Langsung ke konten utama

Qualcomm Luncurkan Smartphone for Snapdragon Insiders

Tahukah kamu? Qualcomm memiliki komunitas yang mewadahi penggemar dan entusias teknologi pada forum daring. Komunitas yang diyakini memiliki anggota lebih dari 1,6 juta ini adalah orang-orang pertama yang akan mendapatkan informasi dan berita paling update dari Qualcomm. Untuk mengapresiasi para power user ini, Qualcomm menjalin kerja sama bersama ASUS dengan meluncurkan sebuah ponsel pintar unik bernama Smartphone for Snapdragon Insiders. Ponsel tersebut dibanderol seharga USD 1.500 dan dijual dengan paket yang berisi satu unit ponsel, sepasang TWS earbuds dari Master & Dynamic, sebuah bumper case, sebuah catu daya dengan dukungan Qualcomm Quick Charge 5.0, dan dua buah kabel USB-C untuk mengisi daya.


smartphone unik qualcomm
Gambar dari qualcomm.com.


Melihat desainnya sekilas, pastinya kamu bisa menebak ponsel ini mengambil garis desain dari ponsel apa. Jika tebakanmu sama dengan penulis, yakni ROG Phone 5, maka tebakan kita kemungkinan benar. Sangat terlihat sekali jika Smartphone for Snapdragon Insiders ini mengambil chassis milik ponsel gaming kenamaan tersebut. Tidak mengherankan sih, mengingat yang memproduksi ponsel ini kan ASUS juga. Secara teknis pun, spesifikasinya sangat mirip dengan ROG Phone 5.

Smartphone for Snapdragon Insiders memiliki layar seluas 6,78 inci berjenis AMOLED dengan resolusi Full HD+ 1.080 x 2.448. Panel tersebut mendukung refresh rate tinggi hingga 144 Hz dan sudah terlindungi oleh lapisan pelindung Gorilla Glass Victus. Penggunaan layar jenis AMOLED membuat ponsel ini juga mendukung fitur always-on display. Namun berbeda dengan ROG Phone 5 yang menggunakan pemindai sidik jari berjenis optikal yang ditempatkan di balik layar, ponsel ini menggunakan pemindai sidik jari ultrasonik yang ditempatkan di sisi belakang dari bodinya.

Di sektor kamera, Smartphone for Snapdragon Insiders ini masih membawa konfigurasi kamera yang sama dengan ROG Phone 5. Pada kamera belakang, ponsel ini memiliki tiga kamera yang terdiri dari: kamera primer dengan lensa lebar beresolusi 64 megapiksel, kamera sekunder dengan lensa ultra lebar beresolusi 12 megapiksel, dan kamera tersier dengan lensa telefoto beresolusi 8 megapiksel. Sedangkan untuk kamera depan, ponsel ini memiliki satu kamera beresolusi 24 megapiksel. 


snapdragon elite gaming
Gambar dari qualcomm.com.


Masuk ke dapur pacu, Smartphone for Snapdragon Insiders diperkuat oleh chipset paling kencang yang sudah diedarkan secara publik oleh Qualcomm, yakni Snapdragon 888 5G. Dipadukan dengan RAM LPDDR5 sebesar 16 GB dan memori internal seluas 512 GB berjenis UFS 3.1, ponsel ini juga masuk ke dalam jajaran Snapdragon Elite Gaming, yakni jajaran ponsel yang dijamin oleh Qualcomm mampu menjalankan beragam game kelas AAA dengan optimal. Untuk konektivitas, selain sudah mendukung jaringan 5G, ponsel ini juga dibekali oleh Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2.


Baterai menjadi sektor lain selain pemindai sidik jari yang membedakan ponsel ini dengan ROG Phone 5. Ponsel ini dibekali baterai berdaya 4.000 mAh, lebih kecil dibandingkan ROG Phone 5 yang memiliki baterai berdaya besar 6.000 mAh. Namun walaupun lebih kecil, ponsel ini tetap dibekali dengan kemampuan pengisian daya cepat Qualcomm Quick Charge 5.0 yang mampu mengisi daya baterai ponsel ini hingga 70% hanya dalam waktu 30 menit saja, dan hingga 100% dalam waktu 50 menit.

Selain membawa perangkat keras terbaik dari Qualcomm, Smartphone for Snapdragon Insiders juga akan dibekali dengan sistem operasi Android yang di dalamnya memiliki beragam fitur perangkat lunak racikan Qualcomm. Rencananya, ponsel ini akan dipasarkan pada bulan Agustus 2021 mendatang di Tiongkok, Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan India. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.