 nits. Sedangkan untuk POCO X3 Pro dibekali dengan layar seluas 6,67 inci berjenis IPS LCD dengan refresh rate hingga 120 Hz, HDR10, serta tingkat kecerahan hingga 450 nits. Menurut penulis pribadi, Redmi Note 10 Pro unggul di sektor ini. Mengapa? Layar berjenis AMOLED memiliki viewing agle yang lebih luas dan rasio kontras yang lebih tinggi, sehingga layar jenis ini mampu menghasilkan tampilan layar yang lebih memanjakan mata. Secara umum, layar AMOLED juga memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan layar IPS LCD.


layar amoled
Gambar dari mi.co.id/id.

Desain

Urusan desain, kedua ponsel ini mengambil pendekatan yang sangat berbeda. Bodi Redmi Note 10 Pro terlihat lebih sederhana dan elegan, karena dibalut oleh Gorilla Glass 5 di sisi belakang. Berbeda dengan POCO X3 Pro yang menawarkan tampilan yang lebih berani dan ramai, dengan bodi berbahan plastik polikarbonat di sisi belakang serta tulisan POCO yang besar. Secara bobot, Redmi Note 10 Pro terasa lebih ringan dengan berat 193 gram, sedangkan POCO X3 Pro memiliki bobot seberat 215 gram. Aspek desain ini sebenarnya sangat subjektif, namun penulis pribadi lebih menyukai desain yang elegan dan bobot yang lebih ringan milik Redmi Note 10 Pro.


sisi belakang bodi redmi note 10 pro
Gambar dari mi.co.id/id.


Itulah beberapa aspek yang menurut penulis Redmi Note 10 Pro lebih unggul jika dibandingkan dengan POCO X3 Pro. Jadi buat kalian yang sudah terlanjut membeli Redmi Note generasi ke-10 tersebut, jangan sedih dulu. Apa yang sudah kalian beli tetaplah berharga dan tetap memiliki keunggulan tersendiri, bahkan bisa dibilang, kamera terbaik untuk ponsel di rentang harga tiga jutaan. Buat kalian yang belum membeli dan masih bimbang untuk memilih diantara keduanya, sebenarnya sangat mudah. Apakah kalian memerlukan ponsel dengan kamera bagus, bodi ramping dan elegan, serta layar yang memanjakan mata? Maka pilihlah Redmi Note 10 Pro. Sedangkan jika kalian adalah seorang mobile gamers yang mungkin lebih mementingkan performa, maka pillihlah POCO X3 Pro. Ponsel mana pun yang kalian pilih, tidak ada yang salah kok!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.