Langsung ke konten utama

Cara Mengecek Apakah Laptop Kamu Bisa Menjalankan Windows 11

Microsoft baru saja memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka, yakni Windows 11. Penerus dari Windows 10 tersebut dirancang untuk mengoptimalkan produktivitas, kreativitas, dan kemudahan bagi para penggunanya. Terlihat dari tampilan antarmuka yang dibuat lebih sederhana, sehingga memudahkan pengguna untuk bernavigasi di dalamnya. Ubahan desain juga terlihat mulai dari tombol Start yang melegenda tersebut hingga suara, jenis font, serta icon yang digunakan. Salah satu ubahan yang cukup mencolok adalah pindahnya posisi tombol Start, dari yang sebelumnya di pojok kiri bawah menjadi ke tengah bawah layar. Microsoft meyakini, perpindahan posisi ini dapat memudahkan pengguna untuk mencari yang mereka butuhkan.


tampilan desktop windows 11
Gambar dari blog.windows.com.


Menurut penuturan Microsoft di halaman blog resmi mereka, Windows 11 dapat digunakan oleh mayoritas perangkat komputer desktop maupun lapotop yang beredar di pasaran saat ini. Namun jika kamu ragu apakah laptop kamu bisa menjalankan Windows 11 atau tidak, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut telah menyediakan sebuah cara mudah untuk mengeceknya. Kamu tinggal mengunduh sebuah aplikasi bernama PC Health Check dan memasangnya di laptop milikmu. Setelah terpasang, jalankan aplikasi tersebut dan nantinya akan terlihat tampilan seperti ini:


aplikasi untuk mengecek windows 11
Gambar dari dokumen pribadi.

Jika terlihat pop-up dengan kalimat seperti gambar di atas, maka laptop milikmu sudah bisa menjalankan Windows 11 dengan lancar saat nanti diluncurkan secara resmi oleh Microsoft pada musim dingin mendatang. Untuk persyaratan sistem minimal agar sebuah perangkat dapat menjalankan Windows 11 dengan lancar, kamu bisa melihatnya di bawah ini:

SpecRequirement
Processor1 GHz or faster with 2 or more cores on a compatible 64-bit processor or system on a chip
RAM4 GB
Storage64 GB or larger storage device
System firmwareUEFI, Secure Boot capable
TPMTrusted Platform Module (TPM) version 2.0
Graphics cardCompatible with DirectX 12 or later with WDDM 2.0 driver
DisplayHD (720p) display greater than 9 inches diagonally, 8 bits per color channel
Internet connection and Microsoft accountFor Windows 11 Home edition: internet connectivity; Microsoft account to complete device setup on first use For all Windows 11 editions: internet access to perform updates and to download and use some features; Microsoft account for some features

Jika ingin mengunduh aplikasi PC Health Check, kamu dapat klik tautan berikut: https://aka.ms/GetPCHealthCheckApp.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.