Langsung ke konten utama

Review T-FORCE Cardea A440: SSD Kencang dengan PCIe Gen4 x4

Media penyimpanan berjenis SSD saat ini sedang digandrungi oleh para pengguna PC. Menawarkan kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat jika dibandingkan HDD menjadi faktor utama kenapa banyak yang menyukai SSD. Selain itu, media penyimpanan ini juga relatif lebih aman terhadap guncangan karena tidak ada komponen bergerak di dalamnya, sebab SSD menggunakan memori flash, tidak seperti HDD yang menggunakan piringan berputar. Oleh karena itu, banyak pengguna laptop memilih untuk membeli laptop yang sudah menggunakan media penyimpanan SSD.


kemasan t-force cardea a440


TEAMGROUP dikenal sebagai produsen memori komputer terkemuka di dunia. Produk memori RAM-nya mungkin sudah menjadi salah satu memori RAM populer di kalangan maniak PC. Selain memproduksi memori RAM, ternyata jenama asal Taiwan ini juga rajin meluncurkan produk SSD di pasaran. Salah satu jajaran produk terkenalnya adalah T-FORCE, dimana jajaran ini merupakan lini produk terbaik dari TEAMGROUP yang ditujukan bagi para entusias maupun gimer yang membutuhkan performa lebih dari sebuah memori RAM maupun SSD. Kali ini, penulis kedatangan sebuah SSD berjenis M.2 yang sudah dibekali oleh sebuah heat sink dan juga menggunakan interface PCIe Gen4 x4. SSD yang dimaksud adalah T-FORCE Cardea A440.


T-FORCE Cardea A440 adalah produk SSD terbaru dari TEAMGROUP. Seperti yang sebelumnya disebutkan oleh penulis, SSD ini sudah menggunakan interface PCIe Gen4 x4 dengan protokol NVMe 1.4. Penggunaan interface tersebut memungkinkan Cardea A440 memiliki performa tinggi dengan kecepatan baca dan tulis yang tinggi. Berkat penggunaan chip controller Phison PS5018-E18, SSD ini mampu memiliki performa baca  hingga 7.000 MB/s dan kecepatan tulis hingga 5.500 MB/s. Artinya, kecepatan baca dan tulis dari SSD ini sudah lebih dari 2x lipat dari kecepatan baca dan tulis SSD PCIe Gen3 x4 pada umumnya yang berada di kisaran 3.000 MB/s. Selain itu, SSD ini juga sudah dilengkapi dengan dua buah pilihan heat sink yang bisa pengguna pilih. Pertama sebuah heat sink aluminium yang kokoh dan memiliki bentuk seperti heat spreader pada memori RAM. Sedangkan heat sink lainnya berupa lapisan ultra-thin graphene yang dapat pengguna tempelkan di atas SSD tersebut. Keduanya bisa dipakai secara terpisah maupun bersamaan. TEAMGROUP mengklaim performa pendinginannya akan meningkat hingga 9% jika menggunakan ultra-thin graphene-nya saja, sedangkan jika pengguna menambahkan heat sink aluminium, performanya tambah meningkat lagi hingga 15%.


ssd dan heat sink t-force cardea a440

head spreader t-force cardea a440

heat sink t-force cardea a440

Menggunakan interface NVMe 1.4 membuat T-FORCE Cardea A440 dilengkapi dengan beberapa fitur canggih, yakni optimalisasi mekanisme distribusi NVM dan Predictable Latency Mode (PLM), dimana keduanya dapat mengurangi latensi yang terjadi secara efektif dan mampu meminimalisir terjadinya kerusakan pada operasi baca dan tulis. Secara umum, fitur tersebut mampu memberikan pengguna Quality of Service yang lebih baik. Tidak lupa, SSD ini juga dilengkapi dengan teknologi Read Recovery Level terkini yang mampu menambah masa pakai dari SSD tersebut.

Lalu apakah T-FORCE Cardea A440 ini berfungsi seperti apa yang dijanjikan oleh TEAMGROUP? Untuk mengetahui hal tersebut, penulis telah mengujinya dengan menjalankan aplikasi Crystal Disk Mark. Sebagai catatan, produk yang penulis uji adalah Cardea A440 varian 1 TB. Kemungkinan akan ada perbedaan performa antara varian 1 TB dan 2 TB, dimana biasanya SSD dengan kapasitas ruang yang lebih besar akan memiliki performa baca dan tulis yang lebih kencang juga. SSD yang penulis uji ini diuji menggunakan PC desktop dengan spesifikasi sebagai berikut:


Prosesor: AMD Ryzen 9 5950X

CPU Cooler: Cooler Master MA624 Stealth CPU Cooler

Motherboard: Asus ROG X570 Crosshair VIII Dark Hero

Memori RAM: PNY XLR8 2x8GB DDR4 3200

GPU: Palit GeForce RTX 3070 Gaming Pro OC

PSU: Cooler Master V750 Gold

Case: Cooler Master K501L RGB


t-force cardea a440

t-force cardea a440

Sekadar catatan, dalam pengujian tertulis ini, penulis menggunakan heat spreader SSD bawaan dari motherboard ROG. Pengujian lebih lengkap menggunakan heat sink Cardea A440 akan ditayangkan melalui pengujian video oleh kanal Sebelas Hardware. Berikut hasil pengujiannya:


crystal disk mark t-force cardea a440


Jika melihat pada hasil pengujian yang sudah dilakukan oleh penulis, terlihat bahwa T-FORCE Cardea A440 berjalan sesuai dengan klaim dari TEAMGROUP. SSD ini mampu mencatatkan kecepatan baca hingga 7.114 MB/s dan kecepatan tulis hingga 5.413 MB/s. Dengan kecepatan yang bisa dibilang sangat "ngebut" tersebut, berbagai aktivitas yang kamu lakukan akan berasa lebih cepat dan mulus. Mulai dari aktivitas ringan seperti membuka dokumen Microsoft Office, membuka file gambar Adobe Photoshop, hingga aktivitas yang lebih berat seperti menjalankan game dengan kecepatan loading yang lebih kencang. Waktu booting masuk ke dalam sistem operasi Windows pun akan terasa lebih cepat jika pengguna memakai SSD ini sebagai media penyimpanan sistem operasi utama.

T-FORCE Cardea A440 adalah sebuah SSD dengan form factor M.2 yang penulis rekomendasikan jika kamu sedang mencari media penyimpanan PC yang kencang dan dapat diandalkan. Memiliki interface PCIe Gen4 x4 dengan NVMe 1.4, SSD ini siap menawarkan performa yang sesuai dengan apa yang dijanjikan, asalkan PC milikmu juga mendukung ya. Pastikan terlebih dahulu jika motherboard dari PC desktop ataupun laptop milikmu sudah mendukung PCIe Gen4 x4 dan NVMe 1.4 agar bisa merasakan keunggulan dari SSD ini secara keseluruhan. Hingga artikel ini ditayangkan, penulis belum menemukan harga ritel yang direkomendasikan dari T-FORCE Cardea A440. Namun jika mengacu kepada SSD TEAMGROUP MS30 1 TB yang dibanderol sekitar 1,5 juta rupiah dan T-FORCE Cardea Zero Z440 1 TB yang dibanderol sekitar 3,8 juta, kemungkinan Cardea A440 akan dijual seharga 2,5 - 2,8 juta rupiah.

Spesifikasi teknis dari T-FORCE Cardea A440 yang diuji pakai oleh penulis bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini:

Nama ProdukT-FORCE Cardea A440
Form FactorM.2 2280
InterfacePCIe 4.0 x4
ProtocolNVMe 1.4
ControllerPhison PS5018-E18
DRAMDDR4
NV MemoryMicron 96L TLC
Sequential Readhingga 7.000 MB/s
Sequential Writehingga 5.500 MB/s
Random Readhingga 650.000 IOPS
Random Writehingga 700.000 IOPS
Endurance700 TBW

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.