Langsung ke konten utama

Pernah Divonis Akan Punah, Sekarang Malah Jadi Penyelamat UMKM

Saat ini teknologi memang sudah banyak beralih ke perangkat mobile. Terbukti dengan pesatnya penjualan laptop dan ponsel pintar selama beberapa tahun ke belakang. Apalagi, sepanjang 2020 banyak kantor yang melaksanakan operasional bisnis dari rumah atau work from home akibat dari pandemi COVID-19. Sehingga mungkin perangkat mobile menjadi pilihan yang lebih menarik, agar para karyawan bisa tetap bekerja walaupun harus dari rumah. Ditambah dengan adanya gosip, dimana PC desktop divonis akan punah karena tidak kuat menahan gempuran dari perangkat mobile seperti laptop dan ponsel pintar. Bahkan, pasar gaming PC pun terkena imbas dari meningkatnya kepopuleran dari perangkat yang lebih praktis seperti konsol gim.


ruang kantor
Gambar dari dokumen ASUS.


Walaupun popularitas laptop sebagai perangkat mobile terus meningkat, bukan berarti perangkat PC desktop yang biasanya menjadi pilihan bagi para pemilik kantor ditinggalkan. Bagaimana pun juga, PC desktop tetap memiliki kharismanya sendiri sebagai sebuah perangkat penunjang kerja karyawan bagi para pekerja yang masih menjalankan kerja dari kantor atau work from office. Ingat, tidak semua sektor bisnis itu bisa dikerjakan secara efisien dari rumah, lho. Ada beberapa sektor, khususnya sektor layanan publik, yang mau tidak mau harus tetap beroperasional agar masyarakat bisa mendapatkan layanan yang optimal. Sektor lainnya adalah bisnis yang masih termasuk ke dalam golongan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dimana pelaku bisnis ini tetap harus beroperasional dari workshop dan masih harus bisa menjual produk hasil produksi mereka secara daring.

Bagi para pelaku bisnis yang termasuk ke dalam golongan UMKM, memilih perangkat PC desktop sebagai perangkat penunjang kerja menjadi pilihan yang lebih menarik. Memangnya apa saja sih hal-hal yang membuat PC desktop begitu penting sebagai salah satu perangkat penunjang kerja karyawan di workshop? Yuk baca beberapa pendapat berikut dari penulis!

Harga yang lebih terjangkau

PC desktop umumnya memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan laptop yang memiliki spesifikasi teknis serupa. Lho, kok bisa? Hal ini terkait dengan komponen yang digunakan untuk merakit sebuah PC desktop. Pembuat komponen untuk PC desktop bisa dibilang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pembuat komponen untuk laptop. Secara ukuran pun, komponen PC desktop juga relatif lebih mudah dibuat karena ukurannya yang besar. Lain halnya dengan komponen laptop yang lebih sulit untuk dibuat karena ukurannya sangat kecil. Oleh karena itu, harga komponen PC desktop juga menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan harga komponen laptop.


asus expertcenter d300ta
Gambar dari dokumen ASUS.


Berbicara mengenai harga, jika bisnis milikmu merupakan bisnis yang memiliki modal yang cukup besar, mungkin tidak menjadi persoalan. Namun jika bisnis milikmu hanya memiliki modal yang tidak terlalu besar seperti UMKM, maka pemilihan alat perangkat kerja dengan harga yang lebih terjangkau akan menjadi salah satu pertimbangan tersendiri. Perangkat PC desktop bisa dibilang sangat ideal untuk para pelaku UMKM, dimana perangkat ini memiliki banderol harga yang relatif lebih murah, namun menawarkan performa yang lebih optimal jika dibandingkan dengan perangkat mobile seperti laptop.

Mudah untuk di-upgrade


Selain harganya yang lebih terjangkau, PC desktop memiliki keunggulan dimana perangkat ini cukup mudah untuk di-upgrade sesuai dengan kebutuhan. Jika perangkat mobile seperti laptop hanya bisa melakukan upgrade dengan mengganti atau menambah kepingan memori RAM, atau mengubah media penyimpanan internal dengan kapasitas yang lebih besar, PC desktop dapat melakukan lebih dari itu. Butuh performa yang lebih tinggi? Kamu bisa melakukan upgrade prosesor selama model yang akan dibeli kompatibel dengan motherboard yang digunakan. Menambah kepingan memori RAM juga lebih mudah di PC desktop, sebab biasanya PC desktop memiliki slot RAM hingga empat keping. Butuh ruang penyimpanan yang lebih luas? Tenang saja, PC desktop memiliki ruang yang cukup banyak untuk menyimpan harddisk maupun SSD yang ingin kamu gunakan.


asus expertcenter d300ta
Gambar dari dokumen ASUS.


Selain upgrade dari sisi "jeroan", PC desktop juga memiliki opsi upgrade yang lebih leluasa untuk periferal pendukungnya. Jika karyawanmu mendapati keyboard, mouse, atau layar monitornya sudah kurang memadai untuk pekerjaannya, maka kamu dapat melakukan upgrade ke periferal yang lebih baik. Atau misalnya, jika salah satu dari periferal tersebut mengalami kerusakan, kamu tidak perlu capek-capek untuk melakukan servis secara keseluruhan, sebab kamu cukup mengganti satu periferal tersebut dan PC desktop milik perusahaanmu siap untuk digunakan kembali. Hal ini tentunya tidak dapat kamu temukan di sebuah laptop, dimana jika perangkat laptop-mu rusak, maka kamu harus membawanya ke pusat servis untuk melakukan reparasi. Akibatnya, kamu harus menyediakan laptop cadangan untuk karyawanmu agar ia bisa bekerja secara normal.

Lebih aman dan mudah untuk di-manage

Secara fisik, PC desktop dirasa lebih aman untuk dimiliki dan disimpan jika dibandingkan dengan perangkat mobile seperti laptop. Kenapa demikian? Sebab, dengan ukuran yang lebih besar dan bobot yang lebih berat, oknum pelaku kejahatan biasanya enggan untuk mencuri perangkat PC desktop karena lebih sulit untuk dibawa. Selain itu, PC desktop juga memiliki nilai jual yang lebih rendah di pasar sekunder jika dibandingkan dengan laptop, sehingga mungkin oknum pencuri tersebut juga tidak menjadikan PC desktop sebagai target pencurian. Masih takut untuk kecurian? Tenang saja, beberapa PC desktop juga menawarkan fitur keamanan fisik seperti Kensington Security Slot dan Padlock Slot Prevent sehingga pencuri tidak akan bisa menjebol dan membawa PC desktop yang kamu miliki.


keamanan pc desktop
Gambar dari dokumen ASUS.


Selain keamanan fisik, PC desktop masa kini juga sudah dilengkapi dengan fitur Trusted Platform Module (TPM). Fitur ini memungkinkan pengguna PC desktop untuk menyimpan password dan kunci enkripsi secara lebih aman. Peretas pun tidak mudah untuk bisa mencuri data-data penting dari perusahaanmu. Tidak lupa, kamu juga bisa mengatur port USB-A yang ada di PC desktop agar terkunci sehingga tidak bisa diakses menggunakan flash drive yang biasanya digunakan oleh peretas ataupun pencuri data untuk dapat meretas PC desktop korbannya.

Me-manage perangkat PC desktop saat ini juga tidak sesulit pada masa lalu, lho! Biasanya, jenama pembuat PC desktop juga sudah menyertakan sebuah aplikasi maupun perangkat lunak yang dibuat khusus untuk dapat membantumu untuk melakukan manajemen terhadap semua perangkat PC desktop yang kamu gunakan di dalam bisnismu.

Total cost of ownership yang lebih minim

Merangkum dari tiga poin yang sudah disebutkan sebelumnya, semua poin tersebut sebenarnya mengerucut kepada satu hal penting yang biasanya dipikirkan oleh para pelaku bisnis, termasuk pelaku bisnis UMKM. Hal penting yang dimaksud adalah total cost of ownership. Hal ini mengacu kepada harga beli dari sebuah aset yang perusahaanmu beli dan biaya pengoperasiannya. Jika berbicara mengenai PC desktop, tentunya perangkat ini memiliki total cost of ownership yang bisa dimimalisir lebih jauh jika dibandingkan dengan perangkat mobile seperti laptop. Durabilitas dari PC desktop tergolong cukup panjang, dan biaya perawatan serta penggunaan listriknya pun bisa dibilang cukup hemat. Sehingga, para pelaku UMKM bisa meminimalisir total cost of ownership yang dikeluarkan untuk perangkat kerja karyawannya.


Itulah hal-hal yang membuat PC desktop begitu penting sebagai salah satu perangkat penunjang kerja karyawan di workshop. Untuk menjawab kebutuhan akan PC desktop yang dapat diandalkan, ASUS sebagai jenama asal Taiwan yang sudah lama bergerak di bidang komponen komputer, menawarkan sebuah solusi berupa sebuah PC desktop bernama ASUS ExpertCenter D300TA. PC desktop dengan form factor Tower ini merupakan jawaban dari segala masalah yang ditemui oleh para pelaku UMKM dalam memilih perangkat komputasi yang tepat untuk menunjang bisnisnya. Selain konfigurasi komponennya yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan, D300TA juga memiliki durabilitas yang baik dan hadir dengan fitur keamanan kelas bisnis.


manufaktur menggunakan asus expertcenter d300ta
Gambar dari dokumen ASUS.


ASUS ExpertCenter D300TA memiliki beberapa konfigurasi standar untuk komponennya. Mulai dari penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-10, memori RAM hingga 8 GB DDR4, media penyimpanan hingga 2 TB berjenis harddisk dan 512 GB berjenis SSD, serta sistem operasi Windows 10 Pro. Tidak hanya "jeroan teknis"-nya saja, konektivitas fisik yang sangat lengkap dapat kamu temui pada PC desktop ini. Bahkan, ASUS masih menawarkan opsi optical drive jika memang kamu membutuhkannya.

Soal upgrade, ASUS juga memberikan keleluasaan bagi para pengguna yang ingin melakukan upgrade D300TA milik mereka. Kapasitas ekspansi yang diberikan cukup lengkap, mulai dari ruang untuk memasang dua keping RAM, satu slot M.2 untuk SSD, satu slot M.2 untuk memasang modul WiFi, satu slot PCIe 3.0 x16 untuk memasang kartu grafis, serta satu slot PCIe 3.0 x1 untuk memasang perangkat tambahan yang kompatibel. Di sisi depan, terdapat dua buah ruang yang bisa kamu gunakan untuk memasang dua buah harddisk berukuran 3,5 inci.


upgrade asus expertcenter d300ta
Gambar dari asus.com/id.


Untuk urusan durabilitas, ASUS ExpertCenter D300TA dibuat dengan kokoh dan diuji untuk kebutuhan industri yang paling menuntut, termasuk standar militer Amerika Serikat MIL-STD-810G dan pengujian internal ASUS yang ketat. Pengujian tersebut meliputi: pengujian getaran, pengujian guncangan, pengujian kelembapan, pengujian suhu ruang, serta pengujian jatuh dari ketinggian tertentu. Dengan berbagai pengujian tersebut, seharusnya D300TA sudah sangat kuat jika digunakan oleh kamu yang menjadi pelaku UMKM dengan penggunaan di tempat yang wajar dan normal.

Seperti yang penulis sudah sebutkan di poin ketiga, PC desktop yang bagus haruslah memiliki keamanan fisik dan manajemen perangkat yang baik. Agar bisa memenuhi kebutuhan tersebut, ASUS memberikan fitur keamanan canggih untuk D300TA yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya agar terhindar dari kejahatan yang mungkin terjadi. PC desktop ini sudah memiliki Trusted Platform Module yang mampu menyimpan password dan kunci enkripsi, Kensington Security Slot dan Padlock Slot yang dapat mencegah pencurian perangkat oleh pencuri, serta kontrol membaca/menulis menggunakan media penyimpanan eksternal yang disambungkan melalui USB ports.


keamanan asus expertcenter d300ta
Gambar dari asus.com/id.


Di sektor manajemen perangkat, ASUS membekali ExpertCenter D300TA dengan dua perangkat lunak andalan mereka, yakni ASUS Control Center dan ASUS Business Center. ASUS Control Center adalah rangkaian manajemen teknologi informasi terpusat yang mampu digunakan untuk melakukan manajemen jarak jauh, pemantauan perangkat keras dan perangkat lunak, dan penjadwalan tugas melalui antarmuka berbasis web yang ramah pengguna, serta memungkinkan administrator sistem untuk mengelola aset perusahaan dengan mudah melalui satu portal. Sedangkan untuk ASUS Control Center adalah platform berbasis PC desktop yang memfasilitasi pengelolaan PC desktop secara individu. Ini termasuk kontrol pergerakan data menggunakan pemblokiran USB, jalur belakang sistem untuk memulihkan sistem ke status optimal, dan partisi virtual terenkripsi untuk menyimpan data penting.

Dengan berbagai macam fitur dan kemudahan yang ditawarkan, penulis sangat yakin jika ASUS ExpertCenter D300TA merupakan sebuah PC desktop yang bisa menjadi solusi akan kebutuhan komputasi para UMKM yang bekerja di workshop. Dibandingkan harus membeli perangkat mobile seperti laptop yang memiliki banderol harga lebih tinggi, spesifikasi yang juga biasanya lebih rendah, serta opsi upgrade yang terbatas, alangkah lebih bijak jika para pelaku UMKM memilih PC desktop. ASUS siap memenuhi dan melayani apapun kebutuhanmu sesuai dengan konfigurasi komponen berdasarkan budget yang dimiliki.

Bagaimana pendapatmu terhadap PC desktop, gadgeteers? Akankah punah, atau malah jadi penyelamat UMKM seperti pendapat penulis? Yuk tulis pendapatmu di kolom komentar!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.