Langsung ke konten utama

ASUS Luncurkan ExpertBook B9400 dengan Intel Generasi ke-11

Setelah sukses dengan jajaran ExpertBook B9 series di tahun lalu, kali ini ASUS kembali memperkenalkan ExpertBook B9400. Laptop bisnis kelas premium ini hadir untuk para pebisnis mobile dan dinamis. Generasi terbaru dari ExpertBook B9 series ini kembali tampil dengan bobot yang ultra ringan, bodi ultra tangguh berstandar militer Amerika Serikat, performa terbaik dengan dukungan prosesor Intel generasi ke-11, serta keamanan yang ketat dengan modul TPM 2.0.


expertbook b9 series
Gambar dari dokumen ASUS.


ASUS Regional Director South East Asia, Jimmy Lin, mengatakan dunia bisnis di era informasi seperti saat ini menuntut para pebisnis untuk dapat selalu beradaptasi dengan kondisi pasar yang dapat berubah setiap waktu. Maka dari itu, mereka membutuhkan sebuah perangkat pendukung yang tidak hanya memiliki keamanan terbaik, tapi juga memiliki fisik yang ringkas, ringan, serta daya tahan baterai seharian sehingga dapat diandalkan setiap waktu. ASUS ExpertBook B9400 ditujukan untuk para pebisnis yang membutuhkan perangkat tersebut, sebab laptop bisnis kelas premium ini memiliki rancang bangun yang kokoh, performa yang mumpuni, serta dilengkapi dengan teknologi keamanan yang paling canggih saat ini.

Berdasarkan hasil riset oleh Panel pada tahun 2015, sebanyak 62% karyawan bekerja di lebih dari satu tempat setiap harinya. Laporan dari T-Mobile for Business Workplace Mobility Report juga mengatakan sebanyak 63% perusahaan global menganggap bahwa mobilitas adalah faktor yang paling berpengaruh dalam sebuah perusahaan untuk lebih dapat berkompetisi dengan para pesaingnya. Oleh karena itu, diproyeksikan pengeluaran perusahaan pada infrastruktur dan solusi bekerja secara mobile akan naik hingga USD 1,8 triliun pada tahun 2022. Hal tersebut disebabkan oleh perubahan pada mindset, dimana 94% karyawan setuju bahwa kolaborasi adalah hal terpenting saat bekerja. Sebanyak 91% generasi Z yang sudah terjun ke dunia kerja bahkan tercatat menggunakan PC saat bekerja, membuat faktor mobilitas pada perangkat komputasi sebagai prioritas.

Sebagai penerus ExpertBook B9 series, ASUS ExpertBook B9400 masih membawa elemen-elemen penting yang sudah dihadirkan terlebih dahulu di pendahulunya. Mulai dari ukuran yang ringkas, bobot yang ringan, serta layar berteknologi NanoEdge Display yang memiliki rasio layar ke bodi hingga 94%. Tidak lupa, desain ErgoLift kembali hadir pada laptop ini yang membuat penggunanya akan semakin nyaman ketika mengetik serta memberikan rongga udara ekstra untuk menjaga suhu laptop ini tetap optimal.


expertbook b9 series
Gambar dari dokumen ASUS.


Berbagai inovasi di bagian keyboard dan touchpad yang canggih juga dihadirkan oleh ASUS pada laptop ini. Mulai dari spill resistant sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan cipratan air yang tidak disengaja pada keyboard, penggunaan backlight yang membantu pengguna untuk mengetik di ruangan yang gelap, serta berbagai tombol shortcut untuk dapat meningkatkan produktivitas. Keberadaan ASUS NumberPad pada touchpad semakin menambah kenyaman ketika mengetik, terutama jika pengguna harus berhadapan dengan dokumen yang penuh dengan angka. Misalnya, dokumen spreadsheet dengan banyak baris dan kolom.

Penggunaan prosesor Intel generasi ke-11 menjadi salah satu upgrade yang dihadirkan oleh ASUS pada ExpertBook B9400. Prosesor Intel Core i7-1165G7 yang tertanam di dalam laptop ini memiliki performa yang sangat mumpuni untuk berbagai skenario. Apalagi, kali ini Intel juga menyematkan chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe yang memiliki kemampuan pengolahan grafis yang sangat mumpuni, bahkan menyerupai chip grafis terdedikasi kelas entry-level. Dapur pacu yang kencang tersebut diduetkan dengan memori RAM sebesar 16 GB LPDDR4X yang membuat aktivitas multitasking semakin lancar. Pengguna pun tidak perlu khawatir lagi soal ruang penyimpanan, sebab laptop ini dilengkapi dengan media penyimpanan SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 berkapasistas mulai dari 1 TB.


expertbook b9 series
Gambar dari dokumen ASUS.


Keamanan kelas enterprise masih menjadi nilai jual utama pada ASUS ExpertBook B9 series, termasuk pada B9400. Laptop ini dibekali dengan standar keamanan korporasi besar, mulai dari keamanan privasi pengguna yang diwujudkan melalui fitur Windows Hello yang terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari dan sensor pemindai wajah, hingga keamanan data yang memungkinkan pengguna mengunci BIOS dan SSD menggunakan sistem proteksi kata kunci. Jika mengaktifkan fitur ini, pengguna yang ingin mengubah pengaturan BIOS dan mengakses data di SSD harus memasukkan kata kunci terlebih dahulu.


Daya tahan baterai menjadi faktor penting bagi para pebisnis ataupun profesional yang bekerja secara mobile. ASUS menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan daya tahan baterai hingga 20 jam pada ExpertBook B9400. Kemampuan ini merupakan perpaduan dari berbagai inovasi teknologi terkini, mulai dari penggunaan prosesor yang lebih hemat daya, layar yang juga lebih hemat daya, hingga para teknisi ASUS yang mampu memaksimalkan setiap ruang di dalam bodi laptop ini agar dapat diisi oleh baterai dengan kapasitas yang lebih besar. Khusus teknologi layar, daya yang lebih optimal tersebut bisa diraih oleh penggunaan panel berteknologi Panel Self Refresh (PSR), dimana teknologi ini memungkinkan sebuah layar dilengkapi dengan memori khusus yang dapat memproses setiap tampilan statis tanpa melalui chip grafis, sehingga konsumsi daya dapat dikurangi ke angka yang lebih rendah. Skenario ini sangat cocok digunakan ketika pengguna menjalankan aplikasi pengolah dokumen seperti Microsoft Office ataupun membuka file PDF.

Bagaimana dengan kesiapan ExpertBook B9400 untuk update sistem operasi? Tenang saja, ASUS menyatakan jika laptop bisnis premium ini dipastikan akan mendapatkan update ke Windows 11 secara gratis. Perusahaan asal Taiwan tersebut telah bekerja sama dengan Microsoft untuk menghadirkan sistem operasi anyar tersebut secara langsung nanti ketika hadir secara resmi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.