Langsung ke konten utama

Perkenalkan Steam Deck, Perangkat Gim Portabel dari Valve

Valve, perusahaan yang dikenal dengan produk game marketplace paling populer di dunia, Steam, baru saja meluncurkan perangkat portabel yang dapat menjalankan game PC. Perangkat yang bernama Steam Deck tersebut adalah sebuah perangkat yang mampu menjalankan berbagai game yang tersedia di Steam serta bisa berfungsi sebagai sebuah komputer. Perangkat ini menjalankan sistem operasi custom racikan dari Valve, yakni SteamOS.


steam portable gaming device
Gambar dari store.steampowered.com/steamdeck.

Secara fisik, Steam Deck memiliki wujud yang mirip dengan perangkat gim portabel pada umumnya. Memiliki dua buah analog stick yang terletak di sisi kiri dan kanan layar, tombol XYBA, tombol arah yang ada di sebelah kiri, serta tombol L dan R yang berada di sisi "pundak" perangkat. Hal yang cukup unik dari perangkat ini adalah keberadaan dua buah trackpad yang terletak di bawah analog stick. Trackpad ini berfungsi untuk menjalankan kursor yang ada di dalam gim, dimana mungkin ada beberapa gim mengharuskan pemain untuk mengontrolnya memakai kursor, seperti gim ber-genre RTS misalnya.

Selain tombol-tombol yang sudah disebutkan, Steam Deck juga memiliki empat tombol lainnya yang berfungsi sebagai View, Menu, Steam, dan Quick Access. Di bawah tombol Steam dan Quick Access, terdapat dua buah lubang speaker yang diklaim Valve memiliki konfigurasi stereo dan diperkuat oleh DSP serta memiliki soundstage yang luas. Jika ingin memakai headset favorit, kamu juga bisa menghubungkannya via audio jack 3,5 mm yang tersedia pada perangkat ini. Beralih ke sisi belakang, kamu dapat menjumpai empat tombol tambahan yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan keinginanmu.

Untuk layarnya sendiri, Steam Deck memiliki layar seluas 7 inci dengan resolusi 1.280 x 800 berjenis IPS LCD yang memiliki rasio 16:10. Layar ini memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits dan mendukung fitur layar sentuh. Layar sentuh tersebut dapat difungsikan untuk navigasi di dalam user interface, ataupun memunculkan virtual keyboard saat dibutuhkan. Khusus untuk varian tertinggi, layarnya juga dilapisi oleh lapisan anti-glare yang dapat mengurangi pantulan cahaya lampu.


Di sisi dapur pacu, Steam Deck diperkuat oleh chipset AMD APU custom berbasis arsitektur Zen 2. Prosesor tersebut memiliki empat inti dan delapan thread dengan kecepatan yang bervariasi antara 2,4 hingga 3,5 GHz tergantung beban kerjanya. Chip grafis yang menemani prosesor tersebut juga bisa dibilang cukup kuat, yakni memiliki 8 compute unit dan dibuat berdasarkan rancangan arsitektur RDNA2. Secara keseluruhan, AMD APU ini memiliki daya mulai dari 4 hingga 15 watt.

Steam Deck akan dijual dalam tiga varian, dimana ketiganya memiliki spesifikasi teknis dan wujud fisik yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan media penyimpanan internalnya, dengan varian termurah menggunakan eMMC berkapasitas 64 GB, varian tengah menggunakan SSD NVMe berkapasitas 256 GB, serta varian tertinggi menggunakan SSD NVMe berkapasitas 512 GB. Tersedia sebuah slot microSD jika kamu ingin menambah media penyimpanan pada perangkat ini. Seluruh varian juga sudah dibekali dengan RAM LPDDR5 sebesar 16 GB.


pilihan kapasitas steam deck
Gambar dari store.steampowered.com/steamdeck.


Rencananya, Valve akan mulai menjual Steam Deck secara bebas ke pasar mulai Desember 2021 mendatang. Namun konsumen di beberapa negara tertentu sudah bisa memesannya secara pre-order mulai dari sekarang. Untuk harganya, varian 64 GB dibanderol seharga USD399, varian 256 GB dibanderol seharga USD529, dan varian 512 GB dibanderol seharga USD649.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.