Langsung ke konten utama

AMD Hadirkan FidelityFX Super Resolution

AMD kemarin telah mengumumkan solusi untuk sebuah fitur yang bisa memberikan peningkatan dan pengalaman terbaru dalam bermain game. Fitur yang dimaksud adalah AMD FidelityFX Super Resolution (FSR). AMD FSR adalah sebuah platform berbasis open-source yang dirancang untuk meningkatkan frame rate dan memberikan kualitas grafis yang lebih nyata sehingga dapat menghadirkan pengalaman bermain game di resolusi tinggi. Kabar baiknya, teknologi ini berjalan secara cross-platform sehingga akan memudahkan para pengembang dalam mengembangkan game mereka di beragam platform.


kualitas gambar amd fsr
Gambar dari dokumen AMD.


AMD FSR menawarkan dukungan yang luas kepada lebih dari 100 prosesor dan kartu grafis AMD dengan memberikan peningkatan performa rata-rata hingga 2,4x lebih kencang dalam mode "Performance" pada resolusi 4K di beberapa game tertentu dibandingkan dengan resolusi standar asalnya. Peningkatan tersebut didapatkan dari penggunaan algoritma konstruksi yang canggih untuk menganalisis fitur dalam gambar dan menciptakannya kembali ada resolusi yang akan ditargetkan untuk menghasilkan frame rate yang lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, fitur ini juga mampu untuk menampilkan kualitas visual yang lebih tajam dengan detail yang lebih sempurna. Alhasil, para gamer akan disuguhkan dengan visual berkualitas super tinggi jika dibandingkan dengan metode upscalling dasar pada umumnya.

Ada empat pengaturan kualitas grafis yang bisa dipilih oleh para gamer, diantaranya: Ultra Quality, Quality, Balanced, dan Performance. Dengan adanya empat pilihan ini, maka para gamer bisa menyesuaikan keseimbangan antara kualitas gambar dan performa berdasarkan pilihan mereka. Kualitas mana pun yang dipilih, AMD FSR siap untuk memberikan performa tinggi serta kualitas visual yang memukau, termasuk raytracing, sehingga para gamer mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih memuaskan.


AMD merancang FSR untuk dapat diintegrasikan ke dalam game baru maupun yang sudah beredar secara mudah. Maka dari itu, fitur ini didukung oleh DirectX 11, 12, Vulkan API, serta mendukung berbagai jenis kartu grafis, baik itu integrated maupun dedicated. Meskipun fitur ini lebih dioptimalkan untuk kartu grafis AMD Radeon RX 5000 dan RX 6000 series, pengguna yang masih menggunakan AMD Radeon RX 500 series, RX 480/470/460, RX Vega series, serta produk kartu grafis kompetitor tetap dapat bisa menikmatinya.

Diharapkan, AMD FSR akan tersedia secara luas untuk para game developer pada pertengahan Juli 2021. Nantinya, game developer dapat mengunduh modulnya secara gratis pada AMD GPUOpen, yakni sebuah komunitas open-source yang menyediakan kode, dokumentasi, dan sumber daya yang dapat membantu developer mendapatkan hasil maksimal dari pemrograman di kartu grafis. Saat ini, sudah lebih dari 40 game developer mengumumpan dukungan untuk FSR pada game dan mesin game mereka. Ditambah, ada tujuh game lainnya yang sudah akan menhadirkan fitur ini di akhir tahun, antara lain: 22 Racing Series, Anno 1800, Evil Genius 2, Godfall, Kingshunt, Terminator: Resistance, dan The Riftbreaker. Tidak lupa, tiga game kenamaan seperti DOTA 2, Far Cry 6, dan Resident Evil Village juga akan segera dapat dimainkan menggunakan fitur ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.