Langsung ke konten utama

Tingkatkan Produktivitas dengan Layar yang Lebih Luas

Laptop saat ini telah menjadi alat penunjang kerja yang utama bagi masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari sulitnya mencari laptop pada saat awal pandemi COVID-19 menyerbu Indonesia. Adanya kebiijakan semua dari rumah, mulai dari belajar dari rumah untuk para pelajar, hingga bekerja dari rumah untuk para pekerja kantoran, membuat masyarakat berbondong-bondong membeli laptop untuk dapat melakukan aktivitas dari rumah tersebut. Laris manisnya komputer jinjing tersebut memang jadi berkah bagi para penjual laptop. Namun di sisi lain, permintaan akan laptop yang tinggi tidak dibarengi dengan kapasitas produksi yang memadai. Apalagi, mayoritas pabrik laptop yang berlokasi di negara Tiongkok, banyak yang menghentikan produksi karena pandemi COVID-19. Akibatnya, harga laptop di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia, melonjak drastis.


bekerja memakai laptop asus
Gambar oleh Andriyko Podilnyk dari unsplash.com.


Pandemi COVID-19 memang belum berakhir. Apalagi di Indonesia, yang sepertinya baru saja memasuki gelombang kedua dari peningkatan jumlah masyarakat yang terjangkit virus tersebut. Akan tetapi, banyak negara lain yang sudah mulai pulih dan mulai membangkitkan proses produksi kembali, termasuk para pabrikan laptop. Memasuki semester kedua 2021, ketersediaan barang dan harga laptop perlahan-lahan mulai kembali normal. Harganya memang belum sama ketika sebelum pandemi COVID-19 menyerang sih, masih agak tinggi sedikit. Namun tentunya, meningkatnya ketersediaan barang dan penurunan harga tersebut membuat konsumen semakin mudah untuk membeli laptop.

Ada satu hal yang menarik soal laptop di 2021. Berdasarkan data yang penulis dapatkan dari presentasi ASUS di salah satu acara mereka, tahun ini penjualan laptop dengan ukuran layar 14 inci menurun, sedangkan laptop dengan ukuran layar 15 inci meningkat. Fenomena ini memang belum terjadi di Indonesia, sebab data yang dipaparkan oleh ASUS tersebut diambil dari penjualan di negara ASEAN lainnya, seperti Thailand dan Malaysia. Namun bukan berarti, di Indonesia tren tersebut tidak ada sama sekali. Sebab, penulis melihat cukup banyak pabrikan laptop yang mulai memasarkan produk mereka yang memiliki layar seluas 15 inci.

Sebenarnya apa yang memicu tren layar yang lebih luas ini meningkat? Berikut pendapat penulis:

Ruang pandang lebih luas dan nyaman


ruang pandang yang lebih luas
Gambar dari dokumen ASUS.

Layar berukuran 15 inci memiliki ruang pandang yang lebih luas jika dibandingkan dengan layar berukuran 14 inci. Hal ini membuat kita sebagai pengguna akan terasa lebih nyaman saat menatap ke layar tersebut. Apalagi jika layar yang luas tersebut dipadukan dengan resolusi yang tinggi, maka ruang untuk Anda bekerja akan semakin luas. Ruang kerja ini cukup penting untuk Anda yang banyak berkutat dengan pengolahan dokumen, terutama jika mengolah speadsheet seperti Microsoft Excel ataupun Google Sheets. Semakin luas ruang kerja yang tersedia, maka semakin banyak baris dan kolom yang dapat ditampilkan.

Mengetik lebih nyaman dengan kehadiran NumPad


tombol numpad pada keyboard
Gambar dari dokumen ASUS.

Salah satu kelebihan dari laptop yang memiliki layar 15 inci adalah hadirnya tombol NumPad pada keyboard. Sekadar informasi saja, tombol NumPad adalah tombol angka yang terdapat pada sisi kanan keyboard, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Fungsi dari tombol tersebut adalah memudahkan kita ketika harus mengolah dokumen yang banyak memiliki unsur angka, contohnya ketika mengolah spreadsheet untuk dokumen finansial maupun keuangan. Menurut penulis pribadi, mengetik angka menggunakan tombol NumPad memang jauh terasa lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan menggunakan tombol angka yang berada di sisi atas.

Lebih mudah untuk melakukan upgrade


upgrade storage dan ram laptop
Gambar dari dokumen ASUS.

Satu hal yang penulis kurang suka dari laptop berlayar 14 inci ke bawah saat ini adalah minimnya opsi upgrade yang disediakan. Meskipun hal ini sebenarnya dimaklumi, sebab demi mengejar ukuran yang lebih ringkas, produsen laptop juga kesulitan untuk menyediakan slot tambahan agar penggunanya dapat melakukan upgrade. Di sinilah laptop berlayar 15 inci bisa menunjukkan tajinya. Walaupun secara dimensi laptop 15 inci masa kini itu tergolong ringkas, namun produsen laptop masih bisa memberikan opsi upgrade yang lebih banyak kepada pengguna. Sebut saja, sebuah slot 2,5 inci agar pengguna dapat menambahkan HDD ataupun SSD tambahan untuk menemani storage SSD M.2 utama, atau sebuah slot RAM agar pengguna bisa menambahkan RAM ataupun membuatnya berjalan menjadi dual channel.

Melihat dari tiga pemicu tren laptop 15 inci di atas, ASUS sebagai pemimpin pasar di ranah laptop tanah air tidak ingin kehilangan momen. Belum lama ini, mereka meluncurkan produk terbaru yang ditujukan bagi para pengguna laptop harian seperti pelajar, pelaku UMKM, ataupun para pekerja kantoran yang membutuhkan keandalan sebuah perangkat berlayar luas dan kemudahan upgrade. Produk yang dimaksud adalah ASUS VivoBook 15 A516. Laptop kelas pemula atau entry level ini siap memberikan beragam fitur menarik yang dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam mengerjakan berbagai tugas sehari-hari.

Lalu, apa sajakah keunggulan yang ditawarkan oleh ASUS VivoBook 15 A516? Apakah keunggulannya ini selaras dengan tren yang sedang terjadi saat ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

Didukung oleh kecepatan dan efisiensi


chip grafis asus vivobook 15 a516
Gambar dari dokumen ASUS.

ASUS VivoBook 15 A516 menggunakan prosesor hingga Intel Core i5 generasi ke-10. Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Tidak hanya prosesornya saja yang kencang, VivoBook 15 A516 juga dibekali dengan chip grafis diskrit NVIDIA GeForce MX330 yang mampu memberikan tenaga lebih untuk meningkatkan kemampuan mengolah grafis, seperti bermain game ataupun content editing.

Ruang penyimpanan lebih lega dengan sistem dual storage


ssd dan hdd asus vivobook 15 a516
Gambar dari dokumen ASUS.

Buat Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, ASUS VivoBook 15 A516 dibekali dengan sistem ruang penyimpanan ganda yang terdiri dari satu SSD M.2 NVMe dan satu HDD 2,5 inci SATA. Mengutip dari ASUS Indonesia: 

"Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern."

Jika melirik pada kutipan tersebut, SSD merupakan salah satu syarat yang wajib ada di PC modern, termasuk PC dalam wujud laptop. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab seperti yang kita tahu, SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. Bahkan kecepatannya tersebut bisa lebih dari 10x lipat. Maka dari itu, SSD sangat cocok digunakan sebagai storage utama yang di dalamnya kita pasangkan sistem operasi, aplikasi, serta beberapa data penting yang sering dibuka tiap harinya. Sedangkan untuk media penyimpanan HDD 2,5 inci yang tersedia, bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan beragam file. Sedikit tip dari penulis: ganti HDD 2,5 inci tersebut dengan SSD SATA 2,5 inci. Dengan melakukan hal ini, maka Anda akan memiliki laptop dengan kinerja yang lebih maksimal dengan dual storage yang keduanya memiliki kecepatan baca tulis yang cepat.

Layar yang lebih luas dengan bingkai yang lebih tipis


asus nanoedge display
Gambar dari dokumen ASUS.

Seperi laptop ASUS seri lainnya, VivoBook 15 A516 menghadirkan layar dengan desain bingkai yang tipis bernama NanoEdge Display. Penggunaan bingkai yang lebih tipis ini membuat rasio layar ke bodi lebih besar hingga 83%. Kombinasi antara luas 15,6 inci dengan resolusi Full HD membuat Anda dapat menikmati konten dengan lebih luas dan leluas. Ditambah, layar ini juga memiliki viewing angle hingga 178 derajat, sehingga Anda tidak akan terganggu dengan perubahan kualitas gambar saat melihat layar ini dari sudut miring. Penggunaan lapisan anti-glare pada layar laptop ini pun menambah kenikmatan saat Anda menikmati konten maupun bekerja di ruangan dengan cahaya lampu yang terang. Sebab, lapisan tersebut dapat meminimalisir terlihatnya efek pantulan cahaya yang biasanya mengganggu.

Bobot yang ringan membuatnya sangat portabel


dimensi asus vivobook 15 a516
Gambar dari dokumen ASUS.

ASUS VivoBook 15 A516 memiliki bobot yang ringan untuk ukuran laptop 15 inci, yakni hanya sekitar 1,8 kg. Umumnya, laptop dengan layar seluas itu akan memiliki bobot di atas 2 kg, lho. Dengan bobotnya yang ringan tersebut, Anda dapat membawa laptop ini kapan saja dan ke mana saja lebih mudah. Dikombinasikan dengan layar berteknologi NanoEdge Display, dimensi keseluruhan dari laptop ini pun bisa dibuat lebih ringkas, yakni hanya sekitar 36 x 23,5 cm untuk panjang dan lebarnya, serta ketebalan hanya 1,99 cm.

Keyboard berukuran full size membuat aktivitas mengetik lebih menyenangkan


touchpad asus vivobook 15 a516
Gambar dari dokumen ASUS.

Seperti yang sudah penulis sebutkan di awal artikel, salah satu keunggulan dari laptop yang memiliki layar 15 inci adalah keyboard-nya yang berukuran full size. Hal ini membuat laptop 15 inci, termasuk ASUS VivoBook 15 A516, memiliki tombol NumPad di sisi kanan keyboard. Betapa memudahkannya untuk mengolah data yang banyak mengandung angka dengan tombol ini. Apalagi di jajaran tombol angka tersebut, juga terdapat beberapa tombol simbol yang dapat mengoptimalkan waktu pengetikan ketika dibutuhkan, terutama simbol-simbol yang sering digunakan seperti +, -, /, dan *.

Keyboard VivoBook 15 A516 memiliki travel distance sebesar 1,4 mm yang membuatnya sangat nyaman untuk digunakan dalam aktivitas pengetikan. Desainnya yang ergonomis juga menambah keasyikan dari memakai keyboard ini. Buat Anda yang sering mengetik dalam ruangan yang gelap, tenang saja, keyboard dari laptop ini juga sudah dibekali dengan backlit sehingga dapat menerangi seluruh tombol yang ada. Oh ya, Anda juga bisa memanfaatkan pemindai sidik jari yang berada di ujung kanan touchpad laptop ini untuk dapat membuka kunci layar Windows tanpa perlu mengetik password. Pemindai sidik jari ini tentunya sudah terintegrasi dengan Windows Hello.

Konektivitas fisik yang lengkap


colokan asus vivobook 15 a516
Gambar dari dokumen ASUS.

Hampir semua konektivitas fisik yang Anda butuhkan tersedia di ASUS VivoBook 15 A516. Mulai dari port USB-C, USB-A, HDMI, 3,5 mm audio combo jack, hingga card reader yang mampu membaca kartu memori berjenis microSD. Dengan kelengkapan konektivitas fisik ini, maka Anda dapat menyambungkan berbagai perangkat lebih mudah ke VivoBook 15 A516.

Tidak lupa dukungan aplikasi yang membuatnya lebih lengkap


lisensi microsoft office 2019 lifetime
Gambar dari dokumen ASUS.

ASUS VivoBook 15 A516 dibekali dengan sebuah aplikasi khusus bernama MyASUS. Aplikasi ini sangat berguna karena memiliki beberapa fungsi menarik, beberapa diantaranya: menyambungkan ponsel Android/iOS ke laptop milik Anda secara seamless, mengoptimalkan performa laptop Anda agar lebih maksimal, serta dukungan layanan aftersales yang dapat dihubungi dengan mudah. Bisa dibilang, aplikasi MyASUS ini adalah sebuah aplikasi serba bisa yang dapat mengoptimalkan pengalaman penggunaan laptop ini.

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel, dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program, dan data Anda.

Itulah beberapa keunggulan dari ASUS VivoBook 15 A516 yang menurut penulis cukup selaras dengan tren meningkatnya penjualan laptop 15 inci saat ini. Dengan ukuran layar yang lebih luas, Anda dapat meningkatkan produktivitas karena ruang kerja yang Anda miliki pun semakin banyak. Ukuran yang sedikit lebih besar namun tetap ringkas ini pun membuat opsi upgrade menjadi lebih banyak serta mampu menyediakan keyboard berukuran full size yang menghadirkan tombol NumPad untuk kemudahan dalam mengetik angka dan simbol.

Jika ingin mengetahui spesifikasi teknis lebih lengkap serta ragam varian ASUS VivoBook 15 A516 yang beredar resmi di Indonesia, Anda dapat melihatnya pada tabel di bawah ini:


spesifikasi teknis asus vivobook 15 a516


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com.

Komentar

  1. Keren, jarang-jarang laptop entry level punya spesifikasi selengkap ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om, cocok buat masyarakat yang lagi nyari laptop budget tapi serba ada

      Hapus
  2. Ruang penyimpanannya bisa ganda gitu, hebat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi lebih leluasa ya mba mau nyimpen-nyimpen data

      Hapus
  3. layar lebih luas itu cocok buat nonton film hehehe ... sekaligus bisa lebih lega kalau mau ngetik, apalagi bagi yang matanya sudah plus seperti saya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat saya yang matanya minus juga bang hahaha lebih enak dipandang

      Hapus
  4. Keyboard fullsize dan layar 15 inchi, buat penulis sepertiku idaman banget. Memberi keleluasaan dan kenyamanan bekerja. Patut dilirik sebagai next laptop. Hahaha.

    BalasHapus
  5. emang berasa banget bedanya pake SSD dibandingkan HDD, laptop lama juga kalo diganti pake SSD lebih cepet dikit xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. berasa ganti jadi mobil balap ya hahaha

      Hapus
  6. Ini laptop anak muda dan orang tua banget, semua bisa mendapatkan keuntungan pakai laptop layar besar ya, Askar.

    BalasHapus
  7. Ahh....benar laptop serasa desktop itu karena ada numeric keypadnya, cocok buat yang seringngetik pakai angka

    BalasHapus
  8. Jika dilihat dari spek teknisnya, laptop ASUS 15 inch terbaru ini sangat cocok digunakan oleh para content creator. Bolehlah masuk list di tahun ini Insya Allah.

    BalasHapus
  9. Asus memang keren, dan semoga pandemi cepat berlalu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.