Langsung ke konten utama

Google Luncurkan 6 Fitur Baru untuk Android Musim Panas Ini

Google baru saja mengumumkan enam fitur baru untuk Android yang akan diluncurkan pada musim panas ini. Kabar baiknya, fitur ini tidak hanya ekslusif untuk perangkat Pixel saja, tapi juga untuk seluruh perangkat Android secara keseluruhan. Ini adalah pertama kalinya Google mengumumkan secara resmi dalam satu publikasi pengumuman untuk peluncuran fitur, setelah sebelumnya hanya fitur khusus perangkat Pixel saja yang mendapatkan publikasi tersebut.


enam fitur baru android
Gambar dari blog.google.

Lalu, apa sajakah keenam fitur baru tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

Sistem peringatan gempa bumi

Pada tahun lalu, Google memulai pengembangan jaringan untuk mendeteksi adanya gempa bumi berbasis teknologi yang ditanamkan pada perangkat Android. Dengan sistem ini, pengguna yang berada di sekitar area yang terdampak oleh gempa bumi bisa mendapatkan peringatan beberapa saat sebelum gempa bumi terjadi. Hal tersebut tentunya akan memberikan pengguna waktu untuk mencari tempat yang aman untuk berlindung. Fitur ini sudah diluncurkan di beberapa negara, diantaranya: New Zealand, Yunani, Turki, Filipina, Kazakhstan, Kirgisztan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Tandai pesan penting dengan "bintang"

Biasanya, aplikasi pengiriman pesan seperti surat elektronik ataupun pesan instan menyediakan fitur "Starred Message" yang memungkinkan pengguna. Kali ini, Google membawa fitur "bintang" tersebut ke dalam aplikasi pengiriman teks mereka yang biasa disebut Messages. Jika ada pesan penting yang perlu ditandai, maka pengguna cukup menahan pesan yang ingin ditandai dan sentuh tanda bintang.

Lebih mudah bertukar emoji dengan Contextual Emoji Kitchen

Pengguna yang sering menggunakan emoji saat bertukar pesan akan dimudahkan dengan hadirnya Contextual Emoji Kitchen. Fitur ini akan menghadirkan rekomendasi emoji sesuai dengan kata yang kamu ketik. Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna harus menggunakan Gboard sebagai aplikasi keyboard utama.

Akses aplikasi favorit lebih cepat menggunakan perintah suara

Google Assistant memang serba bisa. Jika sebelumnya pengguna dimudahkan oleh asisten virtual tersebut untuk mencari informasi, kali ini Google memberikan kemampuan lebih untuk membuka aplikasi favorit. Cukup bilang "Hai Google, cek jumlah langkahku hari ini di Strava" maka Google Assistant akan menampilkan hasilnya di lock screen.

Voice Access yang disempurnakan untuk membantu para disabilitas

Fitur yang ditujukan bagi para pengguna yang mengidap disabilitas sehingga kesulitan untuk mengoperasikan ponsel pintar ini semakin pintar. Voice Access dibekali dengan kemampuan memasukkan password lebih baik. Ketika mengenali pengguna sedang dihadapkan pada layar password, maka secara otomatis fitur ini akan hidup dan memasukkan password sesuai dengan yang pengguna katakan. Voice Access dapat mengenali huruf, angka, dan simbol. Selain itu, fitur ini juga dibekali dengan kemampuan gaze detection. Dengan kemampuan ini, Voice Access hanya akan aktif ketika pengguna berada di depan layar ponsel.

Kustomisasi yang lebih kaya pada Android Auto

Sekarang pengguna dapat melakukan kustomisasi yang lebih banyak pada Android Auto. Beberapa kustomisasi yang bisa dilakukan antara lain: mengatur launcher screen langsung dari ponsel dan mengaktifkan modus gelap secara manual. Google juga menghadirkan fitur new tabs pada aplikasi Media, opsi "back to top", serta tombol "A to Z" pada scroll bar yang dapat memudahkan navigasi. Pengguna juga bisa membaca pesan yang masuk ke dalam aplikasi WhatsApp ataupun Messages secara langsung dari launcher screen.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.