Langsung ke konten utama

Ini Dia Cara Belanja Online Pakai Metode COD yang Benar

Belakangan ini, aktivitas belanja online atau daring menggunakan metode COD atau cash on delivery sedang ramai diperbincangkan. Namun sayangnya, hal yang sedang diperbincangkan tersebut merupakan kabar yang kurang baik. Ya, beberapa aktivitas belanja online menggunakan metode COD ini bermasalah dan akhirnya menjadi viral di media sosial. Permasalahan tersebut terjadi karena produk yang diterima oleh para pembeli tidak sesuai dengan apa yang mereka pesan. Akhirnya, kurir dari ekspedisi menjadi sasaran amuk karena dianggap "bertanggung jawab" oleh pembeli atas produk yang dikirimkan.


cash on delivery
Gambar oleh Ismael Paramo dari unsplash.com.


Penulis sendiri sudah terbiasa bertransaksi online menggunakan metode pembayaran virtual account, dompet digital, ataupun kartu kredit. Sehingga, tidak ada keinginan untuk melakukan belanja online dengan menggunakan metode COD. Namun agar teman-teman pembaca bisa mengetahui cara belanja online pakai metode COD yang benar, penulis akan bagikan informasinya di bawah ini:

Bayar ke kurir sebelum membuka kemasan paket

Ketika kurir datang untuk mengantarkan paketmu, hal pertama yang wajib kamu lakukan sebagai pembeli dan penerima paket adalah melakukan pembayaran. Kamu bisa membayarkan secara tunai kepada kurir sejumlah harga barang dan ongkos kirim yang sudah tercantum saat checkout sebelumnya. Saran dari penulis, siapkanlah uang tunai dalam jumlah yang pas, sebab kurir biasanya tidak menyiapkan uang kembalian.

Rekam adegan membuka kemasan paket milikmu

Setelah kamu membayar dan menerima paket dari kurir, bukalah kemasan paket milikmu setelah kurir pergi. Jangan lupa untuk merekam adegan ketika kamu membuka kemasan paket milikmu. Rekaman video ini diperlukan sebagai bukti jika pesanan yang kamu miliki sudah sesuai dengan apa yang kamu pesan atau tidak. Jika ternyata ditemukan pesanan milikmu tidak sesuai, maka kamu bisa melakukan komplain melalui platform lokapasar (marketplace) tempat kamu membeli.

Komplain via platform, bukan ke kurir

Langkah ini merupakan langkah yang harus kamu lakukan ketika paket yang kamu terima tidak sesuai dengan pesanan yang kamu pesan. Klik tombol "Komplain" yang biasanya disediakan pada status pemesanan akun lokapasar milikmu. Nantinya, akan ada arahan dari platform untuk tata cara komplain. Biasanya sih, kamu hanya perlu untuk mengisi formulir dan menyertakan bukti berupa video adegan membuka kemasan paket. Nantinya, kamu akan diarahkan untuk mengirim kembali paket tersebut ke penjual. Setelah penjual menerima paket yang tidak sesuai pesananmu itu, maka penjual akan mengirimkan kembali paket yang sesuai pesananmu di awal.


Itulah tata cara belanja online pakai metode COD yang benar. Sebenarnya, metode COD ini menurut penulis sudah usang dan memang seharusnya sudah ditinggalkan saja. Namun mengingat masih banyak calon konsumen di Indonesia yang mungkin tidak memiliki rekening bank, ataupun tidak memiliki akses untuk membayar via swalayan kecil atau mini market, kemungkinan lokapasar populer masih tetap akan mempertahankan metode pembayaran ini. Semoga saja ke depannya, para pelaku bisnis dapat mensosialisasikan tata cara belanja memakai metode COD sehingga dapat meminimalisir kesalahpahaman di lapangan kepada para kurir ekspedisi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.