Langsung ke konten utama

UMKM Juga Butuh Laptop Kencang, ASUS Hadirkan ExpertBook B1400

Siapa bilang pelaku UMKM tidak membutuhkan laptop yang kencang? Mungkin saja operasional bisnis mereka tidak serumit perusahaan besar, namun bukan berarti pekerjaan mereka tidak membutuhkan perangkat operasional yang mumpuni. Apalagi jika harus berkutat pada spreadsheet yang berisi ribuan baris dan kolom. Tentunya jika harus bekerja menggunakan laptop dengan spesifikasi seadanya, dapat menghambat produktivitas, bukan? Menjawab akan kebutuhan tersebut, ASUS sebagai jenama laptop populer di Indonesia menghadirkan ExpertBook B1400.


laptop asus untuk umkm
Gambar dari dokumen ASUS.

ASUS ExpertBook B1400 merupakan laptop yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan operasional. Tidak hanya disasar sebagai laptop bagi para pelaku  UMKM saja, dengan desain yang ringkas, ringan, dan sangat portabel, laptop ini juga cocok untuk digunakan oleh para pelaku perusahaan rintisan ataupun pelajar dan mahasiswa. Bobot dari laptop ini hanya sekitar 1,45 kg dan ketebalannya kurang dari 2 cm. Kombinasi tersebut membuat penggunanya bisa membawanya dengan mudah dan menggunakannya dari mana saja. Rahasia dari fisiknya yang ringkas tersebut salah satunya terletak pada bezel layarnya yang tipis. Laptop ini dilengkapi dengan teknologi NanoEdge Display yang memberikan rasio screen-to-body hingga 84%. Tidak hanya itu, layar dari laptop ini juga sudah mengantongi sertifikasi low-blue light emission dari TUV Rheinland. Artinya, layar dari laptop ini memiliki tingkat radiasi cahaya biru yang sangat rendah sehingga mata dari pengguna tidak akan mudah lelah saat menggunakan laptop ini dalam jangka waktu yang lama.

Seperti yang sudah penulis katakan pada awal artikel ini, UMKM juga membutuhkan laptop kencang. Artinya, ASUS ExpertBook B1400 membawa amunisi yang mampu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini terlihat dari kehadiran prosesor terbaru Intel Core generasi ke-11 serta chip grafis NVIDIA GeForce. Kombinasi keduanya membaut laptop ini bisa diandalkan untuk mengerjakan berbagai tugas, mulai dari pengolahan dokumen hingga pengolahan foto dan video. Performa dari prosesor dan chip grafis pada laptop ini juga bisa lebih kencang lagi berkat kehadiran teknologi Performance Boost yang memungkinkan sistem mengatur suplai daya terhadap prosesor secara dinamis sesuai dengan beban kerja dan membuat konsumsi daya semakin efisien tanpa mengorbankan performa.

Prosesor dan chip grafis yang bertenaga tersebut ditemani oleh memori RAM mulai dari 4 GB serta sistem penyimpanan data ganda yang dapat ditingkatkan. Bahkan, media penyimpanan data bawaannya pun sudah berupa SSD dengan kecepatan baca dan tulis yang cepat seluas mulai dari 512 GB. Jika dibutuhkan, pengguna dapat dengan mudah menambahkan SSD ataupun HDD lainnya sesuai dengan kebutuhan. Secara rangka bodi, ASUS juga merancang ExpertBook B1400 agar mudah untuk dirawat. Pengguna dapat dengan mudah mengakses berbagai komponen utama seperti memori RAM dan media penyimpanan tanpa perlu membuka seluruh bagian laptop.


laptop umkm yang kencang dari asus
Gambar dari dokumen ASUS.


ASUS ExpertBook B1400 menawarkan konektivitas lengkap yang mampu menunjang beragam kebutuhan penggunannya. Laptop ini sudah memiliki sebuah USB-C yang dilengkapi dengan Thunderbolt 4. Tidak hanya hadir sebagai port dengan fasilitas transfer data berkecepatan tinggi, USB-C tersebut juga dapat digunakan sebagai display output serta fasilitas pengisian daya melalui fitur USB Power Delivery. Selain itu, laptop ini juga hadir dengan port USB-A, HDMI, ethernet, hingga microSD reader. Satu hal yang menarik, pengguna juga masih bisa menemukan sebuah port VGA D-Sub pada laptop ini. ASUS beralasan jika masih banyak pelaku UMKM ataupun pekerja di perusahaan masih menggunakan perangkat lama seperti proyektor yang masih memanfaatkan port yang sudah berumur tersebut. Hal ini tentunya memudahkan pengguna karena tidak perlu lagi membeli converter jika ingin menyambungkan laptopi ini ke perangkat proyektor yang masih menggunakan VGA D-Sub tersebut.

Bagaimana dengan konektivitas nirkabelnya? Tenang saja, ASUS sudah membekali ExpertBook B1400 dengan modul WiFi 6 yang juga dilengkapi dengan WiFi Master Technology. Teknologi ekslusif tersebut memungkinkan laptop ini untuk dapat terkoneksi dengan router yang memiliki kualitas sinyal paling baik secara otomatis. Dengan demikian, pengguna laptop ini dapat terus terkoneksi tanpa terganggu oleh kualitas sinyal.

Keamanan menjadi salah satu faktor penting dalam memilih laptop untuk menunjang bisnis, baik itu bisnis skala UMKM maupun perusahaan besar. Maka dari itu, ASUS ExpertBook B1400 juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan berlapis yang membuat data di dalam laptop ini tetap aman. Lapisan keamanan pertama terdapat di pembaca sidik jari (fingerprint) yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello. Berkat fitur tersebut, pengguna dapat masuk ke dalam sistem operasi tanpa harus mengetikkan password, cukup dengan memindai sidik jari saja. Selanjutnya, tersedia juga fitur Privacy Shield pada webcam. Pengguna dapat menutup webcam ketika sedang tidak digunakan, sehingga tidak perlu khawatir terhadap aktivitas penyadapan webcam yang belakangan ini marak terjadi.


laptop bisnis ringan dan ringkas
Gambar dari dokumen ASUS.


Untuk menambah lapisan keamanannya, ASUS juga sudah membekali ExpertBook B1400 dengan Trusted Platform Module (TPM) 2.0. Ini adalah sebuah chip khusus yang mampu melakukan enkripsi data di dalam laptop. Data yang tersimpan di dalam laptop ini tidak akan bisa diakses meskipun media penyimpanan yang ada di dalamnya dipindahkan ke perangkat lain. Selain itu, laptop ini juga sudah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer Amerika Serikat MIL-STD 810H. Artinya, pengguna tidak perlu khawatir lagi terhadap durabilitas fisik dari laptop ini, karena sudah didesain dengan ketahanan tinggi dan memiliki struktur khusus yang lebih tahan dari guncangan dan benturan.


ASUS ExpertBook B1400 saat ini sudah bisa dibeli melalui dealer resmi dengan harga mulai dari Rp9.703.000 untuk varian yang menggunakan prosesor Core i3-1115G4, RAM 4 GB, dan SSD 512 GB. Tersedia juga varian lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasional dari perusahaan. Berbeda dengan laptop kelas consumer, laptop yang masuk ke dalam kategori commercial ini dilindungi oleh garansi resmi istimewa hingga tiga tahun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.