Langsung ke konten utama

iPad Mini 6 Menjadi Sorotan pada Acara 14 September Kemarin

Apple baru saja memperkenalkan beberapa perangkat baru mereka pada pagelaran daring yang dilakukan pada 14 September kemarin. Beberapa perangkat tersebut antara lain: iPhone 13 series, iPad Mini 6, iPad 10.2 2021, serta Apple Watch Series 7. Dari deretan perangkat itu, mungkin mayoritas dari kamu paling tertarik dengan iPhone 13 series. Namun menurut penulis, justru iPad Mini 6 menjadi sorotan pada acara tersebut. Mengapa demikian?


ipad mini 6 2021
Gambar dari apple.com.


Pertama, menurut penulis pilihan produk tablet yang saat ini beredar di pasaran bisa dibilang sangat minim. Apalagi jika berbicara mengenai tablet berukuran yang ringkas dan tidak terlalu besar. Kehadiran iPad Mini 6 membawa angin segar bagi para penggemar gadget ataupun para pengguna lainnya yang mengidam-idamkan sebuah perangkat berukuran delapan inci yang serba bisa. Apalagi, iPad seri ini terakhir kali diluncurkan oleh perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut pada dua tahun silam. Sehingga, jika kamu adalah pengguna iPad Mini 5, maka kamu akan mendapatkan rasa upgrade yang lebih mendalam ketika nantinya memutuskan untuk mengganti iPad Mini lamamu dengan yang baru.

Kedua, jika berbicara soal upgrade, iPad Mini 6 memang membawa sejumlah perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan pendahulunya. Bahkan, perubahan ini sudah bisa dilihat ketika pertama kali melihat perangkat ini. Ya, desain dari layar serta bingkai di sekitar layarnya berubah drastis jika dibandingkan dengan iPad Mini 5. Bingkainya terlihat lebih tipis dengan pinggiran yang pipih dan ujung yang membulat. Desain ini menyerupai desain dari generasi terbaru iPhone dan iPad. Dengan bingkai layar yang lebih ringkas tersebut, otomatis Apple memiliki ruang lebih untuk menyematkan ukuran layar yang lebih luas. Kali ini, iPad varian kecil ini memiliki layar seluas 8,3 inci, lebih besar 0,4 inci dibandingkan dengan pendahulunya. Bahkan dengan ukuran layar yang lebih besar tersebut, dimensi dan bobot fisiknya masih bisa dipertahankan mirip dengan generasi sebelumnya.

Ketiga, masih soal upgrade pada iPad Mini 6. Tapi kali ini, upgrade yang dimaksud adalah upgrade dari segi "jeroan". iPad Mini generasi keenam ini dibekali dengan chipset Apple A15 Bionic dengan fabrikasi 5 nm. Perlu diketahui, chipset ini adalah chipset yang sama digunakan pada iPhone 13 series. Apple A15 diyakini membawa peningkatan performa komputasi iPad Mini 6 hingga 40% serta peningkatan performa chip grafis hingga 80% jika dibandingkan dengan iPad Mini generasi sebelumnya. Di sisi memori RAM, iPad Mini 6 juga memiliki RAM sebesar 4 GB yang mampu meningkatkan performa multitasking dari perangkat ini. Sayangnya, tidak seperti iPhone 13 series yang mendapatkan upgrade di segi ruang penyimpanan internal minimum, Apple masih mempertahankan iPad Mini 6 dengan ruang penyimpanan 64 GB.


ipad mini 6 2021
Gambar dari apple.com.


Kamera menjadi sektor lainnya yang mendapatkan upgrade pada iPad Mini 6. Apple membekali tablet ringkas ini dengan kamera belakang 12 megapiksel yang ditemani oleh sebuah lampu kilat True Tone dan bukaan f/1.8.  Kamera depannya pun mendapatkan upgrade, dengan sebuah kamera lensa ekstra lebar beresolusi 12 megapiksel dengan bukaan sudut selebar 122˚ dan bukaan f/2.4. Dengan lensa ekstra lebar tersebut, pengguna dapat menggunakan tablet ini untuk conference call lebih leluasa.


iPad Mini 6 memiliki dua varian, yakni varian dengan konektivitas seluler yang mendukung jaringan 5G serta varian Wi-Fi saja. Untuk banderol harganya, Apple membanderol tablet ini mulai dari USD499 untuk varian Wi-Fi dan USD649 untuk varian seluler. Di Amerika Serikat, pengguna bisa melakukan pre-order dari 14 September kemarin dan pengiriman akan mulai dilakukan pada 24 September mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.